Contoh Paragraf Ineratif Dirubah Menjadi Paragraf Deduktif

Contoh Paragraf Ineratif Dirubah Menjadi Paragraf Deduktif. Sebelumnya, kita sudah tahu beberapa contoh paragraf ineratif menjadi paragraf induktif. Kali ini, kita akan menemukan beberapa contoh perubahan dalam paragraf ineratif menjadi paragraf lain, yaitu paragraf deduktif. Sebelum kita pergi ke contoh, kita perlu tahu dulu bagaimana paragraf ineratif berubah menjadi paragraf deduktif. Cara untuk mengubah paragraf ineratif menjadi deduktif itu sendiri adalah dengan mengubah posisi kalimat utama yang semula di tengah paragraf menjadi awal paragraf. Kata-kata dalam kalimat utama yang dipindahkan juga dapat diubah tanpa mengurangi arti kalimat tersebut.

Contoh mengubah paragraf ineratif menjadi paragraf deduktif sendiri dapat dilihat sebagai berikut!


Contoh 1:

Bentuk paragraf ineratifnya:

Lambat laun, internet telah memudahkan hidup kita. Karena internet, kita jadi mudah mengakses informasi dan ilmu pengetahuan yang mungkin sulit di dapat di zaman dahulu. Karena internet pulalah, kita bisa berkenalan dengan orang lain yang tinggalnya jauh di nun jauh sana. Sayangnya, internet yang membuat segalanya mudah justru tidak sepenuhnya digunakan secara dewasa. Ini terbukti dari banyaknya konten-konten sampah dan berita palsu yang bertebaran di internet. Melihat fenomena ini, maka literasi media harus digalakkan di lingkungan masyarakat agar masyarakat bisa berinternet secara dewasa. Sebab, jika ketidakdewasaan dalam berinternet masih dilakukan, maka faedah positif dari internet akan menghilang begitu saja.

Setelah diubah, maka paragraf di atas menjadi paragraf deduktif sebagai berikut:

Literasi media harus digalakkan di lingkungan masyarakat agar masyarakat bisa berinternet secara dewasa. Hal tersebut mesti dilakukan karena sebagaimana kita tahu, bahwa internet telah memudahkan hidup kita. Karena internet, kita jadi mudah mengakses informasi dan ilmu pengetahuan yang mungkin sulit di dapat di zaman dahulu. Karena internet pulalah, kita bisa berkenalan dengan orang lain yang tinggalnya jauh di nun jauh sana. Sayangnya, internet yang membuat segalanya mudah justru tidak sepenuhnya digunakan secara dewasa. Ini terbukti dari banyaknya konten-konten sampah dan berita palsu yang bertebaran di internet. Jika ketidakdewasaan dalam berinternet masih dilakukan, maka faedah positif dari internet akan menghilang begitu saja.

Contoh 2:

Bentuk paragraf ineratifnya:

Kurang tidur akan mengakibatkan kita tidak konsentrasi dan mudah mengantuk saat beraktivitas di siang hari. Maka dari itu, tidur yang cukup setelah beraktivitas sangatlah perlu dilakukan agar dampak buruk kurang tidur tidak menimpa kita. Jika terus-menerus kurang tidur, maka bukan tidak mungkin penyakit kronis seperti penyakit jantung juga akan menyerang tubuh kita.

Setelah diubah menjadi paragraf deduktif, maka paragraf di atas akan berubah menjadi:

Tidur yang cukup setelah beraktivitas sangatlah perlu dilakukan agar dampak buruk kurang tidur tidak menimpa kita. Sebab, urang tidur akan mengakibatkan kita tidak konsentrasi dan mudah mengantuk saat beraktivitas di siang hari. Jika terus-menerus kurang tidur, maka bukan tidak mungkin penyakit kronis seperti penyakit jantung juga akan menyerang tubuh kita.

Demikianlah beberapa contoh paragraf ineratif menjadi paragraf deduktif dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan para pembaca sekalian, baik itu mengenai paragraf ineratif maupun bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin menambah wawasan soal perubahan suatu paragraf, maka pembaca bisa membuka beberapa artikel berikut, yaitu: contoh paragraf induktif menjadi deduktif; contoh paragraf deduktif menjadi induktif; contoh paragraf campuran menjadi paragraf deduktif; dan contoh paragraf campuran menjadi paragraf induktif. Sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Paragraf Ineratif Dirubah Menjadi Paragraf Deduktif "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel