Skip to main content

Pengertian Demokrasi dan Nilai-Nilai Demokrasi

Pengertian Demokrasi dan Nilai-Nilai Demokrasi. Istilah demokrasi dikenal dari bahasa yunani kuno yaitu demos dan cratos artinya pemerintahan rakyat. Pengertian demokrasi menurut Abraham Lincoln yaitu  “Pemerintahan dari rakyat (goverment of the people), oleh rakyat (by the people) dan untuk rakyat (for the people). Serta menurut Henry B. Mayo, diterangkan bahwa demokrasi merupakan sistem pemerintahan yang bercirikan dengan penentuan kebijakan oleh mayoritas.

Pengertian Demokrasi adalah Bentuk pemerintahan yang seluruh warga negara atau rakyat memiliki hak-hak dalam jalannya pemerintahan serta memiliki hak dalam mengambil keputusan dalam mengubah hidupnya sendiril. Sehingga Paham Demokrasi sangat disukai oleh masyarakat karna rakyat diberikan hak-hak yang dijaga yang biasa disebut kedaulatan rakyat. Demokrasi juga mempunyai nilai-nilai demokrasi sehingga dapat melihat lebih jelas tentang demokrasi sehingga tidak adanya perbedaan dalam mengartikan demokrasi, Mari kita lihat nilai-nilai demokrasi seperti dibawah ini.. 

Berikutnya adalah nilai demokrasi. (Baca arti dari nilai). Apa yang bisa kita hasilkan dari demokrasi. Itu adalah pertanyaan yang bisa dijawab dengan nilai kata. Nilai diri adalah sesuatu yang memiliki harga. Atau bisa juga dikatakan sebagai segala yang baik.

Lalu bagaimana jika nilai demokrasi dikatakan? Kita harus menjawabnya dengan apa yang diperoleh dengan menegakkan dan menjalankan demokrasi sebagai sistem pemerintahan di suatu negara.

Nilai-nilai Demokrasi 

Demokrasi mempunyai nila-nilai sebagai berikut....
1. Menjamin tegaknya keadilan 
2. Menekan penggunaan kebebasan seminimal mungkin 
3. Menyelenggarakan pergantian kepemimpinan secara teratur 
4. Menyelesaikan perselisihan dengan damai dan secara melembaga 
5. menjamin terselenggaranya perubahan dalam masyarakat secara damai/ tampa gejolak 
6. Mengakui dan menganggap wajar adanya keanekaragaman.

Demikianlah artikel tentang nilai nilai demokrasi. Semoga bermanfaat.terima kasih
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar