--> Skip to main content

10 Lulur Alami Pengantin Tradisional Buatan Sendiri Untuk Persiapan Pernikahan

Resep Lulur Alami Pengantin Tradisional Buatan Sendiri Untuk Persiapan Pernikahan - Kulit tubuh yang bersih, terawat dan segar adalah kulit yang setiap orang didambakan. Perawatan kulit tidak cukup hanya dengan menggunakan sabun dan body lotion, loh! Kulit membutuhkan rutinitas perawatan ekstra yang dilakukan seminggu sekali atau seminggu sekali, misalnya melakukan scrub, masker dan scrub, terutama bagi Anda yang akan menggelar pernikahan.

Scrub bisa kita gunakan untuk membantu pengelupasan sel kulit mati pada tubuh dan menghilangkan kotoran yang menempel pada pori-pori yang tidak bisa ditangani dengan sabun mandi. Selain itu, scrub juga bisa mempercepat regenerasi kulit sehingga kulit akan terlihat segar, sehat dan bersinar. Sudah ada banyak scrub siap pakai yang ada di pasaran, tapi, tidak ada salahnya jika Anda mencoba membuat lulur sendiri. Khusus untuk Anda yang berencana menikah, ayo pakai scrub natural buatan sendiri! Berikut adalah beberapa bahan utama dan cara membuat scrub alami secara alami ala Blog vani

Menjelang Hari Pernikahan, Ayo Pakai 10 Lulur Alami Buatan Sendiri Ini 

1. Kulit Jeruk
10 Lulur Alami Pengantin Tradisional Buatan Sendiri Untuk Persiapan Pernikahan

Jeruk mengandung cukup vitamin C yang cukup baik untuk tubuh. Selain minuman yang dibuat, jeruk juga bisa untuk campuran puding, kue dan sebagainya. Selain dagingnya, kulit jeruk juga bermanfaat untuk kulit, loh! Kulit jeruk mengandung vitamin A, vitamin C, flavonoid dan antioksidan. Manfaat kulit jeruk adalah memutihkan kulit, menyeimbangkan kondisi kulit dan mengurangi kelebihan produksi minyak pada kulit.

Cara membuat scrub alami buatan sendiri dengan kulit jeruk memang gampang. Anda hanya ambil kulit dari setiap jenis kulit lemon dan lemon dan kemudian di bekas luka sisi luar. Campurkan 3 sendok makan biji bunga matahari. Kemudian campurkan kulit jeruk parut dan kulit lemon dan biji bunga matahari dengan 3 sendok makan oatmeal, 3 sendok makan garam laut, minyak atsiri dan minyak almond secukupnya.

Setelah itu, aduk rata ramuan sebelum dioleskan ke seluruh tubuh sambil melakukan pijatan ringan. Diamkan scrub selama 30 menit atau sampai meresap ke dalam kulit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara teratur selama satu atau dua minggu agar kulit Anda selalu bersih dari kotoran dan sel kulit mati.

2. Gula
Gula biasanya digunakan sebagai pemanis berbagai minuman dan makanan. Tapi, selain dikonsumsi, gula juga sangat baik untuk kulit karena bisa membuat kulit lebih putih, halus dan bersinar. Gula mampu mengangkat sel kulit mati, mengangkat kulit kasar dan bisa mengendalikan produksi minyak pada kulit. Anda cukup mencampur 5 sendok makan madu, 3 sendok makan gula putih kasar. Aduk sampai halus lalu oleskan scrub tubuh. Lakukan dengan gerakan rotasi dengan pijatan ringan. Kemudian diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

3. Kopi
10 Lulur Alami Pengantin Tradisional Buatan Sendiri Untuk Persiapan Pernikahan

Kopi biasanya dinikmati di siang hari agar tidak mengantuk atau minum di malam hari saat Anda perlu 'ekstra melek', entah itu melakukan pekerjaan rumah, menonton bola atau menonton film korea. Tapi, ternyata, tidak hanya untuk konsumsi saja, kopi juga bagus untuk kesehatan kulit, loh! Kopi bisa mengurangi keriput, menghaluskan kulit, menghilangkan sel kulit mati, menghilangkan bau badan dan mengurangi produksi minyak pada kulit. Cara membuat scrub buatan alam dengan kopi adalah, siapkan wadah bersih. Kemudian, sertakan 2 cangkir kopi bubuk, 3 sendok makan minyak zaitun dan 1 gelas oatmeal, aduk sampai merata sampai berbentuk pasta. Setelah itu, oleskan lulur ke seluruh tubuh. Lakukan pijatan ringan dengan gerakan rotasi sehingga kotoran pada pori-pori bisa diangkat. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

4. Kunyit
Kunyit scrub awalnya digunakan oleh putri keraton. Tapi sekarang ada yang bisa menggunakannya. Selain mengangkat sel kulit mati, gosok kunyit akan membuat tubuh Anda menjadi rileks karena aliran darah lebih lancar. Anda akan merasakan diri Anda sejak penggunaan pertama kulit tubuh semakin halus, bau badan hilang dan kulit terlindungi dari gatal akibat jamur. Cara bikin lulurnya cukup mudah. Pertama, siapkan 2,5 sendok makan tepung beras, 3 segmen jari kunyit, 1 jari segang kencur, 1 jari temugiring, 1/4 lembar daun pandan iris tipis, lalu air secukupnya. Kemudian, campurkan semua bahan sampai halus dan menjadi pasta kental, lalu tuangkan dalam mangkuk kecil. Oleskan scrub tubuh sampai merata, diamkan setengah kering. Akhirnya, gosok scrub dengan gerakan rotasi yang lembut ke lulur jatuh seiring dengan sel kulit mati yang bisa membuat kulit terlihat kusam. Setelah itu, bilas scrub dengan air hangat sampai bersih.

5. Almond
Almond kaya akan vitamin E ekstra, vitamin B kompleks dan asam lemak omega-3 sangat baik untuk kulit, rambut dan seluruh tubuh. Almond bisa membuat kulit lebih bercahaya karena kandungan vitamin E di dalamnya. Vitamin E juga merupakan salah satu jenis antioksidan yang baik yang dapat mencegah terjadinya kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dan juga paparan sinar matahari. Selain itu, almond juga mengandung protein dan berbagai vitamin yang akan menjaga kadar air di kulit agar tetap lembab dan melembutkan kulit.

Cara menggunakan almond menjadi scrub alami buatan sendiri cukup mudah kok kok. Anda hanya perlu menyiapkan 1/2 cangkir garam laut, 1/4 sendok teh minyak esensial almond, 1/2 cangkir kopi bubuk, 1/2 cangkir gula merah dan 1/2 gelas minyak almond. Masukkan semua bahan dalam wadah bersih dan aduk hingga merata. Anda bisa mengatur berapa banyak minyak, gula dan garam tergantung pada konsistensi yang Anda inginkan dan kemudian gunakan seperti melakukan scrub pada umumnya. Jika Anda ingin mendapatkan keharuman almond lebih konsentrat, tambahkan minyak almond dan simpan di kulkas dalam semalam.

6. Minyak Kelapa
Siapa bilang minyak kelapa hanya bisa digunakan untuk menggoreng makanan saja? Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai bahan dasar scrub buatan alam. Cara menyiapkan: Siapkan 1/2 cangkir minyak kelapa murni, 3 sendok makan bubuk coklat segar, 1 gelas gula merah, 1/2 sendok teh kelapa esensial dan 1 sendok teh ekstrak vanili. Campur semua bahannya sampai terbentuk konsistensi yang Anda inginkan. Kemudian, gunakan scrub ke seluruh tubuh dan lakukan pijatan ringan dengan gerakan rotasi yang akan membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada pori-pori. Diamkan selama 15 sampai 30 menit, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

7. Beras
Beras dan madu bermanfaat untuk merawat kulit serta mengatasi berbagai masalah kulit seperti kulit kering, kusam, dan juga bisa memutihkan kulit secara alami. Siapkan 1 cangkir nasi lalu bubuhkan nasi dengan menggunakan tumbuk atau blender. Ditambahkan madu atau alpukat, aduk rata sampai pasta terbentuk. Oleskan scrub secara merata ke seluruh tubuh, biarkan scrub sampai hampir kering, lalu gosok dengan gerakan rotasi yang disertai dengan tekanan ringan lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

8. Vanilla
Scrub vanila adalah salah satu scrub yang bisa mencerahkan kulit. Anda hanya perlu menyiapkan gula merah, gula putih, minyak bunga matahari dan ekstrak vanili. Campur semua bahan ke dalam pasta. Gunakan di seluruh tubuh dan nikmati sensasi aroma yang bisa memberi relaksasi pada kulit sehingga bisa mempercepat proses regenerasi kulit mati.

9. Susu Campuran
Susu dan kapur akan membuat kulit menjadi lebih putih dan halus. Tambahkan bengkoang parut sesuai kebutuhan, tambahkan tepung susu murni secukupnya dan beri jus lemon sebanyak 1 butir oranye. Aduk rata semua bahan dan gunakan di seluruh tubuh, lakukan pijatan ringan dalam gerakan rotasi. Setelah 15 menit lamanya 15 menit, bilas dengan air hangat.

10. Kayu manis
10 Lulur Alami Pengantin Tradisional Buatan Sendiri Untuk Persiapan Pernikahan

Ambil satu sendok teh minyak sayur dan satu sendok teh madu. Campur dengan dua sendok makan bubuk jahe, dua sendok makan bubuk kayu manis, dan satu sendok makan soda. Tambahkan setidaknya 5 sendok teh ekstrak vanili. Campur semuanya sampai membentuk pasta. Kemudian oleskan ke seluruh tubuh Anda, diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu cuci dengan air hangat. Scrub ini akan membuat kulit terasa segar dan harum. Dalam melakukan luluran, mulai dari ujung jari kaki dan telapak kaki, lalu gosok ke paha. Gosok pantat ke bagian bawah punggung, lalu gosok dari tangan kanan ke arah jantung, lalu ke lengan kiri. Gosokkan ke daerah perut searah jarum jam dengan gerakan rotasi.

Gosoklah bagian dada dan  bagian punggung ke atas sampai bahu. Diamkan selama 15 atau 30 menit. Lalu bilas dengan air sesuai dengan awal mula kamu mengoleskan lulur. Lakukan perlahan-lahan agar bersih merata. Semoga dengan pakai lulur alami buatan sendiri ini, kamu akan tampil lebih segar dengan kulit yang bersih dan bersinar dihari pernikahanmu. Selamat mencoba! demikian terima kasih
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar