--> Skip to main content

Peranan Biologi Dalam kehidupan manusia Beserta Penjelasannya

Peranan Biologi Dalam kehidupan manusia Beserta Penjelasannya. Saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi semakin tersebar luas, dimulai dengan pemikiran manusia yang selalu ingin "bertahan" dan ingin bertahan serta dapat memanfaatkan sumber daya alam yang ada. Namun, jika pemanfaatannya tidak memperhatikan lingkungan, itu dapat merusak dukungan ekologis itu sendiri, teman, jadi itu harus selalu menjadi prioritas bagi lingkungan. Namun di sisi lain kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang dan mengharuskan manusia untuk menggunakannya sebaik mungkin.

Sifat dasar kehidupan secara biologis. Ya, sifat biologi untuk kehidupan sehari-hari tidak perlu dipertanyakan. Seperti kita ketahui, biologi memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Ada berbagai penelitian dan penemuan yang telah dibuat dan diproduksi berdasarkan ilmu biologi.

Hakikat Biologi Bagi Kehidupan

Dalam uraian berikut, penulis akan memberikan ulasan tentang ruang lingkup biologi, memahami objek dan masalah biologis, pada berbagai tingkat kehidupan organisasi, dan peran mereka dalam kehidupan. Selain itu, penulis juga akan memberikan ulasan mengenai metode ilmiah dalam biologi dan bagaimana berperilaku secara ilmiah.

Penerapan ilmu pengetahuan, terutama biologi, tentu juga akan menciptakan manfaat dan masalah bagi kehidupan manusia itu sendiri. Untuk alasan ini, ada kebutuhan akan etika yang mengatur penerapan ilmu biologi dan disiplin ilmu lainnya. Ada banyak aspek kehidupan yang sering kita temui sehari-hari untuk digunakan sebagai studi biologi terapan seperti aspek pertanian, peternakan, peternakan ikan, budidaya makanan, dan sebagainya. Biologi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari segala sesuatu tentang makhluk hidup.

Penulis berharap setelah membaca ulasan ini, Anda semua dapat menjelaskan ruang lingkup biologi, objek dan masalah biologis, di berbagai tingkat organisasi kehidupan, dan dapat menjelaskan karakteristik biologis dan peran mereka dalam kehidupan.

1. Biologi Adalah Sebagai Ilmu

Biologi merupakan ilmu tentang makhluk hidup. Ilmu ini termasuk golongan ilmu – ilmu tua yang berkembang di Zaman Yunani dan sampai sekarang telah banyak mengalami perkembangan sesuai dengan kebutuhan hidup manusia.

  • Kerja Ilmiah

Dalam mempelajari biologi, kita menggunkan metode ilmiah. Yaitu serangkaian kegiatan atau tahapan tertentu yang dilakukan secara sistematis. Tahapan dalam metode ilmiah ini adalah mulai dari menemukan permasalahan, mengajukan hipotesis, melakukan percobaan untuk menguji hipoteis, menarik kesimpulan dan membuat laporan percobaan.

  • Sikap Ilmiah

Selain menguasai kerja ilmiah, para biolog juga harus mampu mempunyai sikap yang ilmiah. Sikap ilmiah ini merupakan suatu akhlak untuk menjalankan penelitian ilmiah. Sikap ilmiah tersebut meliputi kemampuan membedakan fakta dan opini, sikap berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan serta dapat berargumentasi secara ilmiah pula.

  • Biologi Merupakan Ilmu Pengetahuan Alam

Biologi merupakan bagian dari sains dan memiliki karakteristik yang sama dengan sains yang lainnya. Sains disebut juga sebagai ilmu pengetahuan alam karena merupakan ilmu yang mempelajari tentang gejala – gejala alam. Sebagai bagian dari sains, biologi mempelajari gejala alam berupa gejala – gejala pada makhluk hidup dan semua permasalahan dalam kehidupannya. Atau dengan kata lain biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup mulai dari molekul – molekul penyuusn makhluk hidup, sel, jaringan, organ, sampai ke tingkatan yang lebih tinggi lainnya.

  • Metode Ilmiah Dalam Mempelajari Biologi

Dalam mempelajari dan mengembangkan ilmu biologi digunakan metode ilmiah. Para biologi harus mampu melakukan kerja ilmiah dalam menyelesaikan masalah atau mencari jawaban permasalahan – permasalahan yang dihadapai dalam penelitiannya. Selain itu, para biologi juga harus mampu bersikap ilmiah.


2. Peranan dan Hakikat Biologi Dalam Kehidupan Sehari- hari

Ada begitu banyak peranan biologi yang sebenarnya sudah dapat kita lihat atau bahkan rasakan dalam kehidupan sehari-hari khususnya untuk menunjang berbagai kebutuhan di banyak bidang ilmu. Ada pun contoh peranan biologi tersebut adalah sebagai berikut :

  • Bidang Kehidupan Sosial. Contohnya, semakin maraknya pembuktian DNA pada beberapa kasus kriminal, dan juga kecelakaan. Biologi sangat berperan penting dalam  hal ini, yaitu pembuktian jenis DNA korban maupun pelaku, sehingga semua kegiatan kejahatan bisa ditelusuri dengan teliti dan memastikan pelaku atupun korbannya dengan data yang akurat melaui ilmu biologi ini.
  • Bidang Teknologi Pangan. Contohnya. Adanya pembuatan keju, sosis, kecap, tape, yougurt serta jenis makanan atau minuman olahan lainnya yang memang semua hal tersebut dilakukan dengan cara biologi.
  • manfaat biologi di bidang peternakan. Contohnya, adanya inseminasi buatan (kawin suntik), klonin untuk hewan, ayam petelur tanpa dibuahi pejantan, dan hewan peternak yang bermutu unggul lainnya, yang semua hal tersebut dugunakan ilmu biologi dalam pembuatan maupun penelitiannya.
  • manfaat biologi di bidang kedokteran. Contohnya, adanya tekhnik bayi tabung, program keluarga berencana (KB), pencangkokan organ tubuh, operasi plastik dan terapi gen.
  • manfaat biologi di bidang farmasi. Contohnya, pembuatan vitamin sintetik, vaksin, anti bodi, hormon insulin, enzim – enzim buatan dan lain sebagainya.
  • Bidang Pertanian. Contohnya, penemu bibit unggul, tanaman transgenik (tanaman hasil rekayasa geentika), teknologi hidroponik, culture jaringan dan pemandulan hama.
  • manfaat biologi di bidang perikanan. Contohnya, budi daya kerang penghasil mutiara, budi daya udang windu dan budi daya ikan hias.
  • Bidang Industri. Contohnya, teknik pemisahan logam dari bijinya dengan menggunakan bakteri.
  • manfaat biologi di bidang pengelolaan lingkungan. Contonhnya, pengelolaan limbah dengan menggunakan mikro organisme, menguraikan tumpahan minyak dilaut dan plastik dengan menggunkan bakteri.
  • Bidang Pengembangan Energi. Contohnya, hadirnya biogas dengan memanfaatkan kotoran sapi dan hewan lainnya merupakan contoh nyata limbah hewan yang dapat dijadikan alternatif untuk pengganti energi. Biogas bisa dipakai untuk memasak di pedesaan dan penerangan. Penemuan bio – diesel dan minyak jarak sebagai altenatif bahan bakar fosil untuk otomotif.


Oke sobat, sekarang anda setidaknya sudah mengerti dan mengetahui hakikat biologi bagi kehidupan kita sehari – hari ya. Ilmu biolgi membawa dampak yang sangat besar bagi kegiatan kita sehari – harinya. Tanpa adanya ilmu biologi mungkin kita tidak akan bisa menikmati hasil penelitian ini ya sobat.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar