--> Skip to main content

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Dengan Bahan Alami Secara Tradisional

Semua orang pasti ingin rambutnya tebal, hitam, dan berkilau. Rambut sehat merupakan nilai plus untuk menunjang penampilan, karena mudah dilihat dan menjadi pusat perhatian. Padahal, untuk pria, wanita akan terlihat lebih cantik jika memiliki rambut sehat, berkilau dan lebat.

Namun, bagaimana jika Anda memiliki masalah rambut ronntok yang berlebihan? Kerontokan rambut adalah masalah bagi banyak orang, jadi bukan hanya Anda yang harus menghadapinya. Rambut umumnya mencapai hingga 100 ribu helai rambut, dan masih dikatakan normal jika per hari ada yang kehilangan nilai hingga 100 helai rambut. Nah, jika itu lebih dari jumlah itu, maka Anda harus mencoba bagaimana mengatasi kerontokan rambut yang berlebihan.
Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Dengan Bahan Alami Secara Tradisional

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Tradisional

Anda tidak bisa mengatasi masalah rambut rontok dalam sekejap. Dibutuhkan ketepatan untuk memecahkan masalah ini secara langsung di root. Ada beberapa langkah yang harus Anda lewati jika ingin mengetahui bagaimana mengatasi kerontokan rambut yang berlebihan.

Rambut Rontok yang berlebihan? Temukan Penyebabnya

Penyebab rambut rontok bervariasi. Bisa juga karena faktor keturunan, perubahan hormonal, hamil, lelah secara fisik dan mental dan infeksi pada kulit kepala. Masalah lain yang memicu kerontokan rambut adalah karena penyakit alopecia areata, penggunaan berbagai obat karena pengobatan penyakit tertentu, masalah hipertiroid, karena tata rambut seperti melukis dan keramas berlebihan, atau bahkan rambut kurang gizi.

Menemukan penyebab pertama sangat penting. Misalnya, jika Anda hamil, dan rambut rontok begitu banyak, Anda tidak perlu panik. Ini normal, karena bisa disebabkan dehidrasi, kelelahan, dan hormon tak seimbang.

Dengan mengetahui penyebabnya, akan lebih efektif bagi Anda untuk mengetahui bagaimana mengatasi rambut rontok.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Memperhatikan Kerusakan Rambut

Pada rambut rontok dan kering, perlu ketepatan bagian mana dari rambut yang paling sering rontok. Daerah itu harus dicari. Daerah yang paling sering mengalami kerontokan rambut akan menyebabkan penipisan rambut, sehingga mudah diamati. Kemudian, Anda harus mengecek kondisi kulit kepala di sekitar daerah tersebut.

Ciri-ciri Kelebihan Rambut Rontok Itu Perhatikan Berapa Banyak Rambut Rontok 
Rambut Rontok Saat Anda menyisir, mencuci, mandi, atau bangun tidur, kerontokan rambut sering terjadi. Untuk itu, Anda harus melihat jumlah rambut rontok, apakah itu meningkat setiap hari atau tidak.

Kerontokan Rambut Beresiko Akibat Faktor Medis
Padahal, masalah kerontokan rambut yang begitu berlebihan bisa diatasi dengan mengetahui faktor medis yang sedang terjadi. Anda harus memeriksa bagaimana kondisi fisik atau medis lainnya, apakah mempengaruhi kesehatan rambut yang sering rontok atau tidak.

Konsultasikan dengan dokter Anda, karena saat rambut sering rontok dan dalam jumlah terlalu banyak, bisa jadi pertanda ada masalah kesehatan yang tidak disadari.

Cara Merawat Rambut Rontok Berlebih Dengan Memperhatikan Cara Menyisir
Kerontokan rambut yang berlebihan juga bisa terjadi karena kurang memperhatikan cara menyisirnya. Perbaikannya adalah mencoba menyisirnya dengan hati-hati. Anda sebaiknya tidak menyisir rambut yang masih dalam kondisi basah. Dalam kondisi seperti itu, rambut jadi mudah pecah sehingga sering rontok.

Sisir berukir sangat efektif mencegah rambut rontok, karena bisa mengurangi kusut. Gunakan sisir biasa jika Anda hanya ingin merapikan rambut Anda.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Mengetahui Cara Mengeringkan Rambut Dengan Benar
Jika rambut Anda sering rontok, apalagi setelah mandi, pastikan bahwa Anda tidak melewatkan prosedur yang salah, terutama saat mengeringkan rambut. Setelah keramas, rambut yang ingin dikeringkan dengan handuk sebaiknya digosok perlahan.

Sebab, gosok rambut terlalu cepat dan kasar bisa membuat rambut rontok. Pemilihan handuk juga sangat penting. Sebaiknya gunakan handuk lembut dan bisa menyerap air dengan maksimal.

Salah Satu Solusi Rambut Rontok Yaitu Sering Membersihkan Sisir
Jika masalah kerontokan rambut terjadi karena infeksi di kulit kepala, bisa jadi karena Anda kurang memperhatikan kebersihan sisir. Sisir Anda harus dibersihkan setiap minggu. Cara ini penting untuk menghindari sisir kotor dan bahkan berbakteri yang bisa memicu masalah infeksi. Bersihkan sisir dengan benar dengan menggunakan air, sabun, dan juga sikat. Anda bisa mencuci dan membersihkan sisir saat mandi.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Menggunakan Hot Oil Treatment
Pengobatan minyak panas bermanfaat bagi anda yang ingin mengatasi masalah rambut rontok. Ada banyak minyak sayur yang bisa Anda gunakan seperti minyak hazelnut yang baik untuk rambut rontok dan rambut botak, minyak almond, minyak zaitun yang juga baik untuk rambut anak, serta minyak alpukat yang menggunakan manfaat alpukat untuk rambut rontok.

Selain minyak ini, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa dengan manfaat VCO untuk bayi dan bayi.

Cara menggunakannya adalah dengan menggunakan minyak tapi dipanaskan. Lalu, pijat di daerah kulit kepala dengan lembut. Cara ini bisa dilakukan satu minggu dua kali. Cara ini diyakini bisa mempercepat peredaran darah di daerah kepala sehingga folikel rambut tetap aktif, memberi nutrisi pada rambut, dan menguatkan akar rambut agar tidak mudah rontok.

Itulah beberapa informasi tentang bagaimana mengatasi kerontokan rambut yang berlebihan dengan bahan tradisional dan alami. Semoga bermanfaat
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar