Pengertian Norma: Macam-Macam Norma, Tujuan, Manfaat, Fungsi, Contoh (lengkap)

Pengertian Norma: Macam-Macam Norma, Tujuan, Manfaat, Fungsi, Contoh (lengkap)
Pengertian Norma: Macam-Macam Norma, Tujuan, Manfaat, Fungsi, Contoh (lengkap)
Pengertian Norma: Macam-Macam Norma, Tujuan, Manfaat, Fungsi, Contoh (lengkap). Dalam bersosialisasi dalam masyarakat harus selalu berpegang pada norma, norma memiliki pemahaman dan penjelasan yang sangat luas karena banyak ahli yang mengutarakan pendapatnya tentang apa itu Norma ?? ... karena norma adalah Ketentuan yang harus dipatuhi karena itu dalam menafsirkan norma itu dibagi, karena norma, untuk mengetahui lebih lanjut tentang Definisi Norma dan Penjelasan Norma, mari kita lihat artikel di bawah ini ...

Pengertian dan Penjelasan Norma


(Definisi Norma dan Deskripsi Norma) Norma adalah aturan, ketentuan, aturan, kriteria, atau kondisi yang mengandung indigo tertentu yang harus dipatuhi oleh masyarakat dalam melakukan, dan berperilaku sehingga masyarakat dibentuk dalam melakukan dan berperilaku sehingga orang-orang tersier, terorganisir dan aman.

A. Pengertian Norma
Pengertian Norma menurut para ahli antara lain
1. Achmad C. Zubair
Definisi dan Penjelasan Norma, Memahami Norma, Arti Norma, Apa itu Norma
definisi Norma adalah ukuran, arah garis, aturan atau aturan untuk pertimbangan dan penilaian.

2. Thomas Hobbes,
Definisi dan Penjelasan Norma, Memahami Norma, Arti Norma, Apa itu Norma
Menyatakan bahwa tanpa norma manusia itu akan menjadi serigala satu sama lain (Homo homini lupus), Jika suatu masyarakat tidak memiliki norma, itu akan mengarah pada kekerasan, dan tidak adanya keadilan, ketertiban dan kedamaian dalam hidup. Dengan demikian, mereka yang akan menindas pihak yang lemah

B. Norma memiliki sifat perintah dan larangan sebagai berikut.
Norma memiliki karakteristik perintah dan larangan yang harus dipatuhi oleh semua kelompok masyarakat, karakteristik perintah dan larangan norma adalah sebagai berikut.

a. Perintah, yang merupakan keharusan bagi seseorang untuk melakukan sesuatu, karena konsekuensinya dianggap baik. Misalnya, setiap orang diharuskan melapor ke pihak berwenang jika mereka mengetahui adanya kejahatan

b. Larangan, yang merupakan keharusan bagi seseorang untuk tidak melakukan sesuatu karena konsekuensinya dianggap tidak baik, dan dapat mengakibatkan sanksi bagi mereka yang berorganisasi seperti pembunuhan dan pencurian yang dilarang.

C. Fungsi Norma adalah
Norma memiliki kegunaan setiap kali kita berada, kegunaan norma adalah sebagai berikut.
1. Sebagai pedoman atau panduan untuk akting dan akting,
2. sebagai ukuran dalam mengevaluasi tindakan seseorang dalam berperilaku,

Norma dan sanksi selalu berpasangan, yaitu suatu kondisi yang dikenakan pada pelanggar norma. Jika orang melanggar norma, mereka harus menjalani sanksi, yaitu sebagai akibat atau tanggung jawab atas tindakan mereka.

Pengertian Norma: Macam-Macam Norma, Tujuan, Manfaat, Fungsi, Contoh (lengkap)


D. Macam-Macam Norma

  1. Norma agama / agama, yaitu aturan hidup yang berasal dari Tuhan (Allah) yang diterapkan pada manusia melalui perantara mereka.
  2. Norma adat / kesopanan adalah norma yang muncul dari kebiasaan sosial sehari-hari untuk area tertentu. Misalnya, orang yang lebih muda harus menghormati yang lama, menyediakan tempat duduk, cara berjabat tangan dan lainnya
  3. Norma hukum adalah norma peraturan yang timbul dari hukum yang berlaku. Norma hukum bertujuan untuk mengatur kepentingan manusia dalam masyarakat untuk memperoleh kehidupan yang teratur.

E. Manfaat Norma

Lalu apa manfaat norma? dengan adanya norma maka kegiatan masyarakat akan lancar dan tertib sehingga kehidupan akan berjalan harmonis. Diantara manfaat norma dalam kehidupan masyarakat yaitu:

  1. Mencegah munculnya perselisihan dalam masyarakat.
  2. Meningkatkan kerukunan antar warganegara.
  3. Membatasi perilaku warga agar tidak menyimpang.
  4. Bisa menjadikan manusia yang beriman dan bertaqwa.
  5. Mengendalikan sikap, ucapan, dan perilaku melalui teguran hati.
  6. Terwujudnya ketertiban dan kedamaian dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
  7. Melindungi kepentingan atau hak orang lain.

F Tujuan Norma
Norma mempunyai tujuan yang baik untuk setiap anggotanya. Tujuan norma yaitu menjadi pedoman, arahan, dasar, dan tata tertib bagi anggota masyarakat agar tercipta masyarakat yang teratur dan tenteram, sekaligus untuk mengatur tingkah laku masyarakat serta membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

Dengan menaati norma, maka agar tercipta tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang tertib, aman, rukun, dan damai. Masyarakat yang taat norma bisa menciptakan kehidupan yang adil.

Begitu banyak artikel tentang definisi dan penjelasan Norma, semoga bermanfaat