--> Skip to main content

Faktor-Faktor Mendasari Berlangsungnya Interaksi Sosial dan Contohnya

Faktor-Faktor Mendasari Berlangsungnya Interaksi Sosial dan Contohnya. Interaksi sosial memiliki faktor-faktor yang melandasi interaksi sosial yang sedang berlangsung, karena dengan adanya interaksi sosial terdapat yang mendasarinya sehingga yang mendasarinya adalah faktor-faktor yang melandasi interaksi sosial yang sedang berlangsung, menurut Soerjono Soekanto interaksi sosial berlangsung dengan beberapa faktor seperti imitasi, saran, identifikasi, simpati. masing-masing faktor ini adalah hal yang mendasari realisasi interaksi sosial atau dalam interaksi sosial yang sedang berlangsung.

Dalam Penjelasan faktor-faktor fundamental dalam kelanjutan interaksi sosial, sangat jelas bahwa keempat faktor tersebut adalah dasar dari interaksi sosial yang sedang berlangsung. Untuk mengetahui pemahaman dan penjelasan Empat Faktor yang Mendasari Kelanjutan Interaksi Sosial, mari kita lihat pengertian dan penjelasannya seperti di bawah ini ...

Faktor-Faktor yang Mendasari Berlangsungnya Interaksi Sosial 
penyakit h. Jika Anda bukan bagian dan para pengungsi, bagaimana perasaan Anda melihat kenyataan itu? Apa yang akan kamu lakukan?  Kita semua merasa prihatin dengan penderitaan orang lain. Kami merasa seolah-olah berada dalam kondisi yang sama dengan orang miskin. Perasaan yang muncul mendorong kita untuk mengambil tindakan yang dapat meringankan penderitaan mereka. Inilah yang disebut simpati. Sekilas simpati hampir sama dengan identifikasi karena itu mengarahkan seseorang untuk memposisikan diri dalam keadaan orang lain. Hanya saja, dalam simpati perasaan memainkan peran yang menonjol. Namun, dorongan utama dalam simpati adalah keinginan untuk memahami dan bekerja sama dengan pihak lain tanpa memandang status sosial mereka.  Begitu banyak artikel tentang faktor-faktor yang mendasari interaksi sosial yang sedang berlangsung dan contoh-contohnya mungkin berguna.


A. Imitasi
Saat menerima barang yang dibelinya. Mungkin dia akan tersenyum dan berterima kasih pada pedagang. Mungkin dia akan diam dan langsung memasukkan belanjaan ke tas. Mungkin itu bentuk tindakan lain yang akan diambilnya. Namun perlu diingat, tindakan ini biasanya ditiru oleh anak-anak dan orang tua mereka. Begitu juga dengan aksi para penonton kartun Shincan. Kartun Shincan, yang sebenarnya ditujukan untuk orang dewasa, ternyata sangat menarik bagi anak-anak sehingga mereka meniru perilaku Shincan. Meskipun. tidak sedikit tindakan Shincan yang dianggap tidak sopan. Dua contoh ini menggambarkan imitasi. Bagaimana menurut Anda meniru?

Meniru adalah proses sosial atau tindakan seseorang untuk meniru orang lain, baik sikap penampilannya, gaya hidupnya, bahkan apa yang dimilikinya. Imitasi pertama kali muncul di lingkaran keluarga, kemudian lingkungan tetangga dan lingkungan masyarakat. Pihak yang meniru akan meniru tindakan tepat yang diambil oleh pihak yang ditiru. Dia tidak berpikir panjang tentang tujuan imitasi. Dalam peniruan, peniruan bisa dalam bentuk penampilan, sikap, perilaku, dan gaya hidup dari pihak yang ditiru. Melalui peniruan, seseorang belajar nilai-nilai dan norma-norma di masyarakat. Atau sebaliknya, ia belajar tindakan menyimpang dan nilai serta norma yang berlaku.

b. Saran
Seringkali Anda mendengar kata saran. Namun tidak banyak yang mengerti maknanya dengan jelas. Untuk memahami makna saran, pertimbangkan kasus berikut. Doni akan menentukan pilihan program studi. Nilai rapor kemarin sudah cukup untuk memasuki program studi apa pun. Tetapi dia sendiri merasa tidak cukup mengetahui program studi, sehingga dia bingung menentukan pilihan. Doni berkonsultasi dengan guru bimbingan dan konseling. Oleh gurunya, Doni diberi masukan tentang program studi. Setelah mempertimbangkan nilai rapor dan hasil tes psikologi, guru menyarankan agar Doni hanya mengambil kursus studi sosial.


Doni menerima saran itu. Sekarang, apa sarannya? Dalam kondisi goyah, individu membutuhkan input dan lainnya. Dia akan menghubungi orang-orang yang dianggap mampu membantunya memecahkan masalah. Orang yang dimintai bantuan akan mengeksplorasi masalahnya, lalu menawarkan solusinya. Saran adalah rangsangan, pengaruh, rangsangan yang diberikan oleh individu kepada individu lain sehingga orang yang diberi saran untuk patuh atau melaksanakan tanpa berpikir kritis dan rasional. Proses memberikan pandangan atau pengaruh oleh seseorang kepada orang lain dengan cara tertentu sehingga pandangan atau pengaruh diikuti tanpa berpikir panjang dikenal sebagai saran.

Contoh saran yang mudah ditiru adalah berwujud. Iklan memiliki pengaruh yang besar sehingga mendorong konsumen untuk membeli suatu barang, meskipun ia tidak selalu membutuhkan barang tersebut. Sangat mungkin bahwa seseorang akan mengirim jutaan dolar hanya untuk mendapatkan sepatu yang dikatakan meningkatkan citranya. Bentuk saran lain dapat ditemukan di sekitar Anda.


c. Identifikasi
Siapa karakter idola Anda? Mengapa Anda mengidolakan karakter? Bagaimana Anda bertindak sebagai bukti bahwa Anda mengidolakan karakter? Mungkin beragam jawaban bisa diajukan. Dalam proses identifikasi, manusia tidak hanya meniru gaya hidup, perilaku, atau tindakan sang idola seperti dalam imitasi, tetapi ada keinginan dari dalam untuk menjadi sama dengan karakter idola. Proses ini disebut identifikasi. Keinginan untuk menjadi sama dengan idola biasanya dilakukan oleh orang-orang yang mengenal karakter idola mereka dengan baik sehingga sikap, pandangan, dan kepercayaan karakter mereka ingin dimiliki dan diilhami.

Jadi, Understanding Identification adalah upaya yang dilakukan oleh seorang individu untuk menjadi sama (identik) dengan individu lain yang meniru itu. Proses identifikasi tidak hanya terjadi melalui serangkaian proses imitasi pola perilaku, tetapi juga melalui proses mentalitas yang sangat mendalam.

Misalnya saja perilaku pengidola lwan Fals. Mereka mengagumi Iwan Fals karena keberanian Iwan menyuarakan kritik melalui lagu kepada pihak berwajib. Tidak aneh jika puisi Iagya itu seperti mantra dan sikapnya menjadi rujukan mereka. Pengidola menjadi berani karena mengkritik pemerintah. Mereka bangga mengklaim sebagai penggemar Iwan Fals. Bahkan, beberapa pengidola berkampanye untuk Iwan Fals sebagai presiden negara selama sisa hidupnya.

d. Simpati
Bencana banjir melanda Jakarta. daerah yang terkena air menyebabkan kerugian besar bagi penduduk. Mereka terpaksa mengungsi ke tempat yang aman. Keselamatan hidup lebih diutamakan daripada properti. Tapi air. tidak pernah surut. Sementara persediaan makanan dan air bersih serta penipisan sehari-hari. Para pengungsi semakin gelisah. Kondisi lingkungan yang tidak sehat memunculkan beragam perempuanpenyakit h. Jika Anda bukan bagian dan para pengungsi, bagaimana perasaan Anda melihat kenyataan itu? Apa yang akan kamu lakukan?

Kita semua merasa prihatin dengan penderitaan orang lain. Kami merasa seolah-olah berada dalam kondisi yang sama dengan orang miskin. Perasaan yang muncul mendorong kita untuk mengambil tindakan yang dapat meringankan penderitaan mereka. Inilah yang disebut simpati. Sekilas simpati hampir sama dengan identifikasi karena itu mengarahkan seseorang untuk memposisikan diri dalam keadaan orang lain. Hanya saja, dalam simpati perasaan memainkan peran yang menonjol. Namun, dorongan utama dalam simpati adalah keinginan untuk memahami dan bekerja sama dengan pihak lain tanpa memandang status sosial mereka.

Begitu banyak artikel tentang faktor-faktor yang mendasari interaksi sosial yang sedang berlangsung dan contoh-contohnya mungkin berguna.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar