--> Skip to main content

6 Ayat Alkitab Tentang Kelahiran Yesus di Perjanjian Baru Maupun Perjanjian Lama

Ayat Tentang Kelahiran Yesus di Perjanjian Lama Maupun Perjanjian Baru. Dalam Alkitab ada beberapa ayat tentang kelahiran Yesus yang sering terdengar. Karena itu, dasar iman dalam arti kelahiran Yesus Kristus kepada dunia sebenarnya semuanya diceritakan melalui firman Allah dalam Alkitab. Hanya saja tidak semua ayat membahas hal ini secara eksplisit. Sehingga beberapa orang Kristen yang tidak mengetahui semua cerita dalam Alkitab terkadang tidak mengerti bagian mana yang menceritakan kelahiran Tuhan Yesus. Karena itu, jika Anda ingin tahu secara lebih detail dan jelas, berikut adalah beberapa ayat tentang kelahiran Yesus yang diriwayatkan dalam Alkitab.

Perjanjian Baru

Dalam Perjanjian Baru juga para rasul mengisahkan kelahiran Tuhan Yesus secara terinci. Oleh sebab itu hal ini mutlak diberitakan melalui Alkitab. Yang mana tidak hanya disebutkan sekali tetapi beberapa kali dan tertuang dalam semua pengertian kitab Injil mulai dari Matius, Markus, Lukas maupun Yohanes.


1. Matius 2:1

“Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem.”

Ayat di atas juga mengisahkan bagaimana dan kapan Tuhan Yesus lahir ke dunia. Termasuk kisah orang Majus yang datang untuk menyembah Tuhan yang menjadi Raja atas segala Raja. Sehingga melalui ayat di atas maka kisah kelahiran Tuhan Yesus sangat jelas diberitakan di dalam Alkitab bahkan tempat dan masa kelahiranNya juga diceritakan secara jelas.

2. Matius 1:16

“Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus.”

Dalam ayat tersebut dikatakan dengan jelas bahwa Tuhan Yesus lahir melalui perantaraan rahim Maria yang telah dipilih Allah untuk menjadi perantara karunia tersebut.

3. Lukas 1:31

“Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.”

Ayat di atas juga mengisahkan bagaimana Maria menerima mandat dari Allah secara langsung untuk menjadi perantara yang dipakai Allah dengan bantuan karunia Roh Kudus bagi dunia. Melalui firman di atas maka Allah secara langsung dan khusus meminta pada Maria untuk melahirkan Tuhan Yesus dan memberikan nama sesuai dengan keinginan Allah.

4. Matius 1:18


“Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.”

Ayat di atas juga bercerita bagaimana sebenarnya Tuhan Yesus dilahirkan di dunia. Bukan dari hubungan suami istri seperti layaknya anak yang lahir pada umumnya. Tetapi hal ini mengisahkan betapa kudus dan sucinya Allah, sehingga Tuhan Yesus lahir ke dunia berasal dari benih Roh Kudus dan berupa keajaiban yang suci tak bercela. Sehingga pada masanya Tuhan Yesus mampu mengalahkan kutuk maut dan dosa melalui Roh Kudus yang suci dan tidak bercela. Oleh sebab itu kelahiran Tuhan Yesus dikatakan sebagai peristiwa yang sakral dan penuh dengan keajaiban dari Allah sendiri.

Perjanjian Lama

Dalam Alkitab Perjanjian Lama, sebenarnya kelahiran Yesus ini sudah ditandakan dan diberikan penglihatan melalui para nabi-nabi. Sehingga sejak awal dunia dijadikan sebenarnya rencana kelahiran Tuhan Yesus ini merupakan salah satu karya besar Allah yang akan dilakukan untuk menebus dosa manusia dan menyatakan janji keselamatan Allah melalui hari makna hari Natal. Oleh sebab itu ada beberapa ayat yang mendukung akan hal tersebut. Dimana beberapa nabi terutama Nabi Yesaya memperoleh hikmat dan penglihatan akan kelahiran Tuhan Yesus tersebut.

1. Yesaya 9:6

“Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.”

Dalam ayat tersebut di atas dikatakan bagaimana Nabi Yesaya memperoleh penglihatan akan rencana kelahiran Tuhan Yesus. Dimana kelahiran anak Allah tersebut merupakan kelahiran seorang pemimpin besar yang di dunia melebihi segala pemimpin lain di dunia. Sehingga dikatakan bahwa kelak akan lahir Raja Damai yang memperdamaikan macam-macam dosa menurut Alkitab bagi semua umat manusia melalui karya penyelamatanNya yang ajaib.

2. Yesaya 7:14

“Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.”

Selanjutnya ayat tersebut juga mengisahkan bahwa nantinya akan lahir seorang yang agung dan dikatakan Imanuel, atau Allah beserta kita. Dimana disini menandakan bahwa sejak awal Allah menjanjikan penolong yang selalu menyertai umatNya. Dan Imanuel ini merupakan perwujudan dari kasih Allah melalui kelahiran Yesus.

Itulah beberapa ayat tentang kelahiran Yesus yang diriwayatkan dalam Perjanjian Lama dan Baru. Melalui kelahiran Yesus, janji keselamatan dalam Alkitab yang diberikan Tuhan dipenuhi dengan sempurna. Sehingga sebagai orang Kristen yang beriman terus merasa bersyukur atas karunia-karunia ini sehingga manusia dibebaskan dari beban asal mula dosa menurut Alkitab yang berasal dari nenek moyang yang dibebaskan melalui Tuhan Yesus sendiri. Dengan demikian, umat Allah memiliki hidup yang kekal dan keselamatan kekal yang telah dijanjikan Allah bagi mereka yang percaya kepada-Nya. Amin.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar