--> Skip to main content

Syarat-Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Syarat-Syarat Terjadinya Interaksi Sosial. Interaksi sosial tidak terjadi begitu saja. Semua memiliki kondisi untuk interaksi sosial terjadi. Bayangkan Anda sedang berdiri di trotoar menunggu bus kota pergi ke sekolah Anda. dari kejauhan, ada sepeda motor yang dikendarai oleh seseorang yang mengenakan seragam sekolah seperti seragammu? Keingintahuan Anda muncul, siapa dia? Mungkinkah itu teman sekelasmu? atau mungkin teman sekelasmu?

Tepat di depan Anda, dia memanggil nama Anda sambil melambaikan tangannya rupanya dia mengenal Anda. Dia tersenyum padamu. Anda secara spontan membalas salam itu dengan hangat. ternyata dia teman sekelasmu. Acara di atas menunjukkan bahwa telah terjadi interaksi antara diri Anda dan teman sekelas Anda. Demikian juga ketika Bung Karno mengunjungi Bung Hatta yang sedang dirawat di rumah sakit.

Syarat-Syarat Terjadinya Interaksi Sosial 

Agar interaksi terjadi, beberapa kondisi diperlukan, menurut Gllin dan Gillin (Soerjono Soekanto 1989), kondisi untuk terjadinya interaksi sosial seperti

a. Kontak sosial
b. Komunikasi.

Berikut ini adalah penjelasan tentang kondisi untuk terjadinya interaksi sosial seperti di bawah ini ...
a. Kontak sosial
Kontak sosial mengacu pada hubungan sosial antara individu satu dengan individu lain yang langsung, seperti sentuhan, percakapan, dan tatap muka sebagai bentuk aksi dan reaksi.
Perkembangan teknologi dan ilmiah saat ini telah memungkinkan kontak sosial tidak langsung. Pihak yang saling berhubungan menggunakan seperangkat alat saat memegang kontak sosial. Bisakah Anda memberikan contoh kontak sosial tidak langsung baik melalui media cetak atau elektronik?

b. Komunikasi
Syarat terjadinya interaksi sosial Komunikasi mengacu pada proses penyampaian pesan dan seseorang kepada orang lain yang dilakukan secara langsung atau melalui alat sehingga orang lain memberikan tanggapan atau tanggapan tertentu.


Komunikasi muncul setelah kontak terjadi (ada kontak yang belum tentu terjadi komunikasi). Selama waktu ini Anda telah berkomunikasi dengan orang lain menggunakan kata-kata, gerakan, ekspresi wajah, atau bentuk bahasa lain yang dapat mengekspresikan perasaan dan pikiran Anda. Bagaimana Anda menunjukkan kegembiraan? Bagaimana Anda mengekspresikan kesedihan? Proses komunikasi terjadi ketika kontak sosial terjadi. Orang yang menyampaikan pesan disebut komunikator, sedangkan orang yang menerima pesan disebut komunikan.

Sekian banyak artikel tentang syarat terjadinya interaksi sosial, semoga bermanfaat.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar