--> Skip to main content

Hubungan Sosialisasi dengan Kepribadaian dan Contoh Proses Sosialisasi Serta Cara Pembentukan Kepribadian.


Pada artikel kali ini kita akan membahas materi mengenai proses pembentukan kepribadian, pembentukan kepribadian, pengertian kepribadian, contoh kepribadian, cara pembentukan kepribadian, proses pembentukan karakter, proses sosialisasi, serta hubungan sosialisasi dengan kepribadian.


Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian

Pengertian Kepribadian

Kepribadian adalah keseluruhan cara seorang individu bereaksi dan berinteraksi dengan individu lain. Kepribadian paling sering dideskripsikan dalam istilah sifat yang bisa diukur yang ditunjukkan oleh seseorang.(id.wikipedia.org)

Hubungan Sosialisasi dengan Proses Pembentukan Kepribadian

Sosialisasi dan kepribadian bagaikan dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Kepribadian seseorang bukan berasal dari kelahirannya, melainkan dari proses belajar pada lingkungan sekitar.

Bagaimana proses terbentuknya kepribadian seseorang? Kepribadian seseorang dapat terbentuk melalui dua proses sosialisasi, yaitu:
  • Proses sosialisasi yang dikerjakan (tanpa sengaja) lewat interaksi sosial;
  • Proses sosialisasi yang dikerjakan (secara sengaja) lewat proses pendidikan dan pengajaran.
Proses sosialisasi tanpa sengaja terjadi jika seorang individu menyaksikan yang dilakukan orang. Proses menyaksikan dan berinteraksi akhirnya melahirkan proses sosialisasi. Misalnya, meniru model pakaian atau gaya hidup sehat dari orang-orang yang ada di sekitarnya.

Proses sosialisasi secara sengaja terjadi jika seseorang individu mengikuti pengajaran dan pendidikan yang dilakukan dengan sengaja oleh pendidik-pendidik yang mewakili masyarakat. Tujuan mengikuti pendidikan agar dapat memahami nilai dan norma yang dibutuhkan.

Misalnya, belajar di sekolah, mengikuti kursus menjahit, atau dengan sengaja mendengarkan ceramah-ceramah keagamaan. Dari kedua proses sosialisasi tersebut, kepribadian
seseorang dapat terwujud.

Demikian materi tentang hubungan Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian.

Baca juga: Pengertian dan Makna Sosialisasi
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar