--> Skip to main content

Cara Logout / Keluar dari Akun Gmail di HP Android, Menghapus akun gmail di Android

Cara Logout / Keluar dari Akun Gmail di HP Android, Menghapus akun gmail di Android. Gmail dapat digunakan di komputer atau smartphone Android. Nah jika Anda pengguna ponsel pintar Android, tentu saja Gmail adalah salah satu akun yang harus ditambahkan ke ponsel cerdas Anda. Karena dengan keberadaan Gmail di smartphone Android Anda maka Android Anda dapat terhubung dengan akun Gmail dan dapat melakukan berbagai hal mulai dari menyimpan kontak hingga mengirim surat elektronik.

Gmail atau Google Mail adalah layanan email dari Google yang dapat digunakan secara gratis oleh semua orang. Karena email sangat penting dalam kehidupan manusia, salah satunya adalah mendaftarkan berbagai jenis akun media sosial dan saling mengirim pesan menggunakan email.

Sebagian besar ponsel modern saat ini, seperti smartphone, memiliki sistem pintar yang dapat mengintegrasikan perangkat mereka dengan akun aplikasi di internet. Misalnya, akun Gmail yang telah banyak digunakan pada sistem smartphone berbasis Android. Akun Gmail adalah akun penting untuk pengguna ponsel cerdas. Akun Gmail biasanya digunakan untuk mengunduh aplikasi lain di Playstore dan aktivitas lainnya.

Cara Logout / Keluar dari Akun Gmail di HP Android, Menghapus akun gmail di Android

Akun Gmail pada perangkat Android memiliki peran penting yang membantu Anda mengakses semua produk yang telah terintegrasi dengan Google seperti Gmail, Youtube dan banyak lagi. Tentu saja dengan membantu akun Gmail Anda, Anda juga akan dibantu dalam proses cara memperbarui Google Play.

Salah satu smartphone yang memanfaatkan fitur akun Gmail dengan baik dalam penggunaannya adalah smartphone berbasis Android yang telah digunakan oleh banyak orang. Untuk dapat memaksimalkan kinerja dan juga fitur-fitur yang dimiliki oleh android Anda, tentu saja Anda harus memiliki smartphone yang terhubung dengan akun Gmail.

Namun, tidak selalu seseorang akan menggunakan satu akun Gmail kapan saja. Terkadang ketika seseorang memilih untuk menjual smartphone berbasis Android mereka kepada orang lain. Mereka akan memilih untuk menghapus akun Gmail mereka dari ponsel yang ingin mereka jual atau sebaliknya.

Alasan untuk mengubah akun Gmail di Android sering dilakukan karena alasan tertentu. Selain hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya, tindakan ini biasanya dilakukan untuk melakukan cara-cara mengatasi kesalahan playstore.

Tetapi ada beberapa alasan pengguna ingin mengeluarkan akun Gmail dari smartphone Android mereka. Namun masalahnya adalah masih banyak yang tidak tahu cara keluar dari akun Gmail di smartphone Android, terutama untuk orang awam.

Cara Keluar Akun Google / Gmail di HP Android

Bagi Anda yang masih mengalami masalah logout akun Gmail pada smartphone Android, maka Anda dapat melihat artikel yang akan mastekno diberikan di bawah ini

1. Cara Keluar Akun Gmail di Android Melalui Aplikasi Gmail

Aplikasi Gmail adalah aplikasi perangkat lunak email pada ponsel cerdas android dengan logo gambar huruf berwarna merah dan putih. Dengan aplikasi ini Anda dapat mengirim email atau mengirim email dengan mudah. Jika Anda ingin keluar dari email pada aplikasi Gmail ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Logout / Keluar dari Akun Gmail di HP Android, Menghapus akun gmail di Android


1. Pertama, silakan buka aplikasi Gmail di smartphone Android Anda.

2. Kemudian klik ikon triple line di sudut kiri atas.

3. Kemudian klik pada Foto Profil akun gmail yang ingin Anda hapus sampai artikel Kelola Akun muncul.

4. Selanjutnya klik Kelola Akun.

5. Kemudian akun Gmail akan muncul di ponsel cerdas Anda. Klik akun gmail yang ingin Anda hapus.

6. Sekarang selanjutnya untuk mengellarkan Anda dapat mengklik Hapus Akun.

7. Selesai, maka akun Gmail Anda telah berhasil keluar dari smartphone Android Anda.



2. Cara Keluar Akun Gmail di Android Melalui Pengaturan
Selain dapat keluar dari akun Gmail Anda menggunakan aplikasi Gmail, Anda juga dapat keluar dari Gmail melalui menu Pengaturan pada ponsel Android Anda. Segera kami merujuk pada langkah-langkah di bawah ini.

Cara Logout / Keluar dari Akun Gmail di HP Android, Menghapus akun gmail di Android

1. Pertama, silakan buka menu Pengaturan pada ponsel cerdas Android Anda.

2. Kemudian pilih Pengguna & Akun.

3. Kemudian beberapa akun akan muncul di ponsel cerdas Anda. Pilih akun gmail yang ingin Anda hapus.

4. Sekarang untuk keluar, pilih Hapus Akun.

5. Selesai, seberapa mudah itu?

3. Cara Menghapus akun Gmail dengan melakukan Clear Data

Jika cara pertama tidak berhasil untuk menghapus akun Gmail pada hp tersebut anda bisa mencoba cara kedua yang mana sebagai berikut :

  • Buka menu setting yang ada pada smartphone anda, kemudian pergi ke bagian Application Manager/ Manage Application.
  • Setelah itu cari Google Apps dan pilih Clear Data.
  • Nantinya akan muncul peringatan “All information you saved in this application will be deleted permanently “.
  • Seperti dengan yang disebutkan pada peringatan tadi dengan melanjutkan ke tahap selanjutnya anda akan menghapus semua informasi yang berkaitan dengan aplikasi Google. Dengan kata lain anda akan menghapus akun Gmail dari Hp yang anda gunakan.
  • Jika anda sudah paham klik OK.
  • Tunggu hingga proses penghapusan selesai dilakukan.
  • Jika anda ingin memasukkan akun baru pada HP anda silahkan menuju ke tahap selanjutnya
  • Pilih “Back”, kemudian pilih bagian “Data Synchronize”.
  • Anda juga bisa mengaksesnya dengan memilih menu Home, dilanjutkan dengan Menu, kemudian Settings dan yang terakhir adalah Data Synchronization.
  • Setelah terbuka nantinya anda akan bisa memasukkan akun Gmail yang baru.
  • Ada juga cara alternatif untuk melakukan langkah diatas.
  • Buka aplikasi Gmail dan tambahkan email baru yang ingin anda asosiasikan dengan HP anda yang baru tadi.

4. Cara Menghapus Akun Gmail dengan dengan Factory Reset Smartphone atau mengembalikan HP ke pengaturan Pabrik

Cara selanjutnya merupakan menghapus akun Gmail dengan menggunakan Factory Reset. Proses ini akan memungkinkan anda mengembalikan semua pengaturan pada HP anda kembali ke settingan pabrik. Ini juga berarti anda akan kehilangan data yang tersimpan pada memori internal anda.

Langkah ini merupakan langkah alternatif yang dapat dilakukan jika beberapa cara sebelumnya tidak dapat berhasil menghapus akun Gmail anda. Oleh karena itu jika anda sudah memahami resiko dengan menggunakan metode ini silahkan melanjutkan ke langkah – langkah pelaksanaannya. Berikut merupakan cara menghapus akun Gmail dengan factory reset :

  • Pilih menu Home pada smartphone anda
  • Pilih bagian menu kemudian selanjutnya pilih bagian settings (pengaturan_
  • Jika sudah pergi ke bagian privacy
  • Kemudian pilih fitur Factory data reset
  • Jika anda diminta untuk memasukkan password, masukkan password standar yang anda gunakan utnuk mengembalikan HP anda ke pengaturan pabrik.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Jika sudah masukkan akun Gmail baru yang ingin anda gunakan.


5. Cara Menghapus akun Gmail dengan melakukan proses Root.

Cara ketiga merupakan cara terakhir yang dapat anda lakukan untuk menghapus akun Gmail di HP anda. Dengan cara ini anda tidak perlu melakukan Factory Reset untuk mengganti email, cukup lakukan cara berikut ini khusus untuk smartphone yang sudah di Root

  • Buka aplikasi Root Explorer (jika anda tidak memilikinya anda dapat mendownloadnya via Playstore).
  • Kemudian masuk ke data sistem smartphone yang anda miliki.
  • Cari file “account.db” lalu hapus file tersebut secara manual.
  • Setelah terhapus, restart HP anda untuk melihat hasil yang sudah anda coba.


Nah itulah artikel dari kami tentang cara untuk keluar dari akun Gmail di Android dengan mudah. Bahkan jika Anda menghapus akun Gmail di ponsel cerdas Anda, Anda masih bisa masuk lagi menggunakan gembel dan juga kata sandi gmail. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Semoga berhasil.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar