Skip to main content

Biologi Molekuler : Pengertian dan Prosesnya

Perkembangan ilmu molekuler ini sendiri tidak dapat dipisahkan dari berbagai disiplin ilmu lain, seperti biologi sel, genetika, biokimia, kimia organik, dan biofisika. Pada dasarnya ilmu-ilmu ini akan mempelajari mata pelajaran yang sama, yaitu makhluk hidup, tetapi meskipun demikian, tetap dengan pendekatan dan perspektif yang berbeda.

Biologi molekuler adalah cabang ilmu biologi yang berkecimpung dalam biomolekul seperti DNA, RNA, dan protein. Perkembangan ilmu biologi molekular tidak dapat dipisahkan dengan berbagai macam disiplin ilmu-ilmu yang lain, sperti biologi sel, genetika, biokimia, kimia organik, dan biofisika.

Bagi Anda yang sudah pernah sekolah menengah, Anda harus telah mempelajari biologi molekuler. Setuju, teman? Istilah biologi molekuler itu sendiri pertama kali dikemukakan oleh William Astbury pada tahun 1945. Tahun bangsa kita merdeka, kawan.

Dia berpendapat bahwa biologi molekuler adalah studi tentang fungsi dan organisasi makhluk hidup (organisme) dalam hal struktur dan regulasi elemen molekuler atau komponen penyusunnya. Atau dengan kata lain biologi molekuler adalah ilmu yang terlibat dalam dunia biomolekul seperti DNA, RNA dan juga molekul.

Secara umum, ada beberapa metode yang digunakan dalam dunia biologi molekuler. Metode yang dimaksud meliputi:

1. Elektroforesis

Yang pertama adalah elektroforesis. Elektroforesis adalah metode pemisahan molekul seluler berdasarkan ukurannya dengan menggunakan medan listrik yang disalurkan ke media dengan sampel untuk dipisahkan. Teknik ini dapat digunakan untuk menganalisis DNA, RNA, dan protein. Sehingga fungsi DNA dan RNA bisa diketahui dengan jelas.

Berikut ini adalah salah satu contoh proses biologi molekuler yang digunakan dalam dunia perampasan. Adapun salah satu akun, itu seperti "Kloning Eksekusi". Salah satu teknik dasar biologi molekuler adalah "Eksekusi Kloning" yang digunakan untuk mempelajari protein serta proses kloning pada manusia atau hewan. Berikut ini adalah proses atau cara kerjanya.



  • Setelah dimasukkan ke dalam sel, protein dikodekan oleh fragmen DNA yang sekarang dapat diekspresikan oleh sel yang dimaksud.
  • Setelah itu, berbagai cara akan dilakukan untuk membuat penyisipan sehingga protein yang dimaksud diperoleh dalam jumlah besar, seperti promotor yang diinduksi dan juga faktor pensinyalan sel tertentu. Sejumlah besar protein tertentu kemudian dapat diekstraksi dari sel bakteri atau eukariota.
  • Potensi DNA dalam protein yang diinginkan ditransplantasikan ke plasmid (DNA sirkular yang biasa ditemukan pada bakteri).
  • Plasmid yang telah mengandung potongan-potongan DNA yang diinginkan kemudian dapat dimasukkan ke dalam sel bakteri atau sel hewan.
  • Penyisipan DNA ke dalam sel bakteri disebut trasformasi yang dapat dilakukan dengan berbagai metode.

2. Sentrifugasi

Yang kedua adalah sentrifugasi. Sentrifugasi digunakan untuk fraksinasi sel atau pemisahan bagian-bagian sel atau organel serta pemisahan molekuler. Prinsip definisi ini didasarkan pada fenomena yang mengatakan bahwa partikel-partikel yang tersuspensi dalam sebuah wadah (tabung) akan masuk ke dasar wadah karena pengaruh gravitasi. Tingkat sedimentasi akan dipercepat oleh centrifuge dengan memutar dengan kecepatan tinggi.

3. Radioisotop

Yang ketiga adalah radioisotop. Isotop itu sendiri adalah unsur kimia yang memiliki jumlah proton yang sama dalam nukleus atomnya, tetapi meskipun massa atomnya (jumlah proton dan neuron) berbeda. Beberapa isotop lebih dan secara spontan membusuk yang kadang-kadang diikuti oleh penyebaran radiasi elektromagnetik. Atom yang memiliki sifat seperti itu, disebut radioisotop. Penggunaan radioisotop digunakan untuk mendeteksi hasil reaksi kimia yang terdiri dari autoradiografi.

Itu teman, salah satu proses atau cara kerja biologi molekuler. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi Anda semua yang telah mengunjungi dan membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Salam hangat selalu.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar