Skip to main content

Contoh Soal Essay Sosiologi Peminatan Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban ~Part-4

Contoh Soal Essay Sosiologi Peminatan Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban ~Part-4 tulisan yang sedang anda baca ini, merupakan lanjutan soal essay sosiologi peminatan semester genap kelas 11 bagian ke-1 sampai bagian ke-3 (soal nomor 21-30) dengan materi yang sama.Halo adik adik semuanya, yang sedang mencari Soal Latihan, Nah kebetulan kakak ingin berbagi soal tersebut kepada adik adik, soal ini kakak susun soal yang mana sudah termasuk dengan soal Pilihan ganda dan soal Essay, Setiap soal sudah kakak sertakan dengan kunci jawabannya. Sehingga bisa dijadikan sebagai bahan refrensi adik adik. Tetap semangat dan selalu berusaha yaa..

Contoh Soal Essay Sosiologi Peminatan Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban 

Contoh Soal Essay Sosiologi Peminatan Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Bagi sahabat dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Latihan , adik adik bisa belajar materi ini di sini dalam bentuk latihan soal. Berikut ini adalah rincian Soal Latihan. SELAMAT BELAJAR YAA...
Contoh Soal Essay Sosiologi Peminatan Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban

Berikut kami memberikan Soal USBN Antropologi Untuk SMA

PETUNJUK UMUM

1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

Berikut dibawah ini, soal essay sosiologi kelas xi semester 2 K13 edisi revisi dan kunci jawaban untuk siswa SMA/MA/Sederajat dimulai dari pertanyaan nomor 31.

31. Jelaskan pengertian konflik menurut M.Z Lawang!
Jawaban: konflik diartikan sebagai perjuangan untuk memperoleh hal-hal yang langka, seperti nilai, status, kekuasaan, dan sebagainya, yang tujuan mereka berkonflik itu tidak hanya memperoleh keuntungan, tetapi juga untuk menundukkan pesaingnya.

32. Sebutkan contoh konflik antarindividu!
Jawaban: konflik antara dua orang dalam hal meraih prestasi

33. Apa yang terjadi jika konflik tidak segera diselesaikan?
Jawabna: dapat mengarah pada bentuk disintegrasi bangsa

34. Apa yang dimaksud dengan konsiliasi?
Jawaban: konsiliasi merupakan bentuk pengendalian konflik sosial yang dilakukan oleh lembaga-lembaga tertentu yang dapat memberikan keputusan dengan adil.

35. Bedakan antara kekerasan langsung dan kekerasan tidak langsung!
Jawaban:
a. kekerasan langsung (direct violent) adalah suatu bentuk kekerasan yang dilakukan secara langsung terhadap pihak-pihak yang ingin dicederai atau dilakui. Bentuk kekerasan ini cenderung ada pada tindakan-tindakan. seperti melukai orang lain dengan sengaja. Membunuh orang lain, menganiaya, dan memperkosa.

b. kekerasan tidak langsung (indirect violent) adalah suatu bentuk kekerasan yang dilakukan oleh seseorang terhadap orang lain mellaui sarana. Bentuk kekerasan ini cenderung ada pada tindakan-tindakan, seperti mengekang, meniadakan atau mengurangi hak-hak seseorang, mengintimidasi, memfitnah, dan perbuatan-perbuatan lainnya.

36. Jelaskan yang dimaksud kekerasan!
Jawaban: kekerasan dapat didefinisikan sebagai perbuatyan seseorang atau kelompok orang yang menyebabkan, cedera, atau hilangnya nyawa seseorang atau dapat menyebabkan kerusakan fisik atau barang orang lain.

37. Konflik dapat pula berdampak positif. Jelaskan!
Jawaban: dampak positif adanya konflik
a. konflik dapat meningkatkan solidaritas di antara anggota kelompok. Misalnya apabila terjadi bertikaian antarkelompok, anggota-anggota dari setiap kelompok tersebut akan bersatu untuk menghadapi lawan kelompoknya.
b. konflik berfungsi sebagai alat perubahan sosial, misalnya anggota-anggota kelompok atau masyarakat yang berseteru akan menilai dirinya sendiri dan mungkin akan terjadi perubahan dalam dirinya.
c. munculnya pribadi-pribadi atau mental-mental masyarakat yang tahap uji dalam menghadapi segala tantangan dan permasalahan yang dihadapi sehingga dapat lebih mendewasakan masyarakat.

38. Sebutkan macam-macam konflik menurut sifatnya!
Jawaban: berdasarkan sifatnya konflik dibedakan menjadi sebagai berikut:
a. konflik deskriptif, merupakan konflik yang muncul karena adanya perasaan tidak senang. Rasa benci dan dendam dari seseorang ataupun kelompok orang. Pada titik tertentu konflik ini dapat merusak atau menghancurkan sebuah hubungan.
 b. konflik konstruktif, merupakan konflik yang bersifat fungsional, konflik ini muncul karena adanya perbedaan pendapat dari kelompok-kelompok dalam menghadapi suatu permasalahan. Konflik ini menghasilkan kon-sesus dari perbedaan pendapat menuju sebuah perbaiakn.

39. Bagaimana hubungan antara perubahan sosial dengan terjadinya konflik?
Jawaban: perubahan sosial yang terlalu cepat dan menyeluruh dapat menyebabkan terjadinya konflik.

40. Jelaskan mengenai pengendalian konflik dengan metode menang-kalah!
Jawaban: pada konflik menang-kalah, salah satu pihak mencapai apa yang diinginkannya dengan mengorbankan keinginan pihak lain. Hal tersebut mungkin disebabkan karena adanya persaingan dimana orang mencapai kemenangan melalui kekuatan, keterampilan yang superior, atau karena unsur dominasi. Ia juga dapat merupakan hasil dari komando otoratif, ketika seseorang otoriter mendikte sebuah pemecahan dan kemudian dispesifi keasikan apa yang akan dicapai dan apa yang akan dikorbankan dan oleh siapa.

Lanjut ke soal penilaian tengah semester genap => Contoh Soal UTS/PTS Sosiologi Peminatan Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar