Pengertian Penyempitan Makna Kata dan Contohnya

Penyempitan Makna Kata, Pengertian dan Contohnya. Kali ini, kita akan membahas satu makna kata lain, yaitu penyempitan makna atau makna spesialisasi. Jenis makna ini akan dibahas mulai dari pengertian serta beberapa contoh makna kata yang termasuk spesialisai. Penyempitan Makna Kata, Pengertian dan Contohnya – Sebelumnya, kita telah membahas berbagai macam jenis-jenis makna kata, seperti makna leksikal dan contohnya,  contoh makna referensial dan non referensial, makna gramatikal dan contohnya, makna metaforis, polisemi, makna struktural,contoh makna kontekstual dan konseptual, dan lain sebagainya.  


Pengertian Penyempitan Makna Kata atau Makna Spesialisasi


 Penyempitan makna atau spesialisasi termasuk ke dalam jenis-jenis pergeseran makna. seperti halnya makna sinestesia dan contohnya. Penyempitan makna atau spesialisasi adalah proses penyempitan sebuah makna kata, yang semula bermakna luas menjadi bermakna sempit atau khusus.Selain itu, jenis makna kata ini merupakan kebalikan dari makna generalisasi, dimana generalisasi adalah perluasan makna sebuah kata yang mempunyai suatu makna yang khusus.

Untuk lebih memahami penyempitan makna kata, berikut disajikan beberapa contoh penyempitan makna kata atau makna spesialisasi.

1. Sastra

Kata ini sebelumnya mempunyai makna umum yaitu tulisan. Namun, proses penyempitan makna membuat kata ini mempunyai makna baru yang khusus, yaitu karya tulis yang besifat estetis dan mengandung unsur-unsur tertentu di dalamnya.

2. Kitab

Makna umum kata ini adalah buku. Setelah dispesialisasi, makna kata ini berubah menjadi wahyu Tuhan yang dibukukan.

3. Bunga

makna umum kata ini adalah bagian tumbuhan yang akan menjadi buah yang berbentuk elok dan harum aromanya. Adapun makna spesialiasi  kata ini adalah pendapatan atas setiap investasi modal. Jika ditambahkan dengan kata tertentu, maka kata ini akan mempunyai makna yang semakin sempit dan khusus, misalnya:

  • Bunga mawar yang bermakna jenis bunga berwarna merah serta berduri di tangkainya.
  • Bunga hati yang bermakna kekasih.
  • Bunga desa yang bermakna gadis desa yang cantik dan diperebutkan oleh banyak pemuda.

4. Motor

Kata ini semula bermakna alat penggerak yang ada di semua jenis mesin. Setelah dilakukan penyempitan makna, kata ini pun mempunyai makna yang khusus, yaitu kendaraan yang beroda dua yang mempunyai alat penggerak di dalamnya.

5. Jurusan

Kata ini semula mempunyai makna arah atau tujuan. Setelah dilakukan spesialisasi, kata ini pun mempunyai makna yang lebih sempit atau khusus, yaitu bagian dari pengkajian ilmu yang ada di sebuah perguruan tinggi. Agar maknanya makin menyempit, kata ini bisa diubah menjadi kata majemuk dengan cara menambahkan kata lain di belakangnya, seperti kata mesin pada jurusan mesin, komunikasi pada jurusan komunikasi, dan sebagainya.

6. Pohon

Kata ini termasuk kata yang bersifat general atau mempunyai makna yang luas. Adapun makna utama kata ini adalah sebuah tumbuhan yang berbatang keras dan kasar. Cara untuk menyempitkan kata ini adalah dengan menambahkan kata lain di belakangnya, misalnya:

Pohon kayu yang bermakna pokok kayu
Pohon bahasa yang bermkana sendi atau dasar-dasar bahasa.
Pohon Bedaru yang merupakan jenis pohon yang bernama ilmiah Urandra comiculata.


Demikianlah pembahasan penyempitan maknakata , mulai dari pengertian hingga ke contoh-contohnya. Jika ingin membaca artikel penyempitan makna kata beserta contohnya dalam kalimat, pembaca bisa membuka artikel berikan contoh kalimat penyempitan makna dalam bahasa Indonesia. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan mampu menambah wawasan para pembaca sekalian. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Penyempitan Makna Kata dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel