Skip to main content

Contoh Soal USBN PKN SMA dan Jawabannya ~ KTSP Paket 2 (Part-5)

Soal-soal USBN PKN pertama sampai keempat (total 40 soal) yang telah saya upload sebelumnya merupakan soal dalam bentuk PG alias pilihan ganda. Dan bagian kelima atau terakhir, berisikan soal dalam bentuk essay.Halo adik adik semuanya, yang sedang mencari Soal Latihan, Nah kebetulan kakak ingin berbagi soal tersebut kepada adik adik, soal ini kakak susun soal yang mana sudah termasuk dengan soal Pilihan ganda dan soal Essay, Setiap soal sudah kakak sertakan dengan kunci jawabannya. Sehingga bisa dijadikan sebagai bahan refrensi adik adik. Tetap semangat dan selalu berusaha yaa..

Contoh Soal USBN PKN SMA dan Jawabannya ~ KTSP Paket 2 

Contoh Soal USBN PKN SMA dan Jawabannya ~ KTSP Paket 2  - Bagi sahabat dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Latihan , adik adik bisa belajar materi ini di sini dalam bentuk latihan soal. Berikut ini adalah rincian Soal Latihan. SELAMAT BELAJAR YAA...
Contoh Soal USBN PKN SMA dan Jawabannya ~ KTSP Paket 2

Berikut kami memberikan Contoh Soal USBN PKN SMA dan Jawabannya ~ KTSP Paket 2 

PETUNJUK UMUM

1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.


41. Jelaskan pengertian kejahatan genosida dan berikan contohnya ?
Jawaban: Kejahatan genosida sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 huruf a adalah setiap perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa, ras, kelompok etnis, kelompok agama, dengan cara:
1. Kejahatan genosida sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 huruf a adalah setiap perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa, ras, kelompok etnis, kelompok agama, dengan cara:
2. membunuh anggota kelompok;
3. mengakibatkan penderitaan fisik atau mental yang berat terhadap anggota-anggota kelompok;
4. menciptakan kondisi kehidupan kelompok yang akan mengakibatkan kemusnahan secara fisik baik seluruh atau sebagiannya;
5. memaksakan tindakan-tindakan yang bertujuan mencegah kelahiran di dalam kelompok; atau
6. memindahkan secara paksa anak-anak dan kelompok tertentu ke kelompok lain

42. Pasca berakhirnya perang dingin antara dua kekuatan besar negara adidaya Amerika Serikat dan Uni Soviet, hubungan antar negara didunia mengalami perubahan trend yang awalnya bersifat kerjasama dibidang ideologi, politik dan keamanan menjadi kerjasama ekonomi antar kawasan seperti contoh ASEAN, Masyarakat Uni Eropa (MEE) Masyarakat Ekonomi Asean dll. Jelaskan tujuan didirikannya organisasi  masyarakat ekonomi asean (MEA) tersebut ?
Jawaban: Dalam rangka menghadapi pasar bebas yang ditandai dengan semakin mengalirnya arus modal, barang, jasa, investasi serta tenaga kerja maka asean mebentuk komunitas MEA agar menjadi wadah kerjsama diantara negara negara asean. Adapun tujuan didirikannya MEA adalah :
1. Meningkatkan stabilitas perekonomian di kawasan, membentuk kawasan ekonomi yang kuat karena dibeberapa wilayah seperti eropa dan amerika mengalami krisis ekonomi yg cukup mengkhawatirkan.
2. Membentuk kawasan perdagangan bebas asean sebagai media untuk memasuki tantangan yg lebih besar yitu perdagangan bebas global

43. Dimasa orde lama pada periode 1950-1959 sistem politik melaksanakan sistem demokrasi liberal/parlementer. Coba jelaskan tata kerja sistem demokrasi parlementer waktu itu ?
Jawaban: Cara kerja sistem pemerintahan parlementer di Indonesia pada waktu itu
adalah sebagai berikut. Kekuasaan legislatif dijalankan oleh DPR, yang dibentuk melalui pemilu multipartai. Partai politik yang menguasai mayoritas kursi DPR membentuk kabinet sebagai penyelenggara pemerintahan negara. Kekuasaan eksekutif dijalankan oleh kabinet/dewan menteri, yang dipimpin oleh seorang perdana menteri. Kabinet dibentuk dan bertanggungjawab kepada DPR.
Presiden hanya berperan sebagai kepala negara, bukan kepala pemerintahan. Adapun kepala pemerintahan dijabat oleh perdana menteri. Kekuasaan yudikatif dijalankan oleh badan pengadilan yang bebas. Jika DPR menilai kinerja menteri/beberapa menteri/kabinet kurang atau bahkan tidak baik, DPR dapat memberi mosi tidak percaya kepada seseorang atau beberapa menteri atau bahkan kabinet secara keseluruhan. Jika diberi mosi tidak percaya, menteri, para menteri, atau kabinet itu harus mengundurkan diri/membubarkan diri. Jika kabinet bubar, presiden akan menunjuk formatur kabinet untuk menyusun kabinet baru. Jika DPR mengajukan mosi tidak percaya lagi kepada kabinet yang baru itu, maka DPR dibubarkan dan diadakan pemilihan umum.

44. Jelaskan apa yang dimaksud dengan ideologi terbuka ?
Jawaban: Ideologi terbuka adalah suatu pandangan, gagasan, atau konsep dengan suatu system pemikiran terbuka yang tidak dipaksakan. Memiliki ciri ciri antara lain
1. Merupakan cita-cita yang sudah hidup dalam masyarakat.
2. Berupa nilai-nilai dan cita-cita yang berasal dari dalam masyarakat sendiri.
3. Hasil musyawarah dan konsensus masyarakat.
4. Bersifat dinamis dan reformis.
5. Ciri khas ideologi terbuka adalah cita-cita dasar yang ingin diwujudkan masyarakat bukan berasal dar luar masyarakat atau dipaksakan dari elit penguasa tertentu.
6. Terbuka kepada perubahan-perubahan yang datang dari luar, tetapi memiliki kebebasan dan integritas untuk menentukan manakah nilai-nilai dari luar yang mempengaruhi dan mengubah nilai-nilai dasar yang selama ini sudah ada dan manakah yang tidak boleh berubah.

45. Salah satu tantangan utama negara dan bangsa didunia di era global sekarang ini adalah makin berkurangnya sumber sumber kekayaan alam seperti minyak bumi, gas alam dan material penting lainnya. Hal ini tidak jarang memicu konflik diantara negara negara didunia dalam rangka memperebutkan sumber sumber alam itu. Jelaskan sikap yg harus ditempuh oleh bangsa indonesia mensikapi gejala yg telah di sebutkan diatas ?
Jawaban: Kita sebagai bangsa harus mampu mendaya gunakan potensi dan sumber sumber alam yg ada di bumi pertiwi dengan bijaksana, efektif, efisien dan semua itu demi demi kemakmuran rakyat indonesia. Sebagai sebuah negara besar indonesia harus mampu mengolah dan mendayagunakan potensi alam sendiri bukan diserahkan kepada pihak asing. Dengan dukungan sumber daya manusia yang unggul serta teknologi yang terbaru
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar