Skip to main content

Pengertian Kalimat Versi dan Inversi dan Contoh Kalimatnya

Pengertian Kalimat Versi dan Inversi dan Contoh Kalimatnya. Dua jenis kalimat yang ada adalah kalimat versi dan inversi. Kalimat versi adalah kalimat yang memiliki pola S-P-O-K. Sementara itu, kalimat inversi adalah kalimat yang berpola P-S-K atau kalimat yang dimulai dengan elemen predikat di dalamnya. Dalam artikel ini, dua jenis kalimat akan ditampilkan dalam beberapa contoh. Contoh yang dimaksud adalah sebagai berikut



A. Contoh Kalimat Inversi

  1. Dibuangnya sampah-sampah itu ke dalam tong sampah. (P: dibuangnya, S: sampah-sampah itu, K: ke dalam tong sampah)
  2. Dijualnya  ayam-ayam goreng itu di depan pasar tradisional tersebut. (P: dijualnya, S: ayam-ayam goreng itu, K: di depan pasar tradisional tersebut)
  3. Dibelinya buah mangga itu dari toko buah tersebut. (P: dibelinya, S: buah mangga itu, K: dari toko buah tersebut)
  4. Dipakainya sepatu baru itu pada hari Senin kemarin. (P: dipakainya, S: sepatu baru itu, K: pada hari Senin kemarin)
  5. Dinaikinya tangga itu dengan penuh kehati-hatian. (P: dinaikinya, S: tangga itu, K: dengan penuh kehati-hatian)
  6. Dipetiknya pohon mangga itu oleh Pak Kadiman. (P: dipetiknya,S: pohon mangga itu, K: oleh Pak Kadiman)
  7. Dibelinya baju itu dengan uang sakunya sendirir. (P: dibelinya, S: baju itu, K: dengan uuang sakunya sendiri)
  8. Dibelinya makanan kucing itu untuk kucing peliharaannya. (P: dibelinya, S: makanan kucing itu, K: untuk kucing peliharaannya)
  9. Dipakainya baju baru itu pada hari taya Idul Fitri kemariin. (P: dipakainya, S: baju baru itu, K: pada hari raya Idul Fitri kemarin)

B. Contoh Kalimat Versi

  1. Risma sedang mencuci piring di dapur. (S: Risma, P: sedang mencuci, O: piring, K: di dapur)
  2. Haris sedang mengerjakan tugas sekolah di kamarnya. (S: Haris, P: sedang mengerjakan, O: tugas sekolah, K: di kamarnya)
  3. Cindy membuang sampah-sampah daun tersebut ke tong sampah. (S: Cindy, P: membuang, O: sampah-sampah daun tersebut, K: ke tong sampah)
  4. Yusak membeli buah mangga itu di toko buah. (S: Yusak, P: membeli, O: buah mangga itu, K: di toko buah)
  5. Farhan membeli pensil di toko buku itu. (S: Farhan, P: membeli, O: pensil, K: di toko buku itu)
  6. Ibu sedang membuat sayur sop di dapur. (S: ibu, P: sedang membuat, O: sayur sop, K: di dapur)
  7. Paman sedang membetulkan sepeda motor miliknya di bagasi. (S: paman, P: sedang membetulkan, O: sepeda motor miliknya, K: di bagasi)
  8. Kucing itu telah mencuri ikan asin dari rumah kami. (S: kucing itu, P: telah mencuri, O: ikan asing, K: dari rumah kami)
  9. Dena membeli buku impor dari toko buku tersebut. (S: Dena, P: membeli, O: buku impor, K: dari toko buku tersebut)

Jika pembaca ingin menambahkan referensi ke kalimat, pembaca dapat membuka artikel berikut, yaitu: elemen kalimat dalam bahasa Indonesia, karakteristik kalimat dalam bahasa Indonesia, contoh kalimat akronim, contoh kalimat kalimat dalam bahasa Indonesia, dan contoh kalimat kata kerja tunggal dan kata benda.

Demikian beberapa contoh kalimat versi dan kalimat inversi dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan baru bagi semua pembaca, baik mengenai kalimat versi dan inversi khusus, maupun materi pembelajaran bahasa Indonesia secara umum. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam artikel ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar