--> Skip to main content

Cara Memakai Pensil Alis Tanpa Mencukur Alis

Alis adalah salah satu poin penting di wajah kita. Itulah sebabnya banyak wanita yang fokus menghadapi riasan pada pembentukan alis, misalnya dengan cara sulaman alis itu sendiri atau cara apapun untuk membentuk alis alami. Banyak wanita yang merasa kurang sempurna saat keluar rumah dengan alis yang tidak terbentuk dengan baik. Bentuk alis bisa memperbaiki penampilan wajah bila dibuat sesuai dengan bentuk wajah. Alis dengan bentuk yang tepat bisa menyeimbangkan proporsi wajah, dan membingkai mata dan wajah dengan baik. Tidak ada bentuk alami alis alami antara satu orang ke orang lain, karena terkadang bentuk alis harus disiasati agar bisa menunjang penampilan keseluruhan wajah.

Untuk mendapatkan bentuk alis kanan, biasanya didapat dengan mencukur, mengeluarkan atau dengan waxing dan menggunakan benang, atau menggunakan manfaat es batu untuk alis. Tapi ini, selain membawa rasa sakit juga memiliki risiko jika bentuk alis yang dicabuti tidak akan sama satu sama lain. Atau membuat kesalahan saat bercukur jadi harus mencari cara untuk memanjang alis kembali dengan cepat. Banyak wanita juga menghindari mencukur alis tapi hanya membentuknya dengan pensil alis saja, namun terkadang bentuknya masih kurang sesuai untuk wajah sehingga hasilnya menjadi kurang maksimal. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dijadikan panduan bagaimana membentuk alis bercukur yang sempurna, yang bisa Anda ikuti.

Cara Memakai Pensil Alis Tanpa Mencukur Alis

Membuat Lengkungan Alis

Cara menentukan kelengkungan alis bisa dilakukan dengan bantuan pensil alis, pilihlah merek pensil alis mata air yang bisa mendukung hasil riasan maksimal dengan langkah - langkahnya sebagai berikut:

  1. Buatlah titik awal yang akan menjadi awal dari sebuah pola alis. Titik awal alis terletak di ujung mata bagian dalam dan sejajar dengan hidung.
  2. Langkah kedua adalah menentukan titik lengkung alis. Gunakan pensil alis dengan memegangnya di arah diagonal. Letakkan ujung bawah pensil di ujung hidung sementara ujung lainnya diposisikan tepat di depan bola mata Anda. Bagian atas lengkungan adalah ujung pensil yang menyentuh alis.
  3. Langkah selanjutnya adalah menentukan titik akhir alis dengan memegang pensil tetap diagonal. Letakkan tepi bawah pensil di tengah bibir. Posisikan pensil di sebelah hidung, letakkan tepi atas pensil di sudut luar mata. Ujung alis adalah bagian dari alis yang terpapar pensil.


Alis yang indah bisa didapat meski tanpa perlu dicukur berkali-kali. Kesalahan alis bisa jadi penyebab alis tipis, meski manfaat bercukur alis yang benar bisa membuat wajah terlihat sempurna. Anda bisa membentuk alis dengan menggunakan alat make up biasa. Beberapa cara untuk membentuk alis tanpa cukur adalah:

Langkah pertama


  1. Bersihkan alis dulu dari semua kotoran dan istirahat make up.
  2. Siapkan master liner (eyeliner tebal), sikat alis, pensil alis cokelat, dan spons bubuk.
  3. Gunakan master liner untuk membentuk alis di tengah alis mata.
  4. Campur garis yang dibentuk dengan master liner menggunakan sikat alis untuk memberi efek bulu yang habis-habis.
  5. Buatlah bentuk alis untuk membuat bulu mata terlihat rapi dengan pensil alis mulai dari garis alis luar bagian atas dan bawah.
  6. Gunakan sikat alis untuk menyikat alis dengan lembut.
  7. Trim garis alis menjadi bentuk yang sama dengan menggunakan spons bubuk. Untuk melebatkan alis, cobalah manfaat mentega untuk alis dan daun seledri bermanfaat bagi alis.


Cara kedua

  1. Kenali bagaimana sebenarnya wajah Anda untuk menentukan alis Anda sesuai. Tidak semua bentuk alis bisa disesuaikan dengan bentuk wajah tertentu, jadi Anda harus pandai mencocokkan bentuk alis dengan bentuk wajah. Bentuk alis kanan akan menonjolkan kelebihan pada wajah, dan menutupi kekurangan wajah.
  2. Tentukan sudut, dasar dan garis start alis, serta panjang alis dan ketebalan yang sesuai untuk wajah Anda. Tentukan apakah alis berbentuk lurus atau melengkung cocok untuk bentuk wajah Anda sehingga bisa menonjolkan kelebihannya.
  3. Setelah memastikan bentuknya, gambar alis sesuai dengan bentuk pilihan Anda. Coba juga manfaat sirih untuk alis, manfaat kemiri untuk alis dan manfaat vaseline untuk alis.

Cara ketiga


  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat bingkai alis dengan garis halus. Bingkai alis ditarik mulai dari dasar alis dengan bentuk miring ke atas. Begitu garis itu sampai ke sudut atas alis, maka gambarnya sampai ke ujung alis. Jangan membuat garis tebal di ujung alis karena hasilnya tidak akan terlihat alami.
  2. Tidak semua alis rambut akan ditutupi oleh garis yang Anda buat, mungkin ada beberapa bulu alis yang berada di luar bingkai. Untuk menutupinya, Anda bisa menggunakan foundation yang sesuai warna kulit.
  3. Isi garis di dalam bingkai rangka alis dengan warna hitam atau coklat sesuai pilihan Anda. Mulai dari bagian tengah sampai bagian bawah alis dan usahakan agar warnanya tidak terlihat kental agar terlihat natural.
  4. Berikan foundation matte atau eyeshadow di bawah alis agar terlihat rapi dan bebas dari bulu alis yang berantakan. Anda bisa merapikan alis Anda dengan menggunakan baby oil untuk alis, dan manfaat minyak kelapa untuk alis.

Tips Dasar Menggambar Alis

Sebelum mencoba membentuk alis untuk membingkai wajah, pada dasarnya ada beberapa metode tertentu yang perlu dipelajari atau diketahui, antara lain:
  1. Dasar-dasar menggambar alis pada prinsipnya adalah menghubungkan tiga titik utama alis bagian dalam, lengkungan dan juga alis luar. Usahakan mempercantik alis dengan menggambar garis yang terbuat dari pensil alis atau eyeshadow yang dekat dengan garis alami eyeshadow sehingga bentuknya tetap terlihat natural.
  2. Gunakan alis atau pensil eyeshadow untuk mengisi alis dengan tekanan lembut dan membentuk garis halus. Mulailah dengan posisi di dasar alis dan tetap dukung ke ujung alis. Cat alis lebih terkonsentrasi pada ujung dan lengkungan alis. Beri warna tipis pada bagian dasar alis di dekat hidung untuk memberi kesan tiga dimensi dan tetap menunjukkan bulu alis alami. Anda bisa mencoba manfaat uring aring agar alis terlihat lebih tebal dan hitam.
  3. Jika ada kesalahan dalam proses menggambar alis maka Anda bisa menggunakan ujung gendang telinga yang diaplikasikan sedikit concealer untuk mengeluarkannya. Cocok juga bisa menghaluskan alis yang terlihat terlalu tebal sehingga bentuk alis menjadi kaku.
  4. Mata besar cocok dengan alis yang terbentuk tebal untuk menyeimbangkan bentuk mata, sedangkan mata kecil atau sempit perlu disesuaikan lagi sehingga tidak setebal pemilik mata besar. Usahakan manfaat tomat untuk alis sebagai cara penebalan alis.
  5. Ukuran bibir juga mempengaruhi bentuk alis, karena ada teori yang menyatakan bahwa ketebalan alis harus disamakan dengan ketebalan bibir bagian atas. Ada juga cara menebal alis dengan kemiri yang bisa Anda coba.
  6. Jika alis Anda rendah dan di dekat mata, bentuk alisnya harus sedikit terangkat untuk memberi kesan sedikit pada area tersebut. Sebaliknya, jika garis alis tinggi dan ada ruang antara mata dengan tulang alis, maka alis tebal bisa menyeimbangkan penampilan.
  7. Pilih pensil alis yang sesuai dan nyaman digunakan dalam hal bentuk dan tekstur. Warna coklat tua cocok untuk kebanyakan orang. Jika warna rambut Anda hitam atau coklat sebaiknya hindari warna hitam pensil pensil alis, karena akan memberi kesan wajah garang.
  8. Jangan menarik atau membentuk alis dengan tekanan kuat dan terlalu kencang karena alis tidak akan terlihat alami, tapi rasanya kaku. Gambarkan alis dengan tekanan halus agar bisa berbaur dengan bulu yang ada.
  9. Pensil alis yang terlalu lembut atau mudah pecah Anda bisa mengulitinya kembali dengan menyimpannya di kulkas.
  10. Pewarna mata juga bisa digunakan untuk menarik alis karena memberi tampilan lebih lembut dan alami, berbeda dengan pensil alis yang akan menekankan dan membentuk bentuknya. Ada juga manfaat bawang merah untuk alis yang bisa dicoba untuk mengobati alis secara alami. 

Bentuk – Bentuk Alis
Perkembangan fashion akan menciptakan tren yang berubah sesuai dengan apa yang dicintai pada saat tertentu. Begitu pula dengan bentuk alis yang populer, juga akan berubah seiring perkembangan zaman. Tapi tidak peduli tren apa yang sedang terjadi, pembentukan alis harus disesuaikan dengan bentuk wajah yang sempurna. Perlu diingat, bentuk alis ada yang beragam dan tidak hanya bisa dibuat dengan satu jenis model saja. Beberapa bentuk alis tertentu juga hanya cocok bila digunakan dengan bentuk wajah tertentu juga. Misalnya seperti bentuk alis berikut:

  1. Shape Line Shape - Bentuk alis ini cenderung lurus, persis seperti bentuk alami yang disukai oleh remaja dan sangat cocok untuk bentuk oval dan bulat.
  2. Celurit - Ini adalah bentuk alis yang sedikit menukik ke atas, bentuknya jatuh ke bawah. Bentuknya yang kurang alami juga membuat wajah terlihat kurang alami juga, namun jika Anda bisa membentuknya dengan baik, hasilnya akan sepadan dengan usaha membuat wajah terlihat cantik. Bentuk ini cocok untuk semua bentuk wajah.
  3. Bentuk Square - Bentuk ini hampir sama dengan bentuk celurit, bedanya di tepi awal alis yang cenderung membentuk kotak dan membentuk alis yang lebih panjang. Semua bentuk wajah cocok dengan gaya alis ini, tapi tidak untuk wajah bulat dan pipi karena akan membuat wajah terlihat lebih terkandung.
  4. Sayap burung - Alis dengan bentuk ini lebih cenderung memiliki garis pendek, jadi terkesan lebar. Sangat cocok untuk alis wajah bulat atau lebar, tapi tidak bagi mereka yang memiliki mata sempit.
  5. Sharpie - Ini adalah bentuk alis yang paling populer dan banyak digunakan karena sangat cocok untuk semua bentuk wajah. Bentuknya yang apik dan terkesan simple masih bisa membingkai mata dan wajah dengan baik.
  6. Alis tipis - Bentuk alis ini sangat tipis seperti tongkat yang mengingatkan pada bentuk alis populer yang banyak digunakan pada tahun 90an sampai awal tahun 2000an. Bentuk alis ini mirip dengan bentuk tongkat, namun bentuknya cenderung lurus dan tidak terlalu melengkung.
  7. Pelangi alis - Apakah alis yang melengkung seperti pelangi dan berbentuk simetris. Jika Anda memiliki bentuk alis yang panjang, akan mudah untuk membentuknya. Bentuk ini bisa menguatkan tampilan wajah karena mampau membingkai wajah dengan intens.
  8. Alis - Bentuk alis ini menyerupai gunung, mirip alis celuritic namun dengan bentuk lengkung 
  9. yang lebih menukik. Bentuk ini akan memberikan kesan dramatis yang sangat kuat, apalagi jika dikombinasikan dengan riasan smokey eyes bernuansa.

Kesalahan Penggunaan Pensil Alis
Alat paling favorit yang digunakan untuk membentuk atau menggambar alis biasanya adalah pensil alis, karena sangat praktis dan cepat dipakai. Namun tak sedikit kesalahan yang dilakukan para pemula terkait penggunaan alis pensil. Kenali kesalahan apa yang biasanya terjadi dengan penggunaan pensil alis, sehingga Anda bisa menghindarinya.

  1. Garisnya terlalu panjang dan tebal - Untuk membuat gambar alis yang sempurna, yang terbaik adalah menggambar garis pendek dan tipis. Gambarkan garis lurus dengan pertumbuhan bulu alis sehingga akan terlihat bagian rambut alis yang asli. Jagan menggambar garis alis dengan sapuan panjang dan tebal, karena hasilnya tidak akan terlihat natural tapi terlihat palsu.
  2. Pensil terlalu runcing - Ujung runcing pensil akan membuat alis Anda terlihat terlalu jelas. Gunakan pensil alis yang sudah sedikit kusam untuk melunakkan garis yang dihasilkan, dan juga akan membuat hasilnya terlihat natural.
  3. Tidak Diblend - Jika Anda bingung mengapa bentuk alis tidak terlihat alami, mungkin inilah alasan Anda lupa memadukan hasil pensil alis yang pernah Anda lakukan sebelumnya. Teknik pencampuran ini akan menyatukan garis kasar alis hingga hilang dan membentuk garis halus dan alami. Baurkan dengan menggunakan sisir alis, dalam arah yang sama dengan pertumbuhan alis rambut.
  4. Warnanya terlalu gelap - Pensil pilihan warna pensil alis adalah hal klasik yang sering terjadi. Cara memilih warna pensil alis yang tepat adalah memilih warna yang satu atau dua tingkat lebih terang dari rambut Anda, sehingga tampilan alis akan lebih lembut dan alami.
  5. Tidak menggunakan kit alis - Menggunakan lebih banyak alat untuk menarik alis, akan memberikan hasil yang lebih baik karena setiap alat memiliki fungsi yang berbeda yang saling melengkapi. Misalnya, pensil alis untuk menggambar pola alis, bedak alis digunakan untuk mengisi alis yang kosong, dan gel alis yang bisa mengunci riasan agar bertahan lebih lama.

Apapun bentuk alis yang Anda pilih, pastikan Anda menariknya secara simetris di kedua sisi untuk memaksimalkan tampilan wajah. Jika Anda ragu tentang bentuk yang tepat, Anda harus berlatih beberapa kali sampai Anda dapat menemukan bentuk yang sesuai dengan wajah Anda, dan Anda juga bisa belajar dari berbagai video tutorial yang tersebar di internet dan juga dari para ahli kecantikan. Selalu ingat bahwa kurang lebih, jadi jangan lakukan itu dengan berlebihan untuk membuat kesan wajah jadi aneh dan tidak cocok dengan makeup lain dengan bentuk alis. Atau hanya menghilangkan fungsi alis manusia dengan cara mencukur sehingga menjadi botak.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar