Skip to main content

Pengertian Kata Serapan - Contoh Jenis-Jenis Istilah Serapan dalam Kalimat

Contoh Jenis-Jenis Istilah Serapan dalam Kalimat Bahasa Indonesia.Selain dikenal sebagai bahasa bersatu, bahasa Indonesia juga dikenal sebagai bahasa terbuka. Keterbukaan bahasa Indonesia sendiri dapat dilihat dari banyaknya istilah dari berbagai bahasa yang diserap ke dalam bahasa nasional negara kita. Istilah-istilah ini tentu saja tidak diserap begitu saja. Namun, istilah-istilah ini diserap menggunakan sejumlah cara. Metode-metode tersebut meliputi: adopsi, adaptasi, terjemahan, dan kreasi. Keempat metode tersebut kemudian membentuk berbagai jenis istilah absorpsi yang dinamai berdasarkan empat cara menyerap istilah asing ini.

Di pihak lain, penerjemahan merupakan proses penyerapan istilah yang dilakukan dengan cara menerjemahkan suatu istilah asing dengan padanan kata dari bahasa Indonesia, sesuai dengan konsep dan jumlah kata pada istilah asing tersebut. Adapun pengertian dari kreasi sendiri merupakan proses penyerapan istilah asing yang dilakukan dengan cara menerjemahkan istilah asing ke dalam padanan kata bahasa Indonesia, dengan jumlah kata yang lebih banyak atau sedikit dibanding jumlah kata istilah asing yang diterjemahkan tersebut.



Adopsi merupakan proses penyerapan istilah asing secara utuh, tanpa diadaptasi atau diterjemahkan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Sementara itu, adaptasi merupakan proses penyerapan istilah asing dengan cara menyesuaikan penulisan istilah asing tersebut kaidah penulisan bahasa Indonesia.


Untuk mengetahui bentuk dari keempat jenis istilah serapan tersebut, berikut ditampilkan beberapa contohnya yang ditampilkan dalam kalimat dan bisa disimak sebagaimana berikut ini!


A. Contoh Istilah Serapan Terjemahan dalam Kalimat


Para warganet mengecam segala perilaku buruk artis tersebut.
  • Istilah asing hasil terjemahan: warganet, bentuk kata aslinya: netizen.

Tempat wisata itu merupakan salah satu destinasi favorit para wisatawan yang suka melakukan swafoto.
  • Istilah asing hasil terjemahan, swafoto, bentuk kata aslinya: selfie.


B. Contoh Istilah Serapan Kreasi dalam Kalimat


Untuk info selengkapnya, pembaca bisa menghubungi nomor narahubung yang tertera di bawah ini.
  • Istilah asing hasil kreasi: narahubung, asal katanya: call center

Pada acara gelar wicara tersebut, Ivan Lanin didapuk sebagai salah satu narasumbernya.
  • Istilah asing hasil kreasi: gelar wicara, asal katanya: talkshow.

C. Contoh Istilah Serapan Adopsi dalam Kalimat

Di restoran tersebut, terdapat berbagai varian menu pizza yang bisa dipesan oleh pengunjung.
  • Istilah serapan hasil adopsi: pizza, asal kata: bahasa Italia.

Restoran tersebut menyajikan sushi sebagai menu utamanya.
  • Istilah serapan hasil adopsi: sushi, asal kata: bahasa Jepang.


D. Contoh Istilah Serapan Adaptasi dalam Kalimat

Anak-anak itu tengah belajar teater bersama dengan Pak Kusbini di sanggar milik beliau.
  • Istilah asing hasil adaptasi: teater, bentuk kata aslinya: theatre.

Setelah bertahun-tahun menjadi karyawan swasta, Pak Anwar kini beralih profesi menjadi penjaja jasa perbaikan komputer.
  • Istilah asing hasil adaptasi: komputer, bentuk kata aslinya: computer.

Jika pembaca ingin menambah referensi soal istilah dan makna kata, maka pembaca bisa membuka beberapa artikel berikut, yaitu: jenis-jenis istilah dalam bahasa Indonesia; ciri-ciri istilah dan cara penyerapannya; makna kata, makna istilah, dan ungkapan; jenis-jenis makna kata; serta artikel contoh makna kata.

Demikianlah beberapa contoh jenis-jenis istilah serapan dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan baru bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai istilah serapan khususnya, maupun bahasa Indonesia pada umumnya. Mohon dimaafkan jika terdapat kekeliruan di dalam artikel kali ini. Sekian dan terima kasih.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar