Skip to main content

Contoh Soal USBN PKN SMA dan Jawabannya ~ KTSP Paket 1 (Part-5)

Bagian kelima atau part-5 soal USBN PKN tulisan ini, merupakan seri terakhir dengan kurikulum KTSP soal paket 1 (utama). Dan bila soal USBN PKN bagian pertama sampai keempat berbentuk pilihan ganda alias PG, bagian kelima berbentuk essay dengan soal dimulai dari nomor 41 sampai dengan 45.Halo adik adik semuanya, yang sedang mencari Soal Latihan, Nah kebetulan kakak ingin berbagi soal tersebut kepada adik adik, soal ini kakak susun soal yang mana sudah termasuk dengan soal Pilihan ganda dan soal Essay, Setiap soal sudah kakak sertakan dengan kunci jawabannya. Sehingga bisa dijadikan sebagai bahan refrensi adik adik. Tetap semangat dan selalu berusaha yaa..

Contoh Soal USBN PKN SMA dan Jawabannya

Contoh Soal USBN PKN SMA dan Jawabannya - Bagi sahabat dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Latihan , adik adik bisa belajar materi ini di sini dalam bentuk latihan soal. Berikut ini adalah rincian Soal Latihan. SELAMAT BELAJAR YAA...
Contoh Soal USBN PKN SMA dan Jawabannya

Berikut kami memberikan Contoh Soal USBN PKN SMA dan Jawabannya

PETUNJUK UMUM

1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.


41. Jelaskan pengertian pelanggaran HAM dan berikan contohnya ?
Jawaban: Kejahatan terhadap kemanusiaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 huruf b adalah salah satu perbuatan yang dilakukan sebagai bagian dan serangan yang meluas atau sistematik yang diketahuinya bahwa serangan tersebut ditujukan secara langsung terhadap penduduk sipil,berupa:
1. Pembunuhan;
2. Pemusnahan;
3. Perbudakan;
4. Pengusiran atau pemindahan penduduk secara paksa;
5. Perampasan kemerdekaan atau perampasan kebebasan fisik lain secara sewenang-wenang yang melanggar (asas-asas) ketentuan pokok hukum intemasional;
6. Penyiksaan;
7. Perk*sa*n, perbudakan s*ksual, pe*acuran secara paksa, pemaksaan kehamilan, pemandulan atau sterilisasi secara paksa atau bentuk- bentuk kekerasan s*ksual lain yang setara;
8. Penganiayaan terhadap suatu kelompok tertentu atau perkumpulan yang didasari persamaan paham politik, ras, kebangsaan, etnis, budaya, agama, jems kelamin atau alasan lain yang telah diakui secara universal sebagai hal yang dilarang menurut hukum internasional;
9. Penghilangan orang secara paksa
10. Kejahatan apartheid.

42. Pasca berakhirnya perang dingin antara dua kekuatan besar negara adidaya Amerika Serikat dan Uni Soviet, hubungan antar negara didunia mengalami perubahan trend yang awalnya bersifat bersifat kerjasama dibidang ideologi, politik dan keamanan menjadi kerjasama ekonomi antar kawasan seperti contoh ASEAN, Masyarakat Uni Eropa dll. Jelaskan tujuan didirikannya organisasi ASEAN tersebut ?
Jawaban: tujuan ASEAN sebagai organisasi regional adalah sebagai berikut :
1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan kebudayaan melalui usah-usah bersama berdasarkan semangat kebersamaan, perekutuan, dan hidup damaidi kalangan bangsa di Asia Tenggara.
2. Memajukan perdamaian dan stabilitas regional dengan jalan saling menghormati keadilan tata tertib hukum dalam hubungan antar negaradi Asia Tenggara.
3. Meningkatkan kerjasama secara aktif dan saling membantu dalam hal-hal yang menjadi kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, kebudayaan, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi.
4. Memberikan bantuan satu sama lain dalam fasilitas-fasilitas latihan dan penelitian di sektor-sektor pendidikan, profesi, teknik, dan administrasi.
5. Bekerja sama secara efektif dalam memanfaatkan potensi pertanian dan industri, perluasan perdagangan, perbaikan fasilitas-fasilitas komunikasi

43. Dimasa pemerintahan Orde Lama semenjak dikeluarkanya Dekrit Presiden 5 Juli 1959 sistem politik di Indonesia adalah menerapkan sistem demokrasi terpimpin. Coba jelaskan tata kerja sistem demokrasi terpimpin waktu itu ?
Jawaban: Demokrasi terpimpin yang dikemukakan oleh Presiden Soekarno tersebut memberlakukan kembali UUD RI Tahun 1945. Oleh karena itu, sistem demokrasi terpimpin dilaksanakan atas dasar Pancasila dan UUD RI Tahun 1945. Menurut Ketetapan MPRS No. VIII/MPRS/1965, pengertian dasar demokrasi terpimpin adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan /perwakilan yang berintikan musyawarah untuk mufakat secara gotong royong di antara semua kekuatan nasional yang progresif revolusioner dengan berporoskan pada Nasakom (nasionalisme, agama, dan komunis)

44. Jelaskan apa yang dimaksud dengan ideologi tertutup ?
Jawaban: Jadi, ideologi tertutup adalah ideologi yang dipaksakan dari atas untuk harus diterima, bila perlu dengan tangan besi / fisik agar dapat diterima sebagai cara hidup dan kehidupan suatu kelompok masyarakat / bangsa.

45. Jelaskan dampak positif dan negatif dari globalisasi dibidang teknologi informasi ?
Jawaban: teknologi menjadi menjadi tulang punggung globlisasi di bidang teknologi informasi seperti adanya teknologi search engine yang memudahkan kita mencari informasi dengan mudah. Dengkan teknologi informasi manusia seakan terbebas dari isolasi jarak yang berjauhan dengan ditemukannya sistem aplikasi yang memungkinkan manusia berhubungan secara jarak jauh melalui media teknologi informasi bahkan hampir semua aspek kehidupan manusia seperti dunia kedokteran, dunia pendidikan, perbankan sektor perdagangan dll tidak lepas dari sentuhan teknologi informasi

Lanjut ke soal USBN PKN Kurikulum 2013 => Contoh Soal USBN PKN SMA dan Jawabannya ~ Kurikulum 2013 Paket 1
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar