Pengertian Kalimat Pasif Intransitif dan Contoh Kalimatnya

Pengertian Kalimat Pasif Intransitif dan Contoh Kalimatnya. Kalimat pasif intransitif merupakan salah satu diantara jenis-jenis kalimat pasif serta jenis-jenis kalimat berdasarkan subjeknya. Kalimat pasif ini merupakan kalimat yang tidak mempunyai objek dan predikatnya dibubuhi dengan imbuhan di-, di-kan, ataupun ter-. Biasanya, pola kalimat dasar beserta contohnya yang terkandung pada kalimat ini adalah S-P-K atau S-P-Pel. Supaya pembaca lebih paham, di artikel kali ini akan ditampilkan beberapa contoh kalimat pasif intransitif tersebut.



Adapun contoh-contoh yang dimaksud adalah sebagai berikut!

  1. Emas itu digadaikan ke toko emas. (pola kalimat= S-P-K, di mana S= emas itu, P= digadaikan, K- ke toko emas)
  2. Sejumlah barang bukti telah ditemukan di kamar indekos korban. (pola kalimat= S-P-K, di mana S= sejumlah barang bukti, P= ditemukan, K= di kamar indekos korban)
  3. Anak itu dibesarkan oleh orang tua tirinya. (pola kalimat= S-P-K, di mana S= anak itu, P= dibesarkan, K= oleh orang tua tirinya)
  4. Tindak kejahatan itu telah terekam kamera CCTV. (pola kalimat= S-P-Pel, di mana S= tindak kejahatan itu, P= telah terekam, Pel= kamera CCTV)
  5. Produk kosmetik itu telah didistribusikan ke semua toko kosmetik yang ada. (pola kalimat= S-P-K, di mana S= produk kosmetik itu, P= telah didistribusikan, K= ke semua toko kosmetik yang ada)
  6. Daun-daun yang berjatuhan itu telah terhempas oleh angin. (pola kalimat= S-P-K, di mana S= daun-daun yang berjatuhan itu, P= telah terhempas, K= oleh angin)
  7. Kaset musik itu dijual di gerai-gerai musik terdekat. (pola kalimat= S-P-K, di mana S= kaset musik itu, P= dijual, K= di gerai-gerai musik terdekat)
  8. Pelaku telah tertangkap polisi. (pola kalimat= S-P-Pel, di mana S= pelaku, P= telah tertangkap, Pel= polisi)
  9. Keberadaan pelaku tengah dilacak sejumlah intel dan anjing pelacak. (pola kalimat= S-P-Pel, di mana S= keberadaan pelaku, P= tengah dilacak, Pel= sejumlah intel dan anjing pelacak)
  10. Sayur-sayuran itu tengah dijual di pasar. (pola kalimat= S-P-K, di mana S= sayur-sayuran itu, P= tengah dijual, K= di pasar)
  11. Korban tabrak lari itu dilarikan ke rumah sakit terdekat. (pola kalimat= S-P-K, di mana S= korban tabrak lari itu, P= dilarikan, K= ke rumah sakit terdekat)
  12. Sepeda motor itu tertabrak sebuah mobil bus antarkota. (pola kalimat= S-P-Pel, di mana S= sepeda motor itu, P= tertabrak, Pel= sebuah mobil bus antarkota)
  13. Rumah-rumah itu telah tertimpa tanah longsor. (pola kalimat= S-P-Pel, di mana S= rumah-rumah itu, P= telah tertimpa, Pel= longsor)
  14. Mobil itu terperosok ke dalam jurang. (pola kalimat= S-P-K, di mana S= mobil itu, P= terperosok, K= ke dalam jurang)
  15. Mobil itu tertimpah oleh sebuah pohon yang besar. (pola kalimat= S-P-K, di mana S= mobil itu, P= tertimpa, K= oleh sebuah pohon yang besar)

Demikian beberapa contoh kalimat pasif intransitif dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui contoh lain kalimat pasif atau jenis kalimat lainnya, pembaca dapat membuka artikel seperti kalimat pasif dalam bahasa Indonesia, contoh kalimat aktif transitif, contoh kalimat aktif intransitif, contoh kalimat definisi, dan contoh definisi dari hewan.

Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kepada semua pembaca, baik itu tentang kalimat khususnya, atau tentang bahasa Indonesia secara umum. Itu saja dan juga terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel