Perubahan Kalimat Versi Ke Kalimat Inversi dan Contoh Kalimatnya

Perubahan Kalimat Versi Ke Kalimat Inversi dan Contoh Kalimatnya. Salah satu jenis kalimat yang ada adalah kalimat versi. Kalimat versi adalah kalimat yang ditulis menggunakan pola S-P-O-K. Selain itu, kalimat ini juga bisa dipindahkan ke bentuk kalimat lain, yaitu kalimat inversi. Cara untuk mengubahnya sendiri adalah menghilangkan elemen subjek (S) dalam versi kalimat dan menjadikan predikat (P) sebagai bagian awal. Elemen objek (O) dalam kalimat versi kemudian diubah menjadi subjek (S) ketika kalimat versi menjadi inversi. Elemen informasi (K) tidak dihilangkan dan ditempatkan setelah elemen subjek (S).



Adapun beberapa contoh perubahan kalimat versi ke kalimat inversi sendiri adalah sebagai berikut!

Contoh 1:

  • Kalimat versi : Ayah membawa oleh-oleh dari Singapura.
  • Kalimat versinya : Dibawanya oleh-oleh itu dari Singapura.


Contoh 2:

  • Kalimat versi : Bu Ikoh menjual emas-emasnya untuk membayar semua utang-utangnya.
  • Kalimat inversinya : Dijualnya emas-emas itu untuk membayar semua utang-utangnya.


Contoh 3:


  • Kalimat versi : Pak guru memarahi para siswa yang berbuat onar itu di lapangan sekolah.
  • Kalimat inversinya : Dimarahinya para siswa yang berbuat onar itu di lapangan sekolah.

Contoh 4:

  • Kalimat versi : Ibu membeli sayur mayur di pasar. (S: ibu, P: membeli, O: sayur mayur, K: di pasar)
  • Kalimat inversinya: Dibelinya sayur mayur itu di pasar. (P: dibelinya, S: sayur mayur itu, K: di pasar)


Dalam proses pengubahan kalimat versi di atas, predikat membeli yang semula terletak setelah subjek ibu berpindah ke awal kalimat dan berubah bentuk menjadi dibelinya. Adapun akhiran -nya pda predikat tersebut merupakan pengganti dari subjek ibu yang dihilangkan saat transisi kalimat versi ke inversi di atas dilakukan. Objek sayur mayur pada kalimat versi di atas berubah fungsi menjadi subjek (S) saat kalimat versi di atas berubah menajdi kalimat inversi. Sebagai penguat perubahan tersebut, frasa sayur mayur pada contoh kalimat di atas pun diberi tambahan kata itu.

Contoh 5:

  • Kalimat versi : Ayah membaca koran di beranda rumah.
  • Kalimat inversinya : Dibacanya koran itu di beranda rumah.


Sama seperti contoh pertama, predikat pada kalimat versi ini pun dipindah ke awal kalimat dan berubah bentuk menjadi dibacanya. Objek pada kalimat versi di atas juga berubah menjadi subjek saat dijadikan kalimat inversi.

Contoh 6:

  • Kalimat versi : Gabriel tengah memandikan anjing peliharaannya tadi pagi.
  • Kalimat inversinya : Dimandikannya anjing peliharaannya itu tadi pagi.

Dalam contoh yang satu ini, ada pemandian frasa tengah yang merupakan predikat dari kalimat versi di atas. Ketika versi kalimat diubah menjadi kalimat inversi, frasa berubah menjadi kata dimandikan dengan menghapus kata tengah dan mengubah kata mandi untuk memandikannya. Penghilangan kata tengah itu sendiri dilakukan karena predikat dalam kalimat inversi harus berupa kata, dan bukan frasa, klausa, atau kata majemuk.

Begitu juga beberapa contoh perubahan kalimat kalimat menjadi kalimat inversi dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kepada semua pembaca, baik mengenai versi spesifik kalimat, maupun materi pembelajaran bahasa Indonesia secara umum. Itu saja dan juga terima kasih.

Jika pembaca ingin mengetahui beberapa referensi ke versi, inversi, dan jenis kalimat lainnya, pembaca dapat melihat artikel berikut, yaitu: kalimat versi dan kalimat inversi, contoh dari kalimat dan pola inversi, contoh dari kalimat versi dan inversi, contoh akronim kalimat, contoh kalimat ucapan, dan contoh kalimat utama dalam paragraf.

Belum ada Komentar untuk "Perubahan Kalimat Versi Ke Kalimat Inversi dan Contoh Kalimatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel