--> Skip to main content

8 Ayat Alkitab tentang IPTEK ( Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi) Bagi Umat Kristen

Berdasarkan Kamus Bahasa Indonesia Besar (KBBI), sains memiliki makna pengetahuan tentang bidang yang disusun secara sistematis sesuai dengan metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menjelaskan gejala tertentu di bidang itu (pengetahuan). Singkatnya, KBBI mendefinisikan sains sebagai pengetahuan atau kecerdasan (tentang duniawi, akhirat, kelahiran, mental, dll.). Ketika sains memiliki definisi spesifik, KBBI mendefinisikan sains sebagai kombinasi dari berbagai pengetahuan yang disusun secara logis dan sistematis dengan menghitung sebab dan akibat. Sedangkan teknologi didefinisikan sebagai metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis atau ilmu terapan. Teknologi juga memiliki arti keseluruhan dari sarana untuk menyediakan barang yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup dan kenyamanan hidup manusia.

Semakin banyak dunia berkembang, ilmu pengetahuan dan teknologi juga semakin berkembang. Ilmu pengetahuan dan teknologi mulai menjadi pusat dunia, tidak dapat dipisahkan dari aspek kehidupan apa pun. Ke mana pun kita pergi, ke mana pun kita berada, sains dan teknologi akan selalu ada di sekitar kita. Sains dan teknologi itu sendiri adalah akronim untuk sains dan teknologi.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin marak. Orang-orang mulai memprioritaskan sains dan teknologi di atas segalanya. Bahkan, banyak orang saat ini mengklaim sains dan teknologi dalam kehidupan mereka seperti makna penyembahan berhala dalam iman Kristen. Tentu saja, ini tidak sesuai dengan kehendak Tuhan, pencipta manusia. Selain itu, saat ini semakin banyak dampak negatif dari sains dan teknologi. Sains dan teknologi dapat membuat kita melupakan Tuhan. Ilmu pengetahuan dan teknologi bisa digunakan untuk menyebarkan kebencian. Ilmu pengetahuan dan teknologi membuat orang bersaing untuk menjadi yang terbaik tanpa memperhatikan orang lain.


Ayat Alkitab tentang sains dan teknologi (IPTEK)

Namun, sains dan teknologi masih merupakan sesuatu yang dibutuhkan untuk kehidupan manusia. Karena itu, manusia perlu menyelaraskan kehidupan agama dan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ini seperti yang dikatakan Albert Einstein bahwa sains tanpa agama itu buta dan agama tanpa pengetahuan tentang kelumpuhan. Dalam menggunakan sains dan teknologi, kita harus tetap didasarkan pada firman Allah sebagai orang Kristen. Berikut adalah beberapa ayat Alkitab tentang sains dan teknologi.

Matius 28:19-20
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

Inilah ayat Alkitab yang mengingatkan kita bahwa kita telah diutus untuk menyampaikan kebenaran firman Tuhan. Ayat ini menjadi Amanat Agung bagi setiap orang Kristen. Oleh karena itu, kita tidak boleh lupa untuk menggunakan IPTEK seefektif dan seefisien mungkin untuk kemuliaan nama Tuhan. Kita perlu untuk mengabarkan janji keselamatan dalam Alkitab kepada orang di luar sana.

Roma 10:14-15
Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepada-Nya, jika mereka tidak percaya kepada Dia? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika mereka tidak mendengar tentang Dia. Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakan-Nya? Dan bagaimana mereka dapat memberitakan-Nya, jika mereka tidak diutus? Seperti ada tertulis: “Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik!”

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa IPTEK seharusnya membuat kita semakin dekat dengan Tuhan. Ayat Alkitab tentang IPTEK ini mau mengingatkan kita bahwa kita juga seharusnya menggunakan IPTEK untuk membuat orang lain semakin dekat dengan Tuhan. Kita harus ingat bahwa tidak mungkin ada orang yang percaya kepada Tuhan tanpa mendengar berita tentang-Nya. Kita yang sudah terlebih dahulu percaya kepada Tuhan sudah diutus untuk memberitakan firman Tuhan ke seluruh dunia. Sudah sepatutnya bagi kita untuk melaksanakan utusan tersebut, menyampaikan firman Tuhan. Tentu ada berbagai cara untuk menyampaikan firman Tuhan, salah satunya lewat IPTEK.

Amsal 3:5
Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.

Sekali lagi, kita diingatkan untuk tetap percaya kepada Tuhan dengan segenap hati kita yang juga sesuai dengan ayat Alkitab tentang kepercayaan. Ketika IPTEK membuat kita malah ragu dengan Tuhan, itu artinya kita sudah bersandar kepada pengertian kita sendiri. Kita berusaha memahami dunia ini berdasarkan apa yang kita pribadi mau mengerti. Padahal, seharusnya, kita bergantung kepada hikmat dari Allah. Hanya Allah yang mampu membuat kita memahami segala sesuatu. Oleh karena itu, iman kita kepada Tuhan justru seharusnya semakin kuat dengan adanya IPTEK, dan bukannya malah membuat kita semakin jauh dengan Tuhan.

Ibrani 13:8
Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya.

Nasihat dari Paulus dalam ayat Alkitab tentang IPTEK ini mau mengingatkan kita bahwa selalu ada perubahan dalam IPTEK. IPTEK dapat berkembang menjadi semakin baik ataupun semakin buruk. Suatu saat, mungkin saja IPTEK tidak dapat lagi memenuhi keinginan dan kebutuhan manusia akan ilmu pengetahuan maupun kebutuhan lainnya. Paulus ingin mengingatkan kita bahwa kita tidak bisa menggantungkan hidup kita sepenuhnya pada IPTEK. Tetap gantungkan hidup dan pengharapan kita sepenuhnya pada Tuhan karena Tuhan tidak akan pernah berubah. Dahulu, sekarang, bahkan sampai selama-lamanya, Tuhan akan tetap sama seperti Tuhan yang kita kenal saat ini.

Amsal 1:7
Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.

Ayat Alkitab tentang IPTEK ini mengingatkan bahwa awal mula penggunaan IPTEK haruslah rasa takut akan Tuhan sesuai pengertian takut akan Tuhan. Seperti yang sudah dikatakan pada ayat Alkitab tentang IPTEK sebelumnya, kita seharusnya menambah ilmu dengan IPTEK. Namun, semuanya itu baru bisa kita dapatkan ketika kita memiliki rasa takut akan Tuhan. Dengan rasa takut akan Tuhan ini, tidaklah mungkin bagi kita untuk menyalahgunakan penggunaan IPTEK di kehidupan keseharian kita.

Amsal 1:5
Baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan pertimbangan.

Tuhan menyukai hamba-Nya yang bijak dan memiliki pengertian. Hal ini menyukakan hati Tuhan. Sebagai orang Kristen, patutnya kita menjadi orang yang bijak dan memiliki pengertian. Kita dapat menilai diri kita dengan melihat ciri orang bijak menurut Alkitab. Oleh karena itu, kita harus mau mendengar, menambah ilmu, dan memperoleh bahan pertimbangan. Kita dapat menambah ilmu dengan terus menggunakan IPTEK yang berkembang. Ayat Alkitab tentang IPTEK ini mengingatkan kita bahwa IPTEK pun dapat digunakan untuk kesukaan hati Tuhan. Ketika IPTEK membantu kita untuk memperluas pengetahuan kita, membuat kita semakin bijak, Tuhan akan senang dengan apa yang kita lakukan.

Keluaran 35: 30-31
Musa berkata kepada orang Israel: "Lihatlah, TUHAN telah mengangkat Bezaleel bin Uri, putra Hur, dari suku Yehuda, dan telah mengisinya dengan Roh Allah, dengan keterampilan, pengertian dan pengetahuan, dalam segala jenis pekerjaan ,

Tuhan menciptakan manusia dengan pemahaman dan pengetahuan. Ini membuat manusia menjadi ciptaan Tuhan yang paling berharga dibandingkan hewan dan tumbuhan. Pemahaman dan pengetahuan ini diberikan untuk dapat memenuhi tujuan penciptaan umat manusia, yaitu untuk menguasai Bumi ini sebagaimana ditulis dalam ayat Alkitab tentang sains dan teknologi sebelumnya. Namun, kita juga harus berhati-hati dalam menafsirkan menguasai Bumi. Memerintah atas Bumi bukanlah hal yang sewenang-wenang, seolah membuat kita mampu melakukan semua yang kita inginkan. Kita juga perlu memerintah atas Bumi sesuai dengan kehendak Tuhan.

Keluaran 36: 1 Jadi Bezaleel dan Aholiab harus bekerja, dan setiap orang yang ahli, yang telah diberikan keahlian dan pengertian Tuhan, sehingga dia tahu bahwa dia akan melakukan segala macam pekerjaan untuk membangun tempat suci, sesuai dengan apa perintah Tuhan. "

Tuhan ingin Bezaleel dan Aholiab menggunakan keahlian dan pemahaman yang telah diberikan kepada mereka untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan apa yang diperintahkan Tuhan. Begitu juga kita hari ini. Ayat Alkitab tentang sains dan teknologi ini memperingatkan bahwa Allah telah menyediakan sains dan teknologi untuk mendukung kita dalam melakukan pekerjaan Tuhan di dunia. Kita harus, kita menggunakannya sesuai dengan alasan dan pemahaman kita sendiri. Penting bagi kita untuk menggunakan sains dan teknologi ini dan menyerahkan semua hasil pekerjaan kita kepada Tuhan. Apa yang kita lakukan dengan sains dan teknologi harus sesuai dengan kehendak Tuhan. Karena itu, kita perlu tahu apa yang Tuhan ingin kita lakukan dalam hidup kita. Dengan memahami ini, kita dapat menentukan bagaimana menggunakan sains dan teknologi dengan baik.

Kejadian 1:28
Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”

Dalam menggunakan IPTEK, kita perlu mengingat terlebih dahulu tujuan penciptaan manusia. Kita diciptakan untuk beranakcucu dan bertambah banyak. Allah menciptakan kita untuk dapat memenuhi Bumi dan menaklukkannya. Kita harus dapat berkuasa atas segala yang ada di Bumi ini. Inilah mengapa IPTEK dibutuhkan oleh setiap manusia. IPTEK membantu kita untuk lebih memahami dunia ini agar kita dapat berkuasa atasnya. Dengan adanya IPTEK, kita dapat mengerti dunia ini dan membuat kita lebih mudah untuk mengambil tindakan yang diperlukan atas Bumi ini.

Itulah beberapa ayat Alkitab tentang sains dan teknologi. Ilmu pengetahuan dan teknologi bukanlah hal buruk yang harus kita hindari sama sekali. Ilmu pengetahuan dan teknologi tentu saja membantu kita melakukan pekerjaan Tuhan di dunia ini. Karena itu, kita perlu menegaskan kembali iman kita, kepercayaan kita, dan ketergantungan kita sepenuhnya pada Tuhan. Dengan begitu, kita tidak akan terpengaruh oleh dampak negatif sains dan teknologi dan kita tidak akan menyalahgunakan sains dan teknologi dalam kehidupan kita sehari-hari. Bijaksana dalam menggunakan sains dan teknologi sesuai dengan ayat Alkitab tentang hikmat. Kembalikan semua pekerjaan kita, pengetahuan kita, ke kemuliaan Tuhan. Semuanya bermegah atas nama Tuhan. Tuhan memberkati.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar