--> Skip to main content

Pengertian Makna Lokusi dan Ilokusi dan Contoh Makna Lokusi dan Ilokusi

Pengertian Makna Lokusi dan Ilokusi dan Contoh Makna Lokusi dan Ilokusi. Makna ilokusi merupakan makna khusus yang terkandung dalam suatu hal, utamanya dalam suatu pernyataan ataupun kalimat. Sementara itu, Makna lokusi dan ilokusi merupakan dua diantara jenis-jenis makna kata yang ada di dalam kaidah bahasa Indonesia. Makna lokusi merupakan sebuah makna lugas atau sebenarnya dari suatu hal. Kedua makna yang berbeda satu sama lain ini akan ditampilkan beberapa contohnya dalam artikel kali ini. Adapun contoh-contoh tersebut adalah sebagai berikut ini!


A. Contoh Makna Ilokusi dalam Bahasa Indonesia




Pudar sekali cat rumahmu itu.
Makna ilokusi pada kalimat di atas adalah si pemilik rumah yang cat rumahnya memudar itu harus segera mengecat kembali rumahnya dengan warna cat yang lebih baru, mengingat warna cat lama rumah tersebut sudah semakin memudar.

Apa kau tak malu berpakaian seperti itu?
Makna ilokusi pada kalimat di atas adalah agar seseorang yang memakai pakaian tersebut harap mengganti pakaiannya, mengingat pakaian tersebut merupakan pakaian yang tidak cocok dipakai dan akan menimbulkan malu bagi pemakainya.

Aku rasa sebaiknya sampah itu harus ditaruh ke tempatnya semula.
Makna ilokusi pada kalimat di atas adalah bahwa sampah yang ditemukan itu mesti ditaruh atau dibuang ke tempatnya semula, yaitu tong sampah.

Mau sampai kapan kau akan hidup seperti ini?
Kalimat tanya retorik di atas mempunyai makna ilokusi berupa sindiran atau motivasi kepada orang-orang yang hidupnya stagnan.

Awas, di sini ada anjing galak!
Kalimat di atas mempunyai makna bahwa di tempat tersebut terdapat seekor anjing galak, sehingga orang-orang yang hendak ke tempat tersebut harus waspada.

B. Contoh Makna Lokusi dalam Bahasa Indonesia

  1. Hari ini, Pak Handoko beserta keluarganya akan berlibur ke Pulau Bali.
  2. Pak Ronald dan koleganya akan melakukan rapat tertutup sore nanti.
  3. Menurut penuturan Arini, Putri tidak bisa bersekolah hari ini karena dia harus menemani ibunya yang sedang dirawat di rumah sakit.
  4. Rumah Pak Cokro ada di Jalan Kenanga atau sekitar 20 meter dari perempatan jalan ini.
  5. Ulfa merupakan lulusan terbaik dari Universitas Harapan Jaya.
  6. Pak Arifin merupakan ayah dari Ali dan juga Andi.
  7. Kemarin, kami sempat berbincang-bincang dengannya sebentar.
  8. Taman kota itu rencananya akan direnovasi dalam waktu yang lama.
  9. Ikan-ikan hias di akuarium itu merupakan ikan-ikan yang dipelihara oleh Pak Musworo.
  10. Jakarta merupakan ibukota dari negara republik Indonesia.
  11. Andi adalah anak keempat dari lima bersaudara.
  12. Akhdiyat Duta Modjo merupakan vokalis dari grup musik Sheila on 7.
  13. Sapardi Djoko Damono merupakan salah satu penyair kenamaan di Indonesia.
  14. Pak Gatot bekerja di sebuah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang pertambangan.
  15. Nathan mendapat nilai 90 pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Demikianlah beberapa contoh makna lokus dan ilokusi dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui contoh-contoh lain dari lokus dan makna ilokusi atau contoh-contoh jenis makna lain, pembaca dapat membuka artikel-artikel berikut, yaitu: contoh makna lokus, contoh makna ilokusi, contoh makna tata bahasa dan leksikal, contoh-contoh dari perubahan spesialisasi, contoh perubahan dalam generalisasi makna, serta artikel misalnya perubahan makna sinestesia. Semoga bermanfaat dan mampu memberikan wawasan baru bagi semua pembaca, baik mengenai makna ilokusi dan perlokusi pada khususnya, maupun pada materi pembelajaran bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan juga terima kasih.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar