--> Skip to main content

10 Tips Mudah Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Tidak Sedap

Tips Mudah Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Tidak Sedap- Pernahkah Anda mencium kaki Anda setelah seharian beraktifitas? Hmm .. biasanya ada bau busuk yang berbau, bukan? Tentunya Anda akan merasa tidak nyaman saat melepas sepatu yang Anda gunakan saat ada orang lain di sekitar Anda. Karena biasanya bau tak enak di kaki kita, akan menyebar ke seluruh ruangan tempat kita berada.

Bau kaki disebabkan oleh penumpukan bakteri yang berkembang biak di kaki yang lembab. Karena itu, sebaiknya Anda mengatasi masalah bau di kaki ini. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan orang lain dan bahkan Anda sendiri merasa tidak nyaman karena bau tak sedap pada kaki Anda, ayo lakukan beberapa langkah mudah untuk mengatasi bau di telapak kaki berikut ini:

1. Cuci kakimu dengan sabun antiseptik
10 Tips Mudah Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Tidak Sedap

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencuci kaki dengan sabun antiseptik. Hal ini dilakukan untuk membersihkan kaki dari kotoran apapun, seperti debu dan keringat. Sehingga kaki akan lebih siap dalam proses perawatan selanjutnya. Caranya adalah basuhlah kaki dengan air mengalir, lalu oleskan sabun busa ke seluruh telapak kaki. Kemudian gosok seluruh telapak kaki termasuk antara jari dan kuku dengan sikat kaki khusus. Setelah itu bilas telapak kaki dengan air mengalir sampai bersih.

2. Rendam telapak kaki dengan larutan air garam epsom
10 Tips Mudah Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Tidak Sedap

Garam epsom mengandung zat yang bisa meringankan kelelahan di kaki, menghidrasi kulit agar lebih lembab, dan bisa membunuh bakteri penyebab bau di kaki. Anda harus merendam telapak kaki sebelum tidur di malam hari. Agar kaki Anda benar-benar beristirahat dan bisa menyerap nutrisi dari bahan dalam bak air. Yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan air hangat dalam wadah bersih dengan ukuran yang tepat untuk merendam kaki Anda. Kemudian masukkan 3-5 sendok makan garam epsom, bisa menambahkan aroma penting yang ingin Anda tambahkan sensasi kesegaran. Rendam kaki Anda selama 30 menit. Kemudian keringkan dengan handuk bersih tanpa harus membilas terlebih dahulu.

3. Gosok kaki menggunakan teh hijau
Teh hijau memiliki zat yang mampu mengencangkan pori-pori pada kulit. Dan memiliki kandungan anti oksidan yang mampu menyingkirkan radikal bebas yang bisa menempel pada kulit. Selain itu, teh juga bisa melembabkan dan menghaluskan telapak kaki Anda. Sehingga kaki Anda bisa lebih halus, lembut dan lentur. Anda hanya perlu menyiapkan 3-5 sendok teh bubuk teh hijau, atau Anda bisa menggunakan kantong teh bekas. Campur dengan 3-5 sendok makan gula, beri sedikit minyak zaitun atau minyak kelapa murni. Aduk sampai halus lalu oleskan ke seluruh bagian kaki sambil digosok perlahan dengan gerakan melingkar. Lakukan selama 10 menit pada setiap kaki, lalu diamkan selama 15 menit lalu bersihkan tanpa menggunakan sabun.

4. Oleskan krim kaki
Krim kaki mengandung zat yang bisa memberi nutrisi pada kulit pada telapak kaki. Foot cream bisa membuat kaki Anda tetap sehat, lembab, lembut, halus dan kenyal. Sehingga Anda bisa terhindar dari kulit kaki yang kasar dan retak. Ini juga bisa membantu Anda dalam mengatasi bau di telapak kaki. Setelah Anda mengambil langkah di no. 1-3, Anda harus masten telapak kaki terlebih dahulu termasuk di sela-sela jari. Karena kaki yang lembab atau basah merupakan lahan yang tepat bagi bakteri untuk berkembang biak. Setelah itu oleskan krim kaki ke seluruh bagian kaki termasuk sela-sela jemari. Tutup kakimu dengan kaus kaki bersih. Biarkan semalam agar nutrisi dalam krim kaki bisa meresap lebih lama ke dalam kulit kaki Anda.

5. Semprotkan spray khusus kaki
Kini ada semprotan khusus untuk mengatasi bau pada kaki. Tapi bukan berarti Anda tidak menjaga kesehatan kaki ya. Anda tetap harus membersihkan dan memelihara kaki secara teratur setiap hari. Agar kaki Anda tetap sehat dan hindari bau kaki. Semprotan ini bisa anda gunakan sesaat sebelum menggunakan sepatu. Kandungan di dalam semprotan, bisa mencegah bakteri yang menyebabkan bau bertambah banyak. Kaki Anda akan tetap segar dan kering.

6. Menjaga sepatu bersih
Selain merawat telapak kaki Anda, ada hal lain yang harus Anda lakukan. Itu adalah sepatu pembersih yang sudah Anda gunakan. Cuci sepatu seminggu sekali, cara mencuci mereka disesuaikan dengan bahan sepatu. Dan hati-hati di mana sepatu tidak dicuci, Anda harus menganginkan sepatunya. Jaga agar sepatu tetap kering dan baunya pada sepatu juga bisa menguap. Ganti sepatu Anda setiap dua hari sekali. Cuci sepatu yang tidak Anda gunakan. Sesuaikan cara mencuci sepatumu dengan jenis bahan sepatu Anda, atau Anda bisa mengunjungi binatu sepatu yang sudah mulai banyak dimana-mana. Bila Anda belum sempat mencuci, sebaiknya gunakan sepatu udara yang ditayangkan untuk mengeringkan keringat yang menempel pada sepatu. Lalu semprotkan wewangian khusus untuk mengatasi bau tak sedap di sepatu.

7. Rutin ganti sol bagian dalam sepatu.

Sol sepatu bagian dalam sering diabaikan. Meski sol sepatu jika tidak diganti maka akan menjadi sarang bagi bakteri untuk berkembang biak. Jadi bisa menyebabkan bau pada kaki Anda. Oleh karena itu Anda harus rajin mengganti bagian dalam sepatu setiap sebulan sekali. Dan pilihlah jenis sole sepatu yang mengandung anti jamur, dan memiliki bentuk yang mengikuti lekukan kaki sehingga bisa menunjang kaki dengan benar.

8. Menggunakan kaus kaki dengan kapas
Jika Anda adalah pengguna sepatu yang membutuhkan kaus kaki, pilih kaos kaki yang 100% katun. Sehingga kaos kaki Anda bisa menyerap keringat dengan baik. Kaus kaki katun ini juga sudah dilengkapi dengan anti bakteri. Harganya sedikit lebih mahal dibanding kaus kaki katun lainnya. Tapi Anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan harga dan tentunya dengan kualitas bagus. Menggunakan kaus kaki ada aturan. Anda harus mengganti kaus kaki setiap hari. Agar kesehatan kaki Anda terjaga dan sepatunya aman dari masalah bau karena bakteri dari keringat menempel pada kaus kaki.

9. Perhatikan kondisi kuku kaki
10 Tips Mudah Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Tidak Sedap

Kuku kaki juga merupakan salah satu hal yang harus Anda perhatikan. Kuku kaki tidak boleh panjang dan bersih. Potong kuku dengan rapi, bersihkan sela-sela kuku dengan sabun dan disikat sampai bersih. Jangan abaikan kebersihan kuku kaki Anda, karena kuku kaki yang kotor juga memicu terjadinya bakteri penyebab bau di kaki. Anda juga bisa melakukan perawatan kuku atau pedikur di salon. Biasanya perawatan kuku ini dilengkapi dengan krim anti bakteri dan lotion. Jadi untuk menjaga kesehatan kuku dan kaki Anda dan hindari kaki dari bau.

10. Jangan gunakan sepatu basah
Selama musim hujan, biasanya kendala yang dihadapi adalah saat mengeringkan sepatu yang akan menjadi lebih sulit dikeringkan. Selain berkeringat, sepatu basah akan menyebabkan bakteri tumbuh lebih cepat. Agar kaki dan sepatu Anda bisa lebih mudah cepat tercium. Karena itu sebaiknya benar-benar mengeringkan sepatumu sebelum digunakan. Anda bisa mengeringkan sepatumu dengan menggunakan pengering rambut. Tapi jika Anda tidak memiliki pengering rambut atau mungkin pengering rambut Anda rusak, Anda bisa menyimpan sepatu di belakang lemari es. Panas yang dilepaskan oleh mesin kulkas bisa membantu Anda mengeringkan sepatu basah Anda. Jadi Anda bisa menggunakan sepatu keesokan harinya dengan nyaman.

Itulah beberapa langkah mudah untuk mengatasi aroma tak sedap pada telapak kaki. Rawatlah kaki Anda supaya tetap sehat, lembut, halus, kenyal dan tidak berbau. Jika Anda memiliki pengalaman lain dalam mengatasi bau pada kaki, silahkan berikan pendapat Anda pada kolom komentar yang tersedia.terima kasih.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar