Skip to main content

Kumpulan Contoh Soal Essay Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 ~Part-8

Contoh Soal Essay Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 ~Part-8 - Halo adik adik semuanya, yang sedang mencari Soal Latihan Contoh Soal Essay Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 , Nah kebetulan kakak ingin berbagi soal tersebut kepada adik adik, soal ini kakak susun soal yang mana sudah termasuk dengan soal Pilihan ganda dan soal Essay, Setiap soal sudah kakak sertakan dengan kunci jawabannya. Sehingga bisa dijadikan sebagai bahan refrensi adik adik. Tetap semangat dan selalu berusaha yaa..

Contoh Soal Essay Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 

Contoh Soal Essay Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013   - Bagi sahabat dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Latihan , adik adik bisa belajar materi ini di sini dalam bentuk latihan soal. Berikut ini adalah rincian Soal Latihan. SELAMAT BELAJAR YAA...
Contoh Soal Essay Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013

Berikut kami memberikan Contoh Soal Essay Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 

PETUNJUK UMUM

1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !

merupakan posting lanjutan soal essai prakarya dan KWU semester genap kelas 10 bagian ke-6 dan essay bagian ke-7 (soal nomor 71-80) dengan materi sama, yang diambil dari Bab 2 "Rekayasa Produk Grafika".

Dimulai dari pertanyaan nomor 81, berikut dibawah ini soal prakarya dilengkapi kunci jawaban, untuk siswa SMA/MA..

81. Sebut dan jelaskan istilah dalam finishing pembuatan produk dengan percetakan offset!
Jawaban: proses finishing, diantaranya sebagai berikut.
a. Proses potong atau serit kertas, dengan tuuan untuk membagi beberapa kertas hasil cetak tadi menjadi beberapa bagian, atau bisa juga hanya sekedar untuk merapihkan kertas.
b. Foil, membubuhi kertas dengan tulisan atau gambar “mengkilat” seperti warna emas, preak, biru, merah, dsb.
c. Embossed, menghiasi kertas cetak dengan tulisan atau gambar, dimana hiasan tersebut berbentuk kertas yang timbul atau tenggelam akibat matres.
d. Proses laminating gloss/doff, UV gloos/doff, spot UV, dsb. Kertas cetak tadi dilapisi dengan plastik mengkilat atau plastik buram/dop pada bagian luarnya sehingga menimbulkan kesan estetis tersendiri.
e. Pons, memotong kertas menjadi bentuk-bentuk tertentu akibat potongan pisau mesin pons. Bentuknya bisa berupa format untuk lipatan amplop, dus, dsb.
f. Lem, untuk menyambungkan atau menyatukan kertas cetakan semisal amplop.
g. Dan lain-lain, semisal menjilid, jahit benang/kawat, numerator, lipat susun/sisip, membungkus dengan plastik, dan sebagainya tergantung keperluan. 

82. Untuk mencetak koran, tabloid, buku atau majalah yang menggunakan kertas yang lebih tipis dibandingkan cetak sheetfed adalah….
Jawaban: cetak web offset

83. Alat yang membantu kita untuk menjiplakkan gambar ke dalam kain screen adaah….
Jawaban: obat afdruk

84. Mengapa acuan cetak sablon tidak seperti teknik cetak lainnya?
Jawaban:acuan cetak sablon tidak seperti teknik cetak lainnya, acuannya terbuat dari kain berpori (screen) yang dimana jarak setiap lubang pori-pori disesuaikan dengan permukaan cetak yang ingin dicetak. Prinsip kerjanya adalah screen dilapisi dengan cairan untuk menutup setiap proi-pori, lalu screen dijemur bersamaan dengan image yang dibuat, tujuannya adalah untuk mengeringkan cairan tersebut, namun bagian screen yang tertutupi oleh image tidak akan kering. Nah setelah itu barulah dilakukan diproses pelunturan cairan menggunakan air, tujuannya agar bagian screen yang terdapat image dapat dilalui oleh tinta.

85. Untuk mencetak diatas platik tipis, alumunium foil, material transparent atau apaque, adalah….
Jawaban: cetak rotogravure

86. Apa yang kamu ketahui tentang mesin offset?
Jawaban: mesin offset adalah mesin cetak yang dimana dalam prosesnya sangat bergantung pada presisi/ketepatan antara 4 warna yang paling dasar, yaitu CMYK.

87. Alat sablon yang berfungsi untuk mengeraskan hasil afdrukan adalah….
Jawaban: catalis

88. Sebutkan langkah-langkah proses pra cetak dengan mesin percetakan offset!
Jawaban: proses pra-cetak:
a. persiapan bahan kertas: seperti kertas HVS, BC, kenstruk, doorlags, matte paper, NCR, kertas wangi, duplex, ivory, dan sebagainya disesuaikan dengan keperluan. Bisa juga blanko cetak, yaitu bahan cetak yang ukuran dan bentuknya telah jadi dan tinggal masuk ke proses cetak.

b. Setting komputer: format yang akan dibuat pada barang cetakkan, ukuran, naskah, serta desain grafisnya ditentukan disini, dan biasanya diakhiri dengan diprint di kertas HVS, kertas kalkir, atau film repro.

c. Rekam plat: hasil pengaturan yang telah diprint tadi direkam (semacam dicopy) ke pelat kertas atau pelat aluminium (paper plate/alumunium plate) sehingga naskah cetakkan pun terdapat diatasnya, dan plat cetak inilah yang akan dipasang pada mesin cetak. Bikin matres untuk foil atau emboss (bila diperlukan).

89. Bagaimanakah proses cetak dalam mesin percetakan offset?
Jawaban:proses cetak:
a. pelat cetak beserta bahan kertas yang telah siap pada proses pra-ceak tadi lalu dipasang di mesin cetak, dan di tempatkan di posisinya masing-masing berdasarkan fungsinya. Pelat cetak dipasang di atas roll yang terdapat di atas mesin, sedangkan bahan kertas dipasang pada tempat mendatar di bawah roll tersebut. Dan tinta pun dipersiapkan pula pada tempatnya (warna sesuai yang diinginkan).

b. Setelah pelat cetak, bahan kertas, dan tinta siap atau terpasang, maka mesin pun dijalankan. Dan terjadilah proses cetak. Tinta bersinggungan roll yang telah terpasang pelat cetak, dan tinta bersinggungan pula dengan bahan kertas yang ada, sehingga terjadilah pemindahan naskah yang ada di pelat cetak ke bahan kertas tersebut melalui tinta, dan kertas pun keluar satu persatu berisi naskah yang sudah jadi.

90. Cetak yang digunakan untuk mencetak pekerjaan seperti majalah, buku, brosure, kalender, poster adalah….
Jawaban: cetak offset sheetfed

Lanjut ke soal nomor 91-100 => Contoh Soal Essay Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 ~Part-9
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar