Skip to main content

Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA Kelas X Semester 2 (Part-7)

Melanjutkan Uji Kompetensi Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA Kelas X Semester 2 bagain ke-6 (soal nomor 46-55). Dan pada bagian ketujuh, berisikan materi tentang "Dakwah Rasulullah Periode Madinah", seperti: sejarah dakwah Rasulullah saw. periode Madinah, substansi dakwah Rasulullah saw. periode Madinah dan Strategi dakwah Rasulullah saw. periode Madinah.Halo adik adik semuanya, yang sedang mencari Soal Latihan, Nah kebetulan kakak ingin berbagi soal tersebut kepada adik adik, soal ini kakak susun soal yang mana sudah termasuk dengan soal Pilihan ganda dan soal Essay, Setiap soal sudah kakak sertakan dengan kunci jawabannya. Sehingga bisa dijadikan sebagai bahan refrensi adik adik. Tetap semangat dan selalu berusaha yaa..

Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA Kelas X Semester 2

Bagi sahabat dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Latihan , adik adik bisa belajar materi ini di sini dalam bentuk latihan soal. Berikut ini adalah rincian Soal Latihan. SELAMAT BELAJAR YAA...

Berikut kami memberikan Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA Kelas X Semester 2

PETUNJUK UMUM

1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

Berikut di bawah ini, Soal essay PAI beserta jawaban, dimulai dari soal nomor 56 sampai dengan 65.

56. Apa yang melatarbelakangi perintah Allah agar Rasulullah dan para sahabatnya hijrah ke Madinah?
Jawaban: latar belaakng perintah Allah agar Rasulullah hijrah ke Madinah adalah penindasan kaum kafir Quraisy yang semakin berat dirasakanoleh para sahabat nabi yang mempertahankan keimanan kepada Allah dan adanya upaya pembunuhan terhadap Rasulullah yang direncanakan oleh pemimpin kafir Quraisy, yaitu Abu Lahab, Abu Jahal, al Ash, Walid bin Utbah, Abdul Bahtari, dan Syaibah bin Rabi’ah.

57. Apa hikmah di balik peristiwa hijrah ke Madinah? Sebutkan!
Jawaban:
a. Selamatanya Rasulullah saw. dari pembunuhan orang kafir
b. Rasulullah dapat mendirikan akidah dan syariah
c. Kemenangan agama Islam dan mendirikan pusat pemerintahan Islam
d. Menyebabkan jatihnya Mekah dari kekuasaan kaum musrikin (setelah Fathu Makkah).
e. Menjadi contoh perjuangan Rasulullah saw. dan sahabatnya dalam mempertahankan Islam.

58. Jelakan tahapan-tahapan dakwah Rasullah saw. periode Madinah!
Jawaban:
a. Tahapan awal
Masa ini ditandai dengan cobaan dan rintangan yang muncul dari dlaam dan luar Madinah. Kaum kafir Quraisy dan sekutunya selalu menyerang Madinah untuk membunuh Muhammad dan mengalahkan Islam. Oleh sebab itu, pada masa ini timbul beberapa peperangan besar, seperti Perang Badar, Perang Uhud, Perang Khandak. Akhir dari masa ini, yaitu dengan dikukuhkannya Perjanjian Hudaibiyah tahun ke-6 Hijriah.

b. Tahapan kedua
Ditandai dengan adanya perdamaian dengan para tokoh penyembah berhala (kaum paganisme) dan berakhir dengan Fathu Makkah (terbukanya kota Mekah) pada bulan Ramadhan 8 Hijriah yang merupakan simbol kemenangan untuk Islam. Ditandai dengan korespondensi para raja di Jazirah Arab.

c. Tahapan ketiga
Ditandai dengan masuknya orang-orang ke dalam agama Islam, baik perorangan maupun peran utusan dari berbagai kabilah. Masa ini terus berlangsung sampai Rasulullah saw. wafat pada tahun ke-11 Hijriah.

59. Sebutkan kelompok-kelompok masyarakat di Madinah ketika Rasullah saw. tiba di sana!
Jawaban: Saat Rasulullah tiba di Madinah, masyarakat Madinah dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu:
a. Kaum muslimin yang setia kepada Nabi saw., yang meliputi kelompok Muhajirin dan Ansar.
b. Kelompok musyrik yang kebanyakan tidak membenci Islam dan banyak yang akhirnya berpaling ke Islam. Walaupun ada juga yang membenci Islam, seperti Abdullah bin Ubay (mantan pemimpin kabilah Aus dan Kharaj).
c. Kelompok Yahudi yang telah berbaur dengan orang Arab namun tetap fanatik dengan ajarannya. Kelompok ini terbagai menjadi tiga kabilah besar, yaitu:
1) Bani Qainuqa yang dulu bersekutu dengan Khazraj, tinggal di bagian dalam Madinah.
2) Bani Nadir, yang merupakan kabilah paling vokal terhadap Islam.
3) Bani Quraidah yang dulu bersekutu dengan Aus, tinggal di daerah tepi Madinah.

60. Kapankah terjadi Perang Badar? Apa yang melatarbelakanginya?
Jawaban: Perang Badar terjadi pada 17 Ramadan tahun kedua Hijriah. Perang berawal saat kaum muslim menghadang kafilah pedagang Quraisy dari Syam untuk meminta kembali harta yang mereka tinggal saat diusir dari Mekah. 950 kaum kafir dipimpin Abu Lahab berusaha melindungi kafilah tersebut.

61. Apa sebab kekalahan kaum muslimin dalam Perang Uhud? Apa hikmah di balik kekalahan tersebut?
Jawaban: Kekalahan kaum muslimin dalam Perang Uhud karena pasukan pemanah tidak mematuhi ketentuan Nabi saw. utuk tidak meninggalkan posnya dengan alasan apa pun (karena ingin mengambil harta rampasan), pasukan berkuda Khalid bin Walid berhasil mendobrak pasukan muslim dari belakang. Hikmah dari kekalahan ini adalah kaum muslim tidak lagi melanggar perintah Nabi saw. dan memisahkan antara orang munafik dengan orang muslim yang berbaur dalam pasukan Nabi saw..

62. Apa hikmah Perjanjian Hudaibiyah?
Jawaban: Hikmah dari perjanjian Hudaibiyah adalah Rasulullah saw. berhasil mengambil sela-sela dari perjanjian yagn sulit menjadi langkah besar dalam menyebarkan dakwah Islam ke Mekah.

63. Sebutkan raja-raja yang dikirimi surat dakwah oleh Rasullah saw. dan jelaskan pula reaksi mereka!
Jawaban:
a. Najasyi raja Habasyah, diantar pada bulan Muharam 7 H oleh Amr bin Umayyah dan langsung dibalas oleh sanga raja dengan menyatakan diri masuk Islam.
b. Muqauqis raja Mesir, diantar oleh Hathib bin Abu Balthaah di mana raja ini mengkaui kenabian rasul meskipun tidak secara eksplisit menyatakan dirinya masuk Islam melalui suratnya yang dikirim dengan disertai dua orang budak wanita sebagai hadiah.
c. Kisra raja Persia, dikirim oleh Abdullah bin Hudzafah. Surat itu lalu dirobek-robek karena nabi menulis tidak menulis namanya terlebih dahulu. Rasulullah yang mengetahui hal itu mendoakan agar kerajaan Kisra dirobek-robek (hal ini benar-benar terjadi pada masa khalifah Umar).
d. Qaishar/Heraclius raja Romawi, diantar oleh Dihyah bin Khalifah Al Kalby. Saat menerima surat ini, sang kaisar meminta tanya jawab dengan salah seorang yang terdekat hubungan darahnya dengan bai yang ada di Baitul Maqdis, yang ternyata adalah Abu sufyan. Abu Sufyan menjawab pertanyaan tentang nabi dengan jujur sehingga sang kaisar memohon agar ia ditunjuki allah swt. untuk memeluk Islam.
e. Al Munzir bin Sawa pemimpin Bahrain, dibawa oleh al A’la bin al Hadhramy yang kemudian sang raja meminta lagi nabi untuk menulis lagi kepadanya menjelaskan tentang tujuan utama dari Nabi Muhammad.
f. Haudzah bin Ali bin Ali al Hanafy pemimpin Yamamah, diantar oleh Salith bin al Amiry. Sang raja mengirim kembali kurir pulang dengan gemerlap hadiah. Namun tak lama kemudian Jibril mengabarkan kepada nabi bahwa sang pemimpin Yamamah telah wafat.
g. Abu Syamr al Ghassany pemimpin Damaskus, dengan kurir Syuja bin Wahb. Setelah membacanya ia menantang nabi untuk merebut kekuasaannya dan menolak masuk Islam.
h. Ja’far raja Oman, diantar oleh Amr bin al Ash. Setelah debat yang sangat ketat dengan Amr (yang berhasil mengislamkan raja Najasyi) akhirnya sang raja dan adiknya memeluk Islam.

64. Apa substansi dakwah Rasullah saw. pada periode Madinah? Jelaskan!
Jawaban: substansi dakwah periode Madinah adalah sebagai berikut.
a. Mendirikan pemerintahan Islam dan membangun masyarakat Islam.
b. Menerapkan hukum-hukum Islam secara kaffah.
1) Akidah Islam (keimanan)
2) Tata cara ibadah secara rinci, seperti tata cara taharah (bersuci), tata cara salat, zakat, dan haji.
3) Pembentukan hukum-hukum muamalah meliputi:
a) Pembentukan hukum keluarga, meliputi masalah waris, pernikahan, dan wasiat
b) Mengatur hukum pidana dan perdata
c) Mengatur hukum sosial, ekonomi, dan negara
d) Mengatur hubungan dengan nonmuslim (Yahudi dan Nasrani).
e) Pembentukan tentara Islam dalam rangka pembentukan khilafah islamiah (politik dalam Islam).
c. Menyebarkandakwah Islam ke seluruh penjuru dunia.
d. Konsolidasi dan pengembangan daulah Islam menjadi suatu bentuk negara adidaya.

65. Apa strategi dakwah yang dijalankan Rasullah saw. pada periode Madinah?
Jawaban:
a. Dakwah dengan mendirikan masjid
b. Dakwah dengan perjanjian dan bai’at
c. Dakwah dengan peperangan
d. Dakwah dengan korespondensi dan utusan dengan raja-raja
e. Dakwah dengan penerapan sendi-sendi hukum Islam dari segi politik, ekonomi, dan sosial kemasyarakatan.
f. Dakwah dengan akhlakul karimah Rasulullah saw. dalam kehidupan sehari-hari.

Lanjut ke soal UKK => Contoh Soal UAS PAI kelas X Semester 2 Beserta Jawaban (KTSP)
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar