Skip to main content

Contoh Soal Essay Biologi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban ~Part-6

Contoh Soal Essay Biologi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban ~Part-6 Halo adik adik semuanya, yang sedang mencari Soal Latihan Prediksi Contoh Soal Essay Biologi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban  , Nah kebetulan kakak ingin berbagi soal tersebut kepada adik adik, soal ini kakak susun sebanyak soal yang mana sudah termasuk dengan soal Pilihan ganda dan soal Essay, Setiap soal sudah kakak sertakan dengan kunci jawabannya. Sehingga bisa dijadikan sebagai bahan refrensi adik adik. Tetap semangat dan selalu berusaha yaa..

Contoh Soal Essay Biologi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban 

Contoh Soal Essay Biologi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban   - Bagi sahabat dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Contoh Soal Essay Biologi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban  , adik adik bisa belajar materi ini di sini dalam bentuk latihan soal. Berikut ini adalah rincian Contoh Soal Essay Biologi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban  .. SELAMAT BELAJAR YAA...
Contoh Soal Essay Biologi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban

merupakan posting lanjutan soal essay biologi kelas 11 semester genap bagian ke-5 (nomor 46-55) dengan materi yang sama diambil dari bab 3, yaitu soal tentang truktur dan Fungsi Jaringan Penyusun Organ pada Sistem Koordinasi, seperti soal tentang struktur dan fungsi sel  pada sistem regulasi dan kelainan yang terjadi pada sistem regulasi.

Berikut kami memberikan Contoh Soal Essay Biologi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban 

PETUNJUK UMUM

1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !


Berikut dibawah ini, soal essai biologi kelas 11 semester dua K13 edisi revisi dilengkapi kunci jawaban untuk siswa SMA/MA, dimulai dari pertanyaan nomor 56.

56. Jelaskan fungsi sel saraf sensorik!
Jawaban: Sel saraf sensorik adalah sel saraf yang mempunyai fungsi menerima rangsangan yang datang kepada tubuh atau panca indera, dirubah menjadi impuls (rangsangan) saraf, dan meneruskannya ke otak.

57. Apa saja bagian-bagian yang terdapat pada indra pengecap?
Jawaban: Bagian lidah yang berbintil-bintil disebut papilla adalah ujung saraf pengecap. Setiap bintil-bintil saraf pengecap tersebut mempunyai kepekaan terhadap rasa tertentu berdasarkan letaknya.

58. Sebutkan fungsi utama otak kecil!
Jawaban: Fungsi utama otak kecil adalah sebagai pusat kordinasi gerakan otak yang terjadi secara sadar keseimbangan dan posisi tubuh.

59. Jelaskan teradinya gerak refleks!
Jawaban: Gerak refleks adalah gerak yang tidak disengaja yang menyebabkan gerakan ini tidak melewati otak namun hanya sampai sumsum tulang belakang. Gerakan refleks misalnya terjadi saat kita mengangkat kaki karea menginjak benda runcing. Gerakan tangan saat tidak sengaja menjatuhkan buku, gerakan saat menghindari tabrakan dan lain sebagainya.
Skema gerak refleks:
Rangsangan (impuls), reseptor (indera), saraf sensorik sumsum tulang belakang saraf motoric efektor (otot).

60. Sebutkan beberapa gangguan/ penyakit pada sistem saraf!
Jawaban: Encephalitis, stroke, Alzheimer, gagar otak, afasia, dan epilepsy.

61. Gambarkan bagian-bagian sel saraf beserta fungsinya!
Jawaban:
a. dendrit adalah serabut sel saraf pendek dan bercabang-cabang. Dendrit merupakan perluasan dari badan sel, dendrit berfungsi untuk menerima dan menghantarkan rangsangan ke badan sel.
b. badan sel adalah bagian yang paling besar dari sel saraf. Badan sel berfungsi untuk menerimarangsangan dari dendrit dan meneruskannya ke akson, badan sel saraf mengandung inti sel dan sitoplasma.
c. nukleus adalah inti sel saraf yang berfungsi sebagai pengatur kegiatan sel saraf (neuron 4), neurit (akson) adalah tonjolan sitoplasma yang panjang (lebih panjang daripada dendrit), berfungsi untu menjalankan impuls saraf meninggalkan badan sel saraf neuron atau jaringan lainnya. Jumlah akson biasanya hanya satu pada setiap neuron.
d. selubung myelin adalah sebuah selaput yang banyak mengandung lemak yang berfungsi untuk melindungi akson dari kerusakan. Selubung myelin bersegmen-segmen. Lakukan di antara dua segmen disebut nodus ranvier.
e. sel Schwaan adalah jaringan yang membantu menyediakan makanan untuk neurit (akson) dan membantu regenerasi neurit (akson)
f. nodus ranvier berfungsi untuk mempercepat transmisi impuls saraf.
g. sinapsis adalah pertemuaan antara ujung neurit (akson) di sel saraf satu dan ujung dendrit di sel saraf lainnya.

62. Jelaskan fungsi nodus ranvier!
Jawaban: Nodus ranvier berfungsi untuk mempercepat tranmisi impusls saraf.

63. Jelaskan mengenai sel saraf sensorik!
Jawaban: Sel saraf sensorik adalah sel saraf yang mempunyai fungsi menerima rangsangan yang datang kepada tubuh atau panca indera. Dirubah menjadi impuls (rangsangan) saraf, dan meneruskannya ke otak. Badan sel saraf ini bergerombolan membentuk ganglia, akson pendek, dan dendritnya panjang.

64. Apakah fungsi pancreas?
Jawaban: Kelenjar ini mensekresikan glucagon, insulin dan somatostatin yang membantu dalam menjaga tingkat stabil gula (atau glukosa) dalam darah.

65. Jelaskan fungsi retina pada mata!
Jawaban: Retina berfungsi sebagai untuk membentuk bayangan benda yang kemudian dikirim oleh saraf mata ke otak.

Lanjut ke soal penilaian tengah semester genap => Contoh Soal UTS/PTS Biologi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar