--> Skip to main content

20 Contoh Rantai Makanan Ekosistem di Sungai Paling Lengkap

Contoh Rantai Makanan di Sungai. Selain itu, ekosistem sungai juga memiliki tanaman dan hewan yang mampu beradaptasi bahkan dalam kondisi air mengalir. Ini adalah salah satu faktor pendukung untuk membuat ekosistem sungai menarik. Seperti yang kita semua tahu, dalam ekosistem apa pun, harus ada hubungan yang kompleks antara lingkungan dan organisme di sekitarnya. Baca juga tentang contoh rantai makanan di laut.

Di bumi kita yang indah dan indah yang merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa, itu terdiri dari berbagai ekosistem alami di dalamnya. Salah satu ekosistem tersebut adalah ekosistem sungai. Ekosistem sungai adalah ekosistem akuatik yang memiliki beberapa karakteristik berbeda, termasuk air sungai yang terus mengalir dari hulu ke hilir, perubahan kondisi fisik dan kimia berlangsung terus menerus.

Contoh Rantai Makanan di Sungai

Hubungan antara unsur-unsur biologi dan non-biologi, yang dapat menciptakan hubungan ekologis atau yang biasa kita kenal dengan istilah "ekosistem". Kita juga dapat menyebut pola ekosistem ini sebagai pola interaksi, yang dalam pola tersebut mencakup pengaturan rantai makanan dan aliran energi makhluk hidup.

Nah, pada kesempatan ini, penulis akan membagikan pengetahuan Anda tentang contoh rantai makanan di sungai. Mari kita tinjau teman artikel ini, karena jika kita mengetahui sifat dari bumi kita yang tercinta, kita juga akan lebih bersemangat untuk merawat dan merawatnya, karena ini memang tugas dan tanggung jawab kita - individu, teman Juga membaca tentang rantai makanan di sawah.

Tidak terkecuali dengan ekosistem teman Anda, tentu saja ada juga proses interaksi yang terjadi antar komponen ekosistem di dalamnya. Salah satu pemahaman tentang ekosistem yang dimaksud adalah proses makan dan makan di antara komponen yang disebut rantai makanan.

rantai makanan adalah proses mentransfer energi makanan yang terjadi dari sumber daya tanaman ke organisme pada tingkat makanan dengan tingkat tforic yang lebih tinggi. Rantai makanan itu sendiri adalah bagian dari jaringan makanan dengan organisme autotrof yang dapat menghasilkan makanannya sendiri. Oke teman, ini adalah contoh rantai makanan di sungai.


  • Tumbuhan air → ikan pemakan tumbuhan → bangau → buaya → dekomposer
  • Lumut → ikan herbivora → ikan karnivora → buaya → dekomposer
  • Energi matahari → tumbuhan air → serangga air → kadal → ular → buaya → pengurai
  • Energi matahari → alga → udang → ikan air tawar → elang → pengurai
  • Energi matahari → fitoplankton → udang lembut → ikan lele → manusia → pengurai
  • Energi matahari → alga → serangga air  → kodok → ular → elang → pengurai
  • Energi matahari → alga → ikan air tawar → manusia → pengurai
  • Energi matahari → tumbuhan air → ikan herbivora → manusia →pengurai
  • Energi matahari → alga → ikan sepat → burung bangau → buaya → pengurai
  • Energi matahari → alga → ikan salmon → beruang → pengurai
  • Energi matahari → fitoplankton → keong mas → ikan mas → manusia → pengurai
  • Energi matahari → fitoplankton → yuyu → burung bangau → pengurai
  • Energi matahari → alga → ikan → beruang → dekomposer
  • Energi matahari → ganggang → ikan → bangau → buaya → dekomposer
  • Tumbuhan air → ikan → bangau → buaya


Di ekosistem sungai aliaran, peran organisme autrotofik tidak hanya diambil alih oleh tanaman hijau tinggi. Berbagai jenis geng dan fitoplankton juga bertindak sebagai organisme autrotofik yang tentu saja dapat menampung makanan mereka sendiri. Oke sobat itu beberapa rantai makanan yang umumnya terjadi di sungai. Baca juga tentang piramida rantai makanan.

Selain rantai makanan yang terjadi di sungai, ada beberapa jenis karakteristik ekosistem air sungai yang perlu Anda ketahui, teman, mari kita tengok saja.


  • Air di ekosistem sungai mengalir dari hulu ke hilir. Ini pasti, teman dan ini wajar, jadi tidak ada keraguan tentang fakta ini.
  • Perubahan terjadi pada kondisi fisik dan kimia ekosistem yang berlangsung terus menerus.
  • Kondisi fisik kimia pada tingkat aliran air di ekosistem sungai umumnya sangat tinggi.
  • Tumbuhan dan hewan yang hidup di sungai biasanya menyesuaikan dengan aliran sungai.
  • Untuk menambah pengetahuan semua teman saya tentang rantai makanan yang telah kita bahas di atas, Anda semua harus memahami posisi dan posisi setiap hewan dan tanaman dalam rantai makan, teman. Untuk itu, mari kita simak ulasannya di bawah ini.
  • Yaitu pemasok makanan dalam rantai makanan di sungai, atau disebut juga produsen. Dia adalah makhluk hidup dengan satu sel yang sangat kecil, dan tidak bisa dilihat oleh mata tanpa menggunakan kaca pembesar atau mikroskop, dan hidupnya mengambang di air sungai. Fitoplankton disebut produsen karena memiliki klorofil yang berfungsi untuk membuat makanan sendiri dengan bantuan sinar matahari. Dinginkan teman fitoplankton ini.
  • Selain fitoplankton, ada juga pengurai. Pengurai adalah pengurai makhluk hidup mati. Biasanya pengurai ini hidup di air sungai dan disebut juga dengan sebutan Pengurai akan memecah bangkai atau sisa-sisa makhluk hidup menjadi komponen yang lebih kecil, sehingga fitoplankton dapat digunakan kembali sebagai sumber nutrisi untuk membuat makanan.
  • Jika jenis hewan dan tanaman lain dalam rantai makanan di rantai makanan air sungai, tentu saja Anda semua sudah tahu, jadi penulis tidak perlu lagi membahasnya di artikel ini.


Dapat disimpulkan bahwa artikel tentang contoh rantai makanan di sungai di atas yang ditinjau secara rinci dan dikemas dengan menarik, diharapkan dapat membantu memfasilitasi penelitian dan memahaminya lebih dalam.

Sehingga nantinya bisa dijadikan bahan referensi yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan menambah wawasan Anda. Sampai di sini dulu, artikel yang membahas contoh rantai makanan di sungai. Semoga bermanfaat bagi Anda dan terima kasih telah meluangkan sedikit waktu untuk membaca artikel ini. Sampai jumpa lagi, teman di kesempatan lain.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar