Skip to main content

Contoh Soal dan Jawaban Seni Budaya Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Essay ~Part-3

Contoh Soal dan Jawaban Seni Budaya Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Essay ~Part-3 merupakan lanjutan soal essay SBK semester genap kelas 11 bagian ke-1 sampai bagian ke-2 (nomor 16-25), dimana bagian ketiga diambil dari materi Bab 1 juga dengan pertanyaan dimulai dari nomor 26 berikut ini.Halo adik adik semuanya, yang sedang mencari Soal Latihan, Nah kebetulan kakak ingin berbagi soal tersebut kepada adik adik, soal ini kakak susun soal yang mana sudah termasuk dengan soal Pilihan ganda dan soal Essay, Setiap soal sudah kakak sertakan dengan kunci jawabannya. Sehingga bisa dijadikan sebagai bahan refrensi adik adik. Tetap semangat dan selalu berusaha yaa..

Contoh Soal dan Jawaban Seni Budaya Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Essay

1Contoh Soal dan Jawaban Seni Budaya Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Essay  - Bagi sahabat dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Latihan , adik adik bisa belajar materi ini di sini dalam bentuk latihan soal. Berikut ini adalah rincian Soal Latihan. SELAMAT BELAJAR YAA...
Contoh Soal dan Jawaban Seni Budaya Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Essay

Berikut kami memberikan Contoh Soal dan Jawaban Seni Budaya Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Essay

PETUNJUK UMUM

1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !


26. Bagaimana cara mengetahui aspek perkembangan dalam seni rupa?
Jawaban: Perkembangan seni rupa dapat dilihat dari aspek kesejarahan yang merupkan rangkaian perubahan, baik dari aspek konseptual maupun aspek kebentukan

27. Bagaimanakah ciri-ciri aliran primitivisme dalam seni rupa?
Jawaban: Ciri-ciri aliran primitivisme yaitu menggambarkan sebuah subjek dengan bagian yang sangat datar dan cenderung sangat sederhana sekali, selain itu juga terikat dengan kehidupan manusia saat zaman dahulu yang cenderung primitive

28. Sebutkan beberapa tokoh seniman Indonesia yang Anda ketahui!
Jawaban: Tokoh seniman Indonesia yang menganut aliran naturalism antara lain Pirngadi, Basoeki Abdullah, Trubus Abdullah SR, Wakidi, Dullah, Rustamadji, Wahdi, dan lain sebagainya

29. Bagaimanakah bahasa estetik postmodernisme?
Jawaban: Bahasa estetik postmodernisme dalam wawancaranya mencerminkan bahwa makna pada estetika postmodern bersifat tidak stabil, mendua, dan plural. Dalam satu wacana, maka lebih ditekankan pada permainan tanda keterpesonaan pada permukaan dan diferensi, ketimbang makna-makna ideologis yang bersifat stabil dan abadi.

30. Bagaimanakah ciri-ciri aliran dekorativisme?
Jawaban: Aliran dekorativsme ciri-cirinya yaitu bersifat kegarisan, ritmis, berpola, pewarna yang rata, dan secara umum mempunyai kecenderungan yang kuat untuk menghias.

Catatan: soal nomor 31-35 adalah tentang studi kasus.

Banyak Lukisan Palsu di Indonesia


Perkumpulan Pencinta Senirupa Indonesia (PPSI) mengklaim banyak lukisan palsu para maestro seni rupa Tanah Air beredar di di pasaran sehingga perlu dicermati para kolektor dan pencinta seni lukis. "Beberapa penelurusan yang dilakukan tim kami, terdapat sindikat terstruktur memalsukan hasil karya para pelukis ternama di Indonesia yang kemudian dijual dengan harga tinggi," kata Ketua PPSI, Budi Setiadharma di Denpasar, Bali,  Jumat (22/1)

Menurut dia, beberapa pelukis ternama yang banyak dipalsukan hasil karyanya seperti S.Sudjojono, Affandi, Soedibio, Hendra Gunawan, H.Widayat dan lain-lain. "Di Bali, kasus pemalsuan lukisan pernah terjadi menimpa salah satu pelukis (maestro) terkenal yakni Nyoman Gunarsa beberapa waktu lalu," kata dia. Selain itu, Setiadharma menambahkan, sindikat pemalsu lukisan memiliki jaringan luas. Ada orang orang khusus yang mengerjakan bagian-bagian vital dalam lukisan.

Sumber tulisan: https://gaya.tempo.co/read/738624/pecinta-seni-rupa-indonesia-banyak-lukisan-palsu-beredar

Berdasarkan artikel di atas, uraikan pendapat Anda mengenai pertanyaan berikut!

31. Bagaimana sebaiknya dalam membeli lukisan asli agar tidak mendapat lukisan palsu?
Jawaban: “ Kalau ingin cari aman, ajak saja yang sudah berpengalaman atau silahkan tes di laboratorium forensic seni milik Institut Teknoogi Bandung (ITB),” kata Setiadharma memberi saran

32. Bagaimana tanggapan PPSI tentang lukisan palsu?
Jawaban: Perkumpulan Pencinta Senirupa Indonesia (PPSI) mengklaim banyak lukisan palsu para maestro seni rupa tanah air beredar di pasaran sehingga perlu dicermati para kolektor dan pencita seni lukis.

33. Milik siapa sajakah karya yang dipalsukan di Indonesia?
Jawaban: Menurut Budi Setiadharma, beberapa pelukis ternama yang banyak dipalsukan hasil karyanya seperti S Sudjojono, Affandi, Soedibio, Hendra Gunawan, H. Widayat dan lain-lain

34. Bagaimana pendapat Budi Sethiadharma tentang lukisan di Bali?
Jawaban: Di Bali, kasus pemalsuan lukisan pernah terjadi dimana menimpa salah satu pelukis (maestro) terkenal yakni Nyoman Gunarsa beberapa waktu lalu.

35. Jelaskan pihak-pihak, sehingga terciptanya lukisan palsu menurut Setiadharma!
Jawaban: Ada yang khusus melukis, memberi tanda tangan pelukis asli, menyamarkan menjadi agak klasik dan masih banyak lainnya.

Lanjut ke soal nomor 36-50 => Contoh Soal dan Jawaban Seni Budaya Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Essay ~Part-4
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar