Pengertian Paragraf Perbandingan dan Contohnya

Pengertian Paragraf Perbandingan dan Contohnya. Apa yang Anda maksud dengan paragraf perbandingan? Paragraf komparatif adalah paragraf di mana ide utamanya adalah bentuk perbandingan yang baik dari suatu objek yang memiliki persamaan atau perbedaan. Agar lebih jelas, inilah contohnya:


Contoh paragraf perbandingan 1
Polisi dan tentara merupakan salah satu profesi yang sangat berjasa dalam menjaga keamanan di negeri ini. Polisi bertugas menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat, menjaga kestabilan, seperti menangani konflik-konflik internal yang terjadi. Bukan dalam hal itu saja, polisi juga harus mengayomi agar masyarakat merasa aman dari berbagai ancaman yang tidak di inginkan. Begitu pula dengan tentara yang juga merupakan aparat pengaman untuk Negara dari berbagai tindak teror serta ancaman yang datang dari dalam dan luar negeri. Tentara bertugas menjaga kedaulatan NKRI dari ancaman terror dan semacamnya. Oleh karena itu polisi dan tentara merupakan alat Negara yang sangat berjasa dalam menjaga kemananan, ketertiban masyarakat dan Negara.


Contoh paragraf perbandingan 2
Masyarakat yang tinggal di Jakarta sudah tidak asing lagi dengan banjir. Bahkan banjir sudah dianggap sebagai bencana rutin yang terjadi setiap tahunya. Saat musim hujan tiba, beberapa daerah di Jakarta pasti di tenggalamkan oleh air kiriman dari bogor. Hal tersebut merupakan permasalahan yang belum juga terselesaikan oleh pemerintah daerah hingga saat ini. Sama halnya dengan banjir, di musin kemarau, kebakaran di Jakarta pun kerap kali terjadi. Biasanya tempat-tempat kumuh yang padat penduduk menjadi langganan bencana kebakaran ini. Rumah semi permanen dan semerawutnya kabel listrik menjadi salah satu penyebab kebakaran. Maka dari itu pemerintah Jakarta berperan penting untuk menangani semua kejadian tersebut.

Contoh paragraf perbandingan 3
Orangtuaku terkadang memang sedikit lebih galak dan sering memarahiku. Terutama Ayahku yang sering berbicara dengan nada suara yang tinggi. Sehingga orang yang berbicara dengannya pasti akan merasa aneh. Namun, dibalik sifatnya itu, Ayah sangat menyayangi keluarganya. Hal itu terbukti karena Ayah merupakan imam terbaik dalam kehidupan dan keluargaku. Berbeda dengan sifat ayah, ibu sangat lemah lembut, nada suaranya pun nyaman didengar, sehingga orang yang sedang bicara dengan ibu merasa nyaman. Setiap pagi ibu selalu menyiapkan sarapan untuk kami. Oleh karena itu Ayah dan Ibu merupakan harta yang sangat berharga bagiku.

Demikianlah bahasan mengenai paragraf perbandingan beserta contohnya dalam bahasa Indonesia. Artikel lainnya yang dapat Anda baca : contoh kalimat perbandingan seperti, contoh kalimat perbandingan laksana, contoh konjungsi subordinatif hubungan perbandingan, contoh paragraf eksposisi perbandingan, contoh pronomina persona, contoh teks diskusi tentang kesehatan, contoh teks diskusi tentang narkoba, jenis-jenis pronomina, contoh kalimat merpersilahkan, contoh kalimat tunggal nomina, contoh kalimat tunggal adjektiva, contoh frasa endosentris dalam iklan, contoh syair agama, dan contoh syair persahabatan. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Paragraf Perbandingan dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel