--> Skip to main content

Kumpulan Contoh Kata yang Mengandung Gabungan Huruf Konsonan dalam Kalimat

Contoh Kata yang Mengandung Gabungan Huruf Konsonan dalam Kalimat. Kombinasi konsonan adalah kombinasi dari dua huruf konsonan tertentu yang membentuk intonasi baru. Surat-surat itu termasuk ng, ny, sy, dan kh. Seperti halnya huruf diftong, kombinasi konsonan juga dapat ditempatkan di awal, tengah, atau belakang kata.

Beberapa contoh kata yang mengandung surat-surat ini akan dibahas secara khusus dalam artikel ini disertai dengan aplikasi mereka dalam sebuah kalimat. Contohnya adalah sebagai berikut!

  1. Sejumlah syarat telah dibawa oleh para pelamar kerja ke perusahaan tersebut. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: syarat, gabungan huruf konsonan: sy)
  2. Tarikh merupakan salah satu cabang ilmu dalam agama Islam. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: tarikh, gabungan huruf konsonan: kh)
  3. Setiap aku bertemu anak itu, selalu terlihat murung. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: murung, gabungan huruf konsonan: ng)
  4. Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: bangsa, gabungan huruf konsona: ng)
  5. Andi selalu memisahkan sebagian uang saku itu untuk ditabung. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: ditabung, gabungan huruf konsonan: ng)
  6. Candi itu memilik sebuah tangga di bagian dalam. (kata yang mengandng gabungan huruf konsonan: tangga, gabungan huruf konsonan: ng)
  7. Adik selalu bangun pada jam empat pagi. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: bangun, gabungan huruf konsonan: ng)
  8. Semua peserta musyawarah antar warga telah berkumpul di balai desa. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: musyawarah, gabungan huruf konsonan: sy)
  9. Acara seminar itu dihadiri oleh banyak peserta. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: banyak, gabungan huruf konsonan: ny)
  10. Lukisan itu terlihat seperti nyata. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: nyata, gabungan huruf konsonan: ny)
  11. Kucing itu telah mencuri ikan asin di meja makan. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: kucing, gabungan huruf konsonan: ng)
  12. Ujian akhir semester di kampus itu akan dilaksanakan pada hari Rabu besok. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: akhir, gabungan huruf konsonan: kh)
  13. Kampus itu terdapat kelas khusus bagi para karyawan. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: khusus, gabungan huruf konsonan: kh)
  14. Air di ngarai itu tidak selalu tersedia. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: ngarai, gabungan huruf konsonan: ng)
  15. Dia begitu senang tatkala mendapat hadiah tersebut. (kata yang mengandung gabungan huruf konsonan: senang, gabungan huruf konsonan: ng)



Begitu juga beberapa contoh kata yang mengandung kombinasi konsonan dalam kalimat. Untuk mengetahui beberapa referensi ke contoh surat lainnya, pembaca dapat membuka artikel seperti penggunaan huruf kapital dalam nama orang, contoh penggunaan huruf kapital di awal kalimat, contoh huruf diftong, contoh penggunaan huruf miring dalam nama buku , contoh penggunaan huruf miring dalam daftar pustaka, contoh penggunaan huruf kapital dalam kutipan langsung, serta contoh penulisan tebal dalam kalimat. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi semua pembaca, baik yang menyangkut surat-surat khususnya, bahkan bahasa Indonesia pada umumnya.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar