Skip to main content

Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli Dan Secara Umum

Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli Dan Secara Umum. Dalam hal sosialisasi menurut para ahli yang telah mendefinisikan pengertian sosialisasi. Dalam kehidupan bermasyarakat, tidak jarang kita mendengar dan bahkan mengucapkan kata sosialisasi. Istilah sosialisasi dapat berarti asosiasi. Dalam interaksi sehari-hari berbagai hal dipelajari termasuk nilai, norma, dan pola perilaku yang ada dalam kelompok masyarakat, baik secara individu maupun dalam kelompok. Secara bertahap nilai dan norma yang ada dapat diserap menjadi bagian dan kepribadian (individu dan kelompok). Sebagaimana dinyatakan pada semester pertama, manusia diciptakan sebagai makhluk pribadi maupun makhluk sosial. 

Sebagai makhluk pribadi, manusia berjuang untuk memenuhi kebutuhan mereka untuk bertahan hidup. Dalam memenuhi kebutuhan mereka, manusia tidak bisa hidup sendiri. Manusia membutuhkan orang lain untuk mencapai tujuan mereka. Itulah mengapa. manusia berinteraksi dengan manusia lain sebagai makhluk sosial. Untuk mengetahui definisi sosialisasi menurut para ahli seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli Dan Secara Umum


Pengertian sosialisasi secara umum adalah proses belajar individu untuk mengenal dan menghayati norma dan nilai yang berlaku sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku yang sesuai dengan tuntutan perilaku masyarakat. Pada hakikatnya sosialisasi merupakan hasil dari interaksi antar manusia. Hasil sosialisasi adalah berkembangnya kepribadian seseorang sesuai dengan keunikannya masing-masing dan berkembang dan terpeliharanya kebudayaan masyarakat.

Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli 

Beberapa ahli ilmu sosial telah merumuskan pandangan mereka tentang sosialisasi. Tentu saja berdasarkan sudut pandang pemikiran yang dipengaruhi latar belakang disiplin ilmu yang dipelajatinya. alam pembahasan ini akan dibahas beberapa detinisi dan para ahli, diantaranya:

a. Charlotte Buhier, mengatakan bahwa sosialisasi sebagai proses yang membantu individu-individu
belajar dan menyesuaikan din terhadap bagaimana cara hidup dan bagaimana cara berpikir
kélompoknya. agar ia dapat berperan dan berfungsi dalam kelompoknya.

b. Koenifaraningrat, memahami sosialisasi sebagai seluruh proses dimana seorang individu sejak
masa kanak-kanak sampai dewasa, berkembang, berhubungan, mengenal dan menyesuaikan din
dengan individu-individu lain yang hidup dalam masyarakat sekitarnya.

c. Irvin L. Child, mengatakan bahwa sosialisasi merupakan segenap proses yang menuntut individu
mengembangkan potensi tingkah laku aktualnya yang diyakini sebenarnya dan telah menjadi
kebiasaan serta sesuai dengan standar dan kelompoknya.

d. Peter Berger, mengemukakan bahwa sosialisasi adalah proses dimana seorang anak belajar menjadi
seorang anggota yang berpartisipasi dalam masyarakat.

Dan beberapa definisi para ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa proses sosialisasi membuat seseorang menjadi tahu dan memahami bagaimana bersikap dan bertingkah laku di lingkungan masyarakatnya. Melalui proses ini, seseorang akan mengetahui dan menjalankan hak-hak dan kewajibannya berdasarkan peranan-peranan yang dimilikinya. Dengan adanya proses sosialisasi ini,

Demikian artikel tentang Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli Dan Secara Umum semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar