--> Skip to main content

Perbedaan dan Hubungan Perubahan Sosial dan Budaya

Perubahan sosial dan budaya memiliki hubungan yang sangat dekat. Perubahan sosial tentu akan berdampak pada terjadinya perubahan budaya. Perubahan budaya mencakup semua bagiannya, yaitu seni, sains, teknologi filosofis, dan sebagainya. Bagian dan budaya tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sosial manusia di masyarakat. Tidak mudah menentukan garis pemisah antara perubahan sosial dan perubahan budaya.

Tidak ada masyarakat yang tidak memiliki budaya. Sebaliknya, tidak mungkin ada budaya yang tidak menjelma dalam masyarakat. Dengan kata lain, perubahan sosial dan budaya memiliki satu aspek yang sama, yaitu keduanya terkait dengan penerimaan cara-cara baru atau peningkatan cara masyarakat memenuhi kebutuhannya. Meskipun perubahan sosial dan budaya memiliki hubungan atau hubungan yang erat, mereka juga memiliki perbedaan. Perbedaan antara perubahan sosial dan budaya dapat dilihat dan arahnya.

Perubahan sosial adalah perubahan dalam hal struktur dan hubungan sosial, sedangkan perubahan budaya adalah perubahan dalam aspek budaya masyarakat. Perubahan sosial terjadi dalam hal distribusi kelompok umur, tingkat pendidikan, dan tingkat kelahiran penduduk. Perubahan budaya termasuk penemuan dan penyebaran masyarakat, perubahan dalam konsep nilai-nilai moral dan moralitas, bentuk seni baru dan kesetaraan gender.

Terkadang perubahan sosial dan budaya tumpang tindih. Misalnya, saat ini masyarakat menginginkan kesetaraan gender terkait dengan perubahan dalam seperangkat norma budaya dan fungsi peran laki-laki dan perempuan secara sosial. Untuk mengatasi tumpang tindih ini, kita sering menggunakan istilah perubahan sosial-budaya untuk mencakup kedua perubahan
itu adalah.

Dengan demikian, suatu perubahan dikatakan sebagai Perubahan Sosial Budaya apabila memiliki karakteristik sebagai berikut.

1. Tidak ada masyarakat yang perkembangannya berhenti karena setiap masyarakat mengalami perubahan secara cepat ataupun lambat.

2. Perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan akan diikuti perubahan pada lembaga sosial yang ada.
3. Perubahan yang berlangsung cepat biasanya akan mengakibatkan kekacauan sementara karena orang akan berusaha untuk menyesuaikan din dengan perubahan yang terjadi.

4. Perubahan tidak dapat dibatasi pada bidang kebendaan atau spiritual saja karena keduanya saling berkaitan.

Demikian artikel tentang Perbedaan dan Hubungan Perubahan Sosial dan Budaya semoga bermanfaat.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar