Pengertian Kalimat Pasif Transitif dan Contoh Kalimatnya

Pengertian Kalimat Pasif Transitif dan Contoh Kalimatnya. Kalimat pasif transitif merupakan salah satu diantara jenis-jenis kalimat pasif dan jenis-jenis kalimat berdasarkan subjeknya. Kalimat ini sendiri merupakan bentuk pasif dari kalimat aktif transitif. Salah satu ciri khas dari kalimat ini adalah adanya imbuhan di- atau di-an pada bagian predikatnya. Selain itu, kalimat ini mempunyai pola yang khas, di mana pola kalimat dasar beserta contohnya yang terkanding pada kalimat ini adalah O-P-S dan O-P-S-K. 


Untuk mengetahui seperti apa bentuk kalimat ini, berikut ditampilkan beebraapa contoh kalimat pasif transitif dalam bahasa Indonesia!

  1. Ikan asin itu telah dimakan kucing peliharaanku, (O= ikan asin, P= telah dimakan, S= kucing peliharaanku)
  2. Pagar itu dicat Paman dengan menggunakan cat berwarna krem. (O= pagar itu, P= dicat, S= paman, K= dengan menggunakan cat berwarna krem)
  3. Penjahat itu telah ditangkap polisi tadi pagi. (O= penjahat itu, P= telah ditangkap, S= polisi, K= tadi pagi)
  4. Sejumlah barang bukti ditemukan polisi di kamar indekos pelaku. (O= sejumlah barang bukti, P= ditemukan, S= polisi, K= di kamar indekos pelaku)
  5. Putra dijenguk teman-temannya kemarin sore. (O= Putra, P= dijenguk, S= teman-temannya, K= kemarin sore)
  6. Fitri dtelepon Ayahnya saat jam istirahat sekolah. (O= Fitri, P= ditelepon, S= Ayahnya, K= saat jam istirahat sekolah)
  7. Lani dibawa petugas PMR ke UKS. (O= Lani, P= dibawa, S= petugas PMR, K= ke UKS)
  8. Korban tabrak lari itu dibawa warga ke rumah sakit terdekat. (O= korban tabrak lari itu, P= dibawa, S= warga, K= ke rumah sakit terdekat)
  9. Soal-soal ujian itu telah dikerjakan Ika dengan sangat baik. (O= soal-soal ujian itu, P= telah dikerjakan, S= Ika, K= dengan sangat baik)
  10. Emas Bu Susan telah dibeli Bu Musworo. (O= emas Bu Susan, predikat= telah dibeli, S= Bu Musworo)
  11. Kalung itu diberikan Winda untuk saudara kembarnya yang tengah berulang tahun. (O= kalung itu, P= diberikan, S= Winda, K= untuk saudara kembarnya yang tengah berulang tahun)
  12. Mobil itu telah dibeli Pak Daniel dengan biaya yang cukup mahal. (O= mobil itu, P= dibeli, S= Pak Daniel, K= dengan biaya yang cukup mahal)
  13. Kalung itu ditemukan Shani di pinggir jalan. (O= kalung itu, P= ditemukan, S= Shani, K= di pinggir jalan)
  14. Gelang dan kalung itu digadaikan Ibu ke pegadaian. (O= gelang dan kalung itu, P= digadaikan, S= Ibu, K= ke pegadaian)
  15. Gitar itu dilelang Ivan di acara amal tersebut. (O= gitar itu, P= dilelan, S= Ivan, K= di acara amal tersebut)
  16. Puisi itu dibacakan Indah dengan sangat baik. (O= puisi itu, P= dibacakan, Indah, K= dengan sangat baik)
  17. Puisi itu digubah Haris dengan sepenuh hatinya. (O= puisi itu, P= digubah, S= Haris, K= dengan sepenuh hatinya)

Begitu juga beberapa contoh kalimat pasif transitif dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin melihat beberapa contoh kalimat pasif atau jenis kalimat lainnya, pembaca dapat membuka contoh kalimat pasif dalam bahasa Indonesia, contoh kalimat aktif intransitif, contoh kalimat aktif semitransitif, dan contoh kalimat dan pola transitif aktif.

Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kepada semua pembaca, baik terkait kalimat tertentu, dan tentang bahasa Indonesia secara umum. Itu saja dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Kalimat Pasif Transitif dan Contoh Kalimatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel