--> Skip to main content

5 Ayat Alkitab Tentang Orang Bermuka Dua Dan Munafik Yang Tidak Disukai Oleh Allah

Ayat Alkitab Tentang Orang Bermuka Dua Dan Munafik Yang Tidak Disukai Oleh Allah. Seringkali orang Kristen masih memiliki banyak wajah di depan orang. Baik untuk teman atau atasan, beberapa bahkan menerapkannya di depan keluarga. Ini sebenarnya bukan tindakan positif, tetapi banyak yang tidak mengerti kata-kata Alkitab tentang orang yang bermuka dua. Begitu banyak yang berpikir bahwa melakukan ini tidak termasuk jenis dosa menurut Alkitab. Tetapi tidak menyadari bahwa ini dapat menyakiti orang lain dan mengakibatkan tidak mencerminkan contoh perilaku sebagai cahaya dan garam dunia. Karena itu memahami hal sepele ini sebenarnya cukup penting. Karena bermuka dua ini sama dengan menjadi munafik. Berikut adalah beberapa ayat Alkitab tentang orang yang bermuka dua yang harus diketahui orang Kristen

1. Lukas 12:2

“Tidak ada sesuatupun yang tertutup yang tidak akan dibuka dan tidak ada sesuatupun yang tersembunyi yang tidak akan diketahui.”

Pada akhirnya firman Tuhan mengatakan bahwa segala sesuatu tidak ada yang tersembunyi. Bahkan jika manusia yang bermuka dua sekalipun. Allah sanggup dan sangat bisa menyingkapkan segala perkara termasuk perbuatan kita yang munafik terhadap orang lain. Oleh sebab itu selalu pertahankan hidup yang taat dan setia pada firman Allah. Sehingga hidup kita selalu menyenangkan hati Allah dan jauh dari kemungkinan menyakiti orang lain hingga melakukan dosa yang dibenci Allah. Dengan tetap dekat kepada Allah dan tetap bersekutu di dalamNya, maka tentu keinginan melakukan kemunafikan atau bermuka dua dapat hilang dengan sendirinya.


2. 2 Korintus 6:6

“dalam kemurnian hati, pengetahuan, kesabaran, dan kemurahan hati; dalam Roh Kudus dan kasih yang tidak munafik.”

Ayat di atas lebih menekankan lagi bahwa sebaiknya anak Allah hidup penuh dengan kemurahan hati yang dalam serta penuh kasih. Karena prinsip kasih tentang Alkitab ini yang menjauhkan kita dari perilaku bermuka dua yang bisa menyakiti hati orang lain dan berujung pada dosa yang tidak disukai oleh Allah. Hal ini yang harus kita tanamkan dalam hati sebagai umat Kristen, jangan sampai kita menyakiti sesama kita dengan bermuka dua atau bersikap munafik. Melainkan selalu murah hati, sabar dan penuh kasih seperti pimpinan Roh Kudus dalam hidup kita.

3. Matius 23:13

“Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, karena kamu menutup pintu-pintu Kerajaan Sorga di depan orang. Sebab kamu sendiri tidak masuk dan kamu merintangi mereka yang berusaha untuk masuk.”

Di ayat tersebut bahkan Allah berkata barang siapa menjadi orang yang munafik atau bermuka dia ini akan menjadi orang yang celaka. Allah sangat benci pada perilaku yang demikian. Oleh karena itu jangan sampai melakukan hal tersebut dalam kehidupan kita. Ayat Alkitab tentang orang bermuka dua sudah sangat jelas dalam hal ini. Yaitu harus dihindari dan bisa mendatangkan celaka dari Allah. Jika tidak ingin Allah marah dan murka pada kita, maka sebaiknya usahakan untuk hidup sesuai kehendakNya dengan cara bersekutu dengan Roh Kudus dan hidup berkenan kepadaNya. Sehingga kita membawa diri makin dekat dengan Tuhan dan menyenangkan hatiNya.

4. Matius 23:28

“Demikian jugalah kamu, di sebelah luar kamu tampaknya benar di mata orang, tetapi di sebelah dalam kamu penuh kemunafikan dan kedurjanaan.”

Inilah arti orang bermuka dua, terlihat baik di hadapan orang tetapi tidak demikian di dalam hatinya. Hal ini adalah hal yang tidak disukai oleh Allah. Oleh sebab itu sebisa mungkin sebagai umat Allah hindari perilaku yang demikian. Ingatlah bahwa buah Roh mengajarkan hal yang berbeda. Dengan tekun berdoa dan selalu dekat dengan Allah melalui sapaan Roh Kudus setiap waktu dalam hati kita, maka melakukan hal tersebut dapat dihindari dengan baik. Itulah pentingnya selalu dekat dengan Tuhan.

5. 1 Petrus 2:1

“Karena itu buanglah segala kejahatan, segala tipu muslihat dan segala macam kemunafikan, kedengkian dan fitnah.”

Ayat di atas menunjukkan bahwa Allah sebenarnya benci pada orang yang bermuka dua atau sering kali juga disebut dengan munafik. Firman Tuhan mengatakan bahwa hal seperti ini harus kita hindari di dalam hidup kita. Karena dapat berujung pada dosa lainnya seperti kejahatan fitnah dan dengki atau iri yang dilakukan oleh orang-orang fasik. Padahal Allah sendiri telah mengatakan tentang orang fasik menurut Alkitab yang sebaiknya dihindari oleh umatNya.

Itulah beberapa ayat Alkitab tentang orang yang bermuka dua yang Tuhan katakan. Tentunya hal itu dapat diperhatikan. Tetapi Anda harus selalu melakukan manfaat berdoa bagi orang Kristen sebelum menentukan sikap terhadap orang lain. Sehingga kita lebih bijaksana untuk melihat apakah tindakan kita menyakiti orang lain atau tidak. Jadi, kita secara tidak langsung berusaha untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak baik, seperti bermuka dua di depan orang lain sehingga mereka menjadi orang munafik. Karena pada akhirnya ini mungkin membuat kita tidak disukai oleh Tuhan dan tidak sesuai dengan buah Roh Kudus. Dengan terus melakukan perbuatan sesuai dengan firman, hidup kita sebagai orang percaya pasti akan mencerminkan kasih Tuhan untuk orang lain sebanyak mungkin.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar