--> Skip to main content

1100+ Kata Kata Permohonan Maaf yang Tulus dan Menyesal yang Menyentuh Hati

Kata Kata Permohonan Maaf yang Tulus, Menyesal dan Menyentuh Hati. Manusia tidak pernah lepas dari kesalahan, tetapi itu tidak berarti bahwa mereka tidak luput dari kesalahan membuat kesalahan yang terus menerus. Maaf dan memaafkan dalam aktivitas kehidupan sangat penting dan harus dilakukan oleh setiap orang yang memiliki kesalahan kepada orang lain, dalam bentuk apa pun.

Maaf adalah ekspresi permintaan atau permintaan untuk pengampunan atau penyesalan atas kesalahan. Meminta maaf berarti memaafkan kesalahan dan tidak mengambil kesalahan lagi. Kami sering mendengar kata-kata penyesalan, terutama ketika mendekati Idul Fitri. Tidak ada manusia yang pernah melakukan kesalahan. Karena orang baik bukanlah mereka yang tidak pernah melakukan kesalahan, tetapi orang baik adalah mereka yang bisa mengakui kesalahan mereka dan berani bertobat kepada Tuhan.

Salah satu alasan sulitnya meminta maaf adalah kesombongan. Rasa gengsi yang muncul dari status sosial. Biasanya seorang bos secara psikologis sulit untuk memaafkan bawahannya. Orang kaya terkadang merasa sulit untuk meminta maaf kepada mereka yang miskin. Para pemimpin terkadang sulit meminta maaf kepada orang-orang mereka. Rasa prestise dari status sosial inilah yang menyebabkan beratnya permintaan maaf.
Kata Kata Permohonan Maaf yang Tulus dan Menyesal yang Menyentuh Hati

Mengenali kesalahan dan meminta maaf memang bukan hal yang mudah, tergantung pada bagaimana orang bereaksi terhadapnya. Berikut adalah beberapa kata-kata penyesalan yang mungkin meluluhkan hati seseorang dan memberinya permintaan maaf, serta kata-kata penyesalan romantis, permintaan maaf untuk mantan, kata-kata penyesalan untuk ibu, kata-kata penyesalan untuk naksir dan sebagainya.

Daftar isi

1 Kata Kata Minta Maaf Romantis
2 Kata Kata Minta Maaf Buat Mantan
3 Kata Kata Minta Maaf Kepada Ibu
4 Kata Kata Minta Maaf Buat Gebetan
5 Kata Kata Minta Maaf Bahasa Inggris
6 Kata Kata Minta Maaf Buat Sahabat
7 Kata Kata Minta Maaf Buat Pacar
8 Kata Kata Minta Maaf Atas Kesalahan
9 Kata Kata Minta Maaf Atas Dosa
10 Kata Kata Minta Maaf Sepenuh Hati

Kata Kata Minta Maaf Sepenuh Hati


Berikut ini beberapa kata-kata minta maaf yang menyentuh hati, agar seseorang bisa lebih mudah untuk memaafkan banyak orang :

“Mengeluh untuk kebaikan dan menghindari terjadinya pertengkaran jauh lebih baik di bandingkan saling mengolok dan merasa benar sendiri."

“Jangan terlalu senang mempermainkan hati yang benar-benar jatuh cinta kepadamu, karena suatu saat nanti, apabila ia memutuskan untuk pergi kamu akan menyesalinya."

“Suatu saat nanti, kamu akan merindukan sesuatu hal yang sangat berharga yang pernah kamu rasakan saat ini, yaitu ketika kamu kehilangan moment-moment indah tersebut."

“Siapa yang bermain-main dengan umurnya, maka dia akan menyia-yiakan hari-hari yang seharusnya di gunakan untuk senantiasa menanam kebaikan."


Kata Kata Minta Maaf Atas Dosa


Seringkali melakukan dosa yang berulang kali, baik di sadari atau pun tidak, Tuhan memiliki sifat pemaaf, walau demikian bukan berarti terus-menerus untuk melakukan dosa. Mengenai dosa itu sebenarnya adalah berat memang hukamannya di akhirat. Berikut beberapa kata-kata minta maaf atas dosa :

“Jangan menunda taubat, karena semakin lama menunda, semakin lam pula perjalan yang di tempuh begitu pula kembalinya juga menjadi sulit."

“Mungkin matahari masih terbit esok, maka belum tentu dengan kamu, oleh karena itu segeralah taubat dan banyak memohon maaf hari ini."

“Dia adalah maha pengampun atas segala dosa hamba-Nya, namun aku sering kali membuat cemburu dan melukai perasaan- Mu. Tolong maafkanlah atas segala dosaku ….."


Kata Kata Minta Maaf Atas Kesalahan


Setiap melakukan kesalahan segeralah untuk meminta maaf, karena marah lebih dari tiga hari dan tidak meminta maaf itu tidak boleh. Berikut beberapa kata-kata minta maaf atas segala kesalahan, baik kata minta maaf untuk pacar, sahabat, gebetan, orang tua, tetangga dan lain-lain:

“Maaf jika aku banyak mengecewakanmu, dan maaf aku terlalu memaksamu, maaf juga karena aku belum bisa membahagiakanmu."

“Maafkan aku bila aku telah banyak mengukir luka di hatimu, maaf pula jika aku telah banyak meneteskan air mata yang keluar dari matamu. Yang ku lakukan hanya bisa meminta maaf bila aku tidak bisa memahamimu, memahami keinginanmu. Tapi yang perlu kamu tahu, bahwa hanya kaulah yang ingin ku jadikan satu-satunya menjadi pendimping hidupmu, dan aku benar-benar menyayangimu."

“Maaf jika adanya dengan atau tanpa sengaja aku pernah membuatmu terluka, tak akan ada luka jika kita saling setia, dan sekarang aku hanya bisa bertahan pada cinta yang sama."

“Maaf jika selama ini aku kurang perhatian kepadamu, karena sering kali aku bingung membagi waktu antara ngangenin kamu sama mikirin kamu."

“Terkadang aku meminta maaf pada seseorang bukan karena aku salah, tapi karena aku tak inngin menyakiti orang-orang yang aku sayang."

“Teringat akan kesalahanku yang lalu yang tidak sengaja padamu, jika aku bisa untuk menghindari maka aku akan menghindarinya, namun karena itu terjadi, aku meminta maaf padamu, permintaan maaf yang tulus yang tidak akan ku ulangi lagi kesalahan untuk yang ke dua kalinya."

“Aku tau kata maaf ini tidak kan mampu menembus kesalahanku kemarin, namun aku tak akan putus ada untuk meminta maaf kepadamu sampai kau memaafkanku."

Kata Kata Minta Maaf Buat Pacar

Kata maaf merupakan suatu ungkapan kata yang pendek, namun memiliki makna yang dalam. Berikut beberapa kata maaf buat pacar, yang bikin hati luluh :

“Aku memang bukan manusian yang sempurna, ku sadari hidup ini tidak akan berarti tanpamu, dan aku juga bukan seseorang yang berkuasa dalam hubungan percintaan, ku sadari lagi aku bukan orang yang kuat tanpa kehadiranmu, tolong maafkan diriku, aku berjanji akan selalu menicintai dan menjagamu karena kaulah satu-satunya jantung hidupku."

“Aku memang orang bodoh yang tidak bisa melakukan apapun dengan benar, tapi aku sangat mencintaimu, tolong maafkan atas kebodohanku yang sudah membuatmu sakit ."

“Aku minta maaf kepadamu, aku tidak ingin betengkar hanya karena masalah yang sangat sepele, dan perlu kamu tahu bahwa aku sangat sayang kepada mu."

“Maaf aku telah mengukir dan melukis luka di hatimu, tapi aku hanya ingin kau tahu, betapa besar kasih sayang dan cintaku kepadamu."

“Maafkan aku karena aku telah membuatmu terluka, dan saat ini aku terus mencoba untuk mempebaiki semua kesalahanku yang telah aku perbuat kepadamu."

“Maaf apabila aku telah lancang untuk mencintai dan menyukaimu, aku tahu bahwa aku tidak pantas untukmu, tapi jujur aku sangat sayang kepadamu, meski kamu tidak pernah mengetahuinya sebelumnya."

“Seberapa besar kamu marah dan sebenci apapun kamu kepadaku atas kesalahanku yang pernah ku buat, namun kamu harus tahu kalau hatiku tetap untuk satu orang yang sangat berarti bagiku, dan orang itu adalah kamu."

“Sayang aku minta maaf, kamu telah banyak berkorban untuk aku, dan aku sangat bersukur sebab Tuhan telah mempertemukan aku dengan kamu."


Kata Kata Minta Maaf Buat Sahabat


Sahabat memang merupakan salah satu teman terbaik dalam hidup kita, dengan adanya sahabat hidup akan lebih berarti, karena sahabat selalu memberi kebahagiaan dalam keadaan susah dan tempat berbagi canda tawa, lalu apa jadinya jika pernah berbuat salah kepada sahabat ? berikut beberapa kata-kata minta maaf buat sahabat agar persahabatan tidak mudah hancur :

“Maafkan aku sahabatku, karena mungkin aku telah banyak menyakiti hatimu tanpa aku sadari, dan itu mungkin kekuranganku yang perlu aku perbaiki."

“Seandainya aku bersalah, akan aku susun sepuluh jari untuk memohon maaf kepadamu, sebab aku hanya mengharapkan persahabatan kita selalu membawakan kebahgaiaan dalam suka dan duka."

“Aku hanya seorang sahabat yang tidak sempurna, masih banyak memiliki kekurangan dan kelemahan yang sering kali terjadi namun tak pernah aku sadari, sekali maafkan aku sahabatku."

“Mungkin hanya aku yang rindukan kita, kita yang dulu selalu berbagi segala hal, bahkan tak pernah ingat waktu untu selalu berbagi cerita sedih, gembira, tawa, canda dan lain-lain, maaf aku hanya bisa bilang rindu kita wahai sahabatku…."

“Maafkan aku sehabat, karena ke egoisanku kamu menjadi menderita, sekali lagi maafkan aku sahabat,,,,"

“Wahai sahabatku, masihkah kamu rasakan aku adalah seorang sahabat bagimu?

Aku tak ingin kehilangan sahabat sepertimu, dan aku juga tak mau jauh dari seorang sahabat sepertimu, karena aku tak rela apabila kehilangan hari-hari yang indah hampa tanpamu, hanya di sebabkan oleh kemarahan yang ada di hatimu…"

“Hanya kaulah sahabatku, seorang sahabat yang tak pernah aku lupakan, kini aku melukai persahabatan kita dengan perbuatanku, sahabatku….saat ini hanyalah kata maaf yang aku tunggu dari mu, yaitu ucapan kata maaf yang tulus dari lubuk hatimu. Sahabtku….tolong maafkanlah aku."

Kata Kata Minta Maaf Bahasa Inggris


Berikut beberapa kata-kata minta maaf dengan menggunakan bahasa Inggris :

“Sorry… perhaps only this word can i convey, sorry… I make you dissapointed, sorry..if I behave like a little child, sorry ….I follow my ego and sorry … if I can’t be like what you want."

“I understand, I have already do many wrong thing, but, I beg your pardon, sorry….for all my offences."

“I’m so sorry already makes your heart hurt. And my heart also hurt to see it, i’m human indeed useless, please forgive me."

“I’m just human being who cannot escape from thousands of errors. My guilt you and also at my self. Regrets indeed useless. But that’s all I can do now, again please forgive me."

“Sorry if I’ve been painting the wounds in your heart makes you sad, painted tears. Please….forgive me."


Kata Kata Minta Maaf Buat Gebetan


Kata maaf sebenarnya hanyalah sebuah pancingan untuk mendapatkan perhatian dari orang yang membenci. Jika meminta maaf tunjukkan padanya bahwa kamu ingin benar-benar untuk meminta maaf. Berikut beberapa kata-kata minta maaf unuk gebetan:

“Aku berjanji tak akan mengulangi kesalahan terbodoh dalam hidupku lagi, tolong berikan aku kesempatan sekali lagi, untuk bisa mencintaimu lebih dari sebelumnya, maafkan aku."

“Aku memang tidak sempurna yang sperti kamu inginkan, tapi aku akan berusaha untuk menjadi lebih baik lagi untukmu, meski aku tidak tahu apa yang harus aku lakukan agar bisa berubah lebih baik lagi untukmu, mungkin kamu bisa kasih tahu caranya?."

“Kini hatiku makin pilu karena adanya asa yang terganggu, jauh dari dasar hatiku lewat torehan hati yang penuh pilu, ku curahkan jeritan hati ini, ku layangkan kata maaf padamu sebagai tanda keseriusanku padamu."

“Maaf, aku sudah melakukan banyak kesalahan untukmu, seandainya aku punya kesempatan lagi untuk memperbaiki dan menembus atas semua kesalahanku."

“Maafkan aku kekasihku, karena aku tidak bisa memberi warna terindah dalam hidupmu, kesempurnaan hidup ini hanyalah sebuah ketulusan hati yang ikhlas untuk kau miliki."

Kata Kata Minta Maaf Kepada Ibu


Ibu merupakan madrasah bagi anaknya, terkadang tanpa sadari ketika marah tak sengaja terucap kata-kata yang mungkin bisa menyakiti hati orang tua, terutama ibu. Berikut beberapa kata-kata minta maaf buat ibu agar menjadi motivasi:

“Air mata mengalir hingga landasan bumi, pedih menusuk kalbu yang kerang, ketidakmampuanku kusadari kini seperti saat di kala aku yang tak mampu kau beri, aku tahu semua ini tak akan cukuo untuk mu, maafkan diriku ibu…. aku belum bisa membagiakanmu dengan seluruh jiwa ragaku."

“Ibu, maafkan aku yang sampai saat ini masih belum bisa untuk membahagiakanmu sepenuhnya, masih saja ada kesedihan yang aku torehkan dalam setiap hari-harimu, maafkan aku, kesuksesan belum ada di tanganku, tetapi aku yakin do’amu untukku dalam meraih cita-cita dan kesuksesan selalu kau panjatkan untukku."

“Maafkan aku ibu, karena aku selalu marah setiap kali ibu menasihatiku, aku berlagak tidak punya telinga karena malas untuk menderkan omongan ibu, maaf ibu, maaf bukan maksud aku untuk seperti itu, namun sebenarnya aku sangat sayang kepadamu ibu…. “


Kata Kata Minta Maaf Buat Mantan


Rasa bersalah kepada mantan, entah karena menyakitinya dengan perkataan atau perbuatan terkadang membuat rasa kesal, berikut beberapa kata-kata minta maaf buat mantan agar dia lebih mengerti dan mau memaafkan :

“Aku memilih dia bukan karena cinta, tapi hanya karena tuntutan. Namun percayalah bahwa aku selalu mencintaimu meski aku tak bisa untuk memilikimu. Carilah kebahagiaan bersama orang lain, aku rela meski terasa sakit, karena hanya satu keingananmu terbesar yaitu melihatmu bahagia."

“Kata mantan bukanlah suatu julukan yang pantas untuk kita, lebih pantas disebut teman saja, sehinga kita akan tetap bisa saling mengulurkan tangan tanpa adanya kecemburuan dari pasangan kita di kemudian hari."

“Jika aku bisa tahu ini akan terjadi, aku lebih memilih tidak mengenalmu, bukan karena aku menyesal pernah memiliki cinta bersamamu tapi yang membuat aku menyesal adalah aku pasti menyakitimu. Maafkan aku."

“Jika aku bisa memilih, aku pasti akan memilih untuk bisa hidup denganmu sampai ajal memisahkan. Namun pilihan itu tidak ada, bisa ataupun tidak, inilah yang harus aku lakukan demi kebaikan kita, aku selalu mencintaimu."

“Aku pergi secepat ini dengan rasa cinta yang teramat besar terhadapmu, ini memang sangat menyakitkan, namun apalah daya, karena aku tak bisa untuk melawan perintah dari orang tua."

“Janganlah menyimpan dendam yang tak berkesudah dengan masa lalu yang telah kita lalui bersama, aku lakukan ini karena aku sadar, bahwa aku hanya bisa memberikan kamu penderitaan saja."

Kata Kata Minta Maaf Romantis


Kalau berbicara mengenai hati, yang pertama di perhatikan adalah soal hati, karena apabila hati sedang marah akan terasa sulit untuk berbicara dengan orang tersebut, meski demikian seburuk apapun itu harus meminta maaf entah kepada pasangan, orang tua, teman dan lain-lain. Berikut beberapa kata-kata minta maaf romantis yang pernah buat kesalahan pada pacar :

“Kamu adalah wanita tercantik yang pernah hadir dalam hidupku, tanpamu aku bukan siapa-siapa, maafkan aku karena telah banyak menyakitimu".

“Maaf kesalahanku hanya satu yaitu terlalu sayang sama kamu".

“Maaf aku menyukaimu, aku tahu rasa ini tak pantas untuk ku berikan padamu, tapi jujur aku sayang kamu walaupun kamu tidak tahu itu."

“Maafkan aku yang sering kali salah dalam berucap kata, bikin kata-kata yang tidak enak untuk di dengar, karena itu semua aku sayang kamu, sangat – sangat sayang kepadamu."

“Setulus hati aku minta maaf sama kamu, jangan ngambek terus nanti aku jadi bingung mau ngapain, karena kamu itu sesuatu banget buat aku."

“Aku lebih memilih membagi seluruh hidupku bersamamu, dari pada menghadapi sepanjang zaman di dunia ini seorang diri tanpamu karena kamu marah padaku."

“Aku minta maaf kepadamu, karena aku hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan dan dosa."

“membuatmu kecewa sungguh bukan keinginanku, maaf terkadang aku tak seperti dengan yang kamu harapkan."


Itulah beberapa kutipan dari Kata Kata Permohonan Maaf yang bisa Anda gunakan untuk mengekspresikan perasaan Anda. Semoga Anda menemukan apa yang Anda cari, ya!Jika Anda salah, minta maaf. Jika ada peluang yang bisa diambil, coba saja. Dan jika Anda memiliki sesuatu untuk dibicarakan dengan seseorang, ungkapkanlah.

Kalimat-kalimat itu terlihat sederhana ketika Anda membacanya. Namun, sebenarnya, itu tidak mudah dilakukan. Anda harus mencobanya agar Anda tidak merasa menyesal nanti.Ingat pepatah yang mengatakan lebih baik mencoba daripada tidak sama sekali. Tetap semangat!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar