Pengertian Sintaksis dan Pragmatik - Contoh Kalimat Sintaksis dan Pragmatik

Pengertian dan Contoh Kalimat Sintaksis dan Pragmatik. Secara sederhana, pragmatik merupakan pemaknaan suatu kata atau kalimat beradasarkan konteks-konteks tertentu. Sementara itu, sintaksis diartikan sebagai cabang ilmu bahasa yang membahas tentang komponen-komponen dalam suatu kalimat. Kedua cabang ilmu ini biasa dikatakan terkait satu sama lain, dan juga terkait dengan ilmu semantik.

Pada artikel kali ini, kita akan mengetahui seperti apa contoh dari kedua cabang ilmu bahasa tersebut, yang mana contoh-contoh tersebut bisa dilihat sebagai berikut ini!



A. Contoh Pragmatik dalam Bahasa Indonesia

1. Rumah Makan Pak Usman

Secara semantik, kalimat di atas mungkin akan dimaknai sebagai rumahyang memakan Pak Usman. Padahal, secara pragmatik, kalimat di atas mempunyai makna rumah makan yang menyajikan masakan khas Pak Usman, atau bisa juga bermakna rumah makan milik Pak Usman. Kalimat di atas bisa saja ditulis seperti dua makna di atas agar tidak bias maknanya. Namun, karena dirasa terlalu panjang, maka akhirnya kalimat ini pun cukup ditulis dengan rumah makan Pak Usman saja.

2. Bu, Saya izin ke belakang.

Secara pragmatik, kalimat di atas mempunyai bentuk asli Bu, saya izin ke toilet. Namun, karena kata toilet dirasa kurang sopan untuk diucapkan, maka kata itu pun diganti menjadi kata belakang.

3. Bu, baksonya satu.



Secara pragmatik, kalimat di atas mempunyai makna Bu, saya pesan baksonya satu piring. Sebetulnya, makna tersebut adalah bentuk asli dari kalimat di atas. Namun, karena kalimat tersebut terlalu panjang saat diucapkan lewat lisan, maka kalimat itu pun diringkas tanpa mengurangi makna di dalamnya.

B. Contoh Sintaksis dalam Bahasa Indonesia

1, Kemarin, paman menawari Budi sebuah pekerjaan yang menarik.

Secara sintaksis, kalimat di atas terdiri atas kata keterangan waktu kemarin yang berperan sebagai keterangan, kata benda paman yang berperan sebagai subjek, kata kerja menawari yang berperan sebagai kata kerja, kata benda Budi yang berperan sebagai objek, serta frasa sebuah pekerjaan yang menarik yang berperan sebagai pelengkap.

2. Ikan pindang itu telah dicuri seekor kucing tadi pagi.

Kalimat di atas merupakan sebuah kalimat pasif. Dilihat secara sintaksis, kalimat di atas tersusun atas frasa ikan pindang itu yang berperan sebagai objek, frasa telah dicuri yang berperan sebagai predikat, frasa seekor kucing yang berperan sebagai subjek, dan frasa tadi pagi yang berperan sebagai unsur keterangan.

3. Ibu membeli ikan tongkol di pasar.

Secara sintaksis, kalimat di atas terdiri atas kata benda ibu yang berperan sebagai subjek, kata kerja membeli sebagai predikat, frasa ikan tongkol sebagai objek, dan frasa di pasat sebagai unsur keterangan.

4, Polisi berhasil menangkap gerombolan penjahat itu tadi pagi.

Secara sintaksis, kalimat di atas terdiri atas kata benda polisi yang berperan sebagai subjek, frasa berhasil menangkap yang berperan sebagai predikat, frasa gerombolan penjahat itu yang berperan sebagai objek, dan frasa tadi pagi yang berperan sebagai unsur keterangan.


Demikianlah beberapa contoh sintaksis dan pragmatik dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui referensi soal unsur-unsur bahasa dalam bahasa Indonesia, maka pembaca bisa membuka artikel jenis-jenis kata, frasa dalam bahasa Indonesia, klausa dalam bahasa Indonesia, jenis-jenis kalimat, dan unsur-unsur kalimat dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu memberi wawasan baru bagi para pembaca sekalian. Mohon dimaafkan pula jika terdapat kesalahan di artikel kali ini. Sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Sintaksis dan Pragmatik - Contoh Kalimat Sintaksis dan Pragmatik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel