Skip to main content

Contoh Soal UAS Geografi Kelas XI Semester 2 Beserta Jawaban (Part-3)

Bila sebelumnya, Contoh Soal UAS Geografi Kelas XI  Semester 2 Beserta Jawaban bagian kedua dan pertama soalnya berbentuk pilihan ganda, maka untuk bagian ketiga berikut ini, berbentuk essay/uraian.Halo adik adik semuanya, yang sedang mencari Soal Latihan, Nah kebetulan kakak ingin berbagi soal tersebut kepada adik adik, soal ini kakak susun soal yang mana sudah termasuk dengan soal Pilihan ganda dan soal Essay, Setiap soal sudah kakak sertakan dengan kunci jawabannya. Sehingga bisa dijadikan sebagai bahan refrensi adik adik. Tetap semangat dan selalu berusaha yaa..

Contoh Soal UAS Geografi Kelas XI Semester 2 Beserta Jawaban 

Contoh Soal UAS Geografi Kelas XI Semester 2 Beserta Jawaban  - Bagi sahabat dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Latihan , adik adik bisa belajar materi ini di sini dalam bentuk latihan soal. Berikut ini adalah rincian Soal Latihan. SELAMAT BELAJAR YAA...

Berikut kami memberikan Contoh Soal UAS Geografi Kelas XI Semester 2 Beserta Jawaban 

PETUNJUK UMUM

1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.


Oke, berikut di bawah ini soal essay UAS./UKK Geografi untuk siswa SMA/MA/Sederajat, dimulai dari soal nomor 31 sampai dengan 45.

31. Pembangunan yang berusaha memenuhi kebutuhan kini, tanpa mengurangi kemampuan generasi yang akan datang untuk memenuhi kebutuhan mereka disebut ....
Jawaban: pembangunan berkelanjutan


32. Teknologi yang meminimumkan limbah pada setiap mata rantai produksi disebut ....
Jawaban: teknologi produksi bersih

33. Perberlakuan otonomi daerah tanpa membangun prinsip demokrasi dan pemerintahan yang baik berpotensi menimbulkan masalah ..... dan .....
Jawaban: masalah sosial dan lingkungan hidup

34. Konsep dalam ekonomi yang menjelaskan penggunaan bahan dan energi seefektif mungkin untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia disebut ....
Jawaban: ekoefisien

35. Akibat pemanasan global terhadap lingkungan adalah ..... dan .....
Jawaban: perubahan iklim sedunia dan kenaikan permukaan laut

36. Pemilik HPH diwajibkan ikut melestarikan hutan dengan menerapkan program tebang ....
Jawaban: pilih

37. ISO 14000 merupakan salah satu praktik pengelolaan lingkungan hidup yang bersifat ....
Jawaban: sukarela

38. Keracunan Hg dapat menyebabkan penyakit ....
Jawaban: minamata

39. Larangan pembuangan limbah padat diatur dengan Undang-Undang Nomor ....
Jawaban: 82 tahun 2001

40. Kawasan taman nasional dikelola dengan sistem ....
Jawaban: Zonasi yang terdiri dari zona inti, zona peyangga, dan zona pemanfaatan.

41. Jelaskan yang dimaksud analisis daur hidup !
Jawaban: Analisis daur hidup merupakan analisis dampak lingkungan yagn sangat luas dari mulai dampak diambilnya bahan baku hinggga pembuangan produk setelah habis masa pakainya.

42. Sebutkan keuntungan pembangunan yang menggunakan prinsip ekoefisien !
Jawaban: dengan menggunakan prinsip ekoefisien, pembangunan ramah lingkungan yang rendah pencemaran dapat lebih murah dan lebih menguntungkan daripada pembangunan yang mencemari lingkungan. Di samping itu juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru. Dengan pembangunan ramah lingkungan itu, SDM kita terselamatkan, kini dan di kemudian hari.

43. Jelaskan peran masyarakat dalam melestarikan lingkungan !
Jawaban: peran masyarakat dalam melestarikan lingkungan dapat dimulai dengan meningkatkan kesadaran mereka akan arti penting lingkungan. Dengan kesadaran lingkungan maka muncul kepatuhan atas hukum lingkungan. Dengan demikian, antara kesadaran masyarakat dan keberadaan hukum lingkungan saling berhubungan erat. Kedua variabel tersebut tidak saling mengabaikan dan harus saling menunjang. Dengan demikian, berbagai bentuk perusakan lingkungan bisa dihindari, tidak hanya diselesaikan masalahnya melainkan juga dicegah.

44. Jelaskan yang dimaksud dengan hukum lingkungan !
Jawaban: hukum lingkungan adalah hukum yang mengatur tatanan lingkungan (lingkungan hidup), yang mencakup semua kondisi dan benda, termasuk di dalamnya manusia dan tingkah laku perbuatannya, yang terdapat di dalam ruang di mana manusia berada dan memengaruhi kelangsungan hidup serta kesejahteraaan manusia dan benda liannya.

45. Sebutkan tujuan konservasi !
Jawaban: tujuan konservasi adalah untuk menjaga kelestarian sumber daya alam dan keseimbangan lingkungan.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar