Pengertian Dan Contoh Paragraf Eksposisi Perbandingan tentang Pertanian

Pengertian Dan Contoh Paragraf Eksposisi Perbandingan tentang Pertanian. Paragraf Eksposisi Perbandingan adalah salah satu jenis paragraf eksposisi yang berisi perbandingan sesuatu dengan yang lain. Hal-hal yang digunakan sebagai perbandingan harus lebih nyata atau konkret atau setidaknya dipahami secara umum. Berikut adalah contoh paragraf eksposisi komparatif tentang pertanian:



Metode Pertanian Konvensional dan Modern

Secara umum, ada dua metode pertanian, yaitu metode pertanian konvensional dan metode pertanian modern. Setiap metode memberikan pengaruh yang berbeda terhadap produktivitas produk pertanian. Perbedaan kedua dalam metode pertanian ini terletak pada konsep pertanian yang diterapkan, alat pertanian yang digunakan, dan sifat resistensi tanaman.

Metode pertanian konvensional banyak diterapkan di negara berkembang dibandingkan dengan negara maju. Alat pertanian yang digunakan masih tradisional, seperti tenaga manusia untuk menanam, memanen, dan mengolah produk pertanian; kekuatan hewan seperti kerbau untuk membajak sawah; cangkul; dan sabit. Konsep pertanian yang diterapkan pada pertanian konvensional umumnya adalah konsep pertanian non-organik, yang merupakan konsep pertanian yang lebih mengandalkan penggunaan bahan kimia seperti pestisida untuk memelihara dan pupuk kimia untuk mempercepat pertumbuhan pertumbuhan tanaman. Penggunaan bahan kimia dalam pertanian konvensional memiliki dampak pada daya tahan tanaman yang tidak bertahan lama atau bersifat jangka pendek. Akibatnya, negara-negara yang mematuhi sistem pertanian konvensional cenderung lebih bergantung pada impor karena ketersediaan produk pertanian yang terbatas.

Ini tentu sangat berbeda dengan metode pertanian modern. Banyak negara maju telah menerapkan metode pertanian modern. Alat pertanian yang digunakan jauh lebih modern daripada metode pertanian konvensional seperti penggunaan robot, sensor suhu dan kelembaban, atau teknologi GPS. Konsep pertanian yang diterapkan pada pertanian modern adalah pertanian organik, yang merupakan sistem pertanian yang mengandalkan penggunaan bahan-bahan alami atau bahan organik dan sangat melarang penggunaan bahan kimia dalam proses pertanian. Penggunaan bahan alami atau bahan organik membuat ketahanan produk pertanian lebih jangka panjang dan stabilitas dan keberlanjutan pertanian dapat dipertahankan.

Demikian ulasan singkat tentang contoh perbandingan eksposisi paragraf tentang pertanian. Artikel lain yang dapat dibaca dan terkait dengan paragraf eksposisi dan contoh-contohnya adalah contoh paragraf eksposisi definisi, contoh paragraf klasifikasi eksposisi, contoh ilustrasi eksposisi paragraf, contoh paragraf eksposisi berita, contoh kontradiksi paragraf eksposisi, contoh proses eksposisi paragraf, contoh proses eksposisi paragraf tentang minuman, contoh proses eksposisi paragraf tentang makanan, contoh proses eksposisi paragraf membuat tahu, contoh eksposisi paragraf tentang definisi pendidikan, dan contoh eksposisi paragraf paragraf tentang kesehatan. Itu saja dan terima kasih.

*Disadur dan diadaptasi dari artikel Dinamika Pertanian Konvensional dan Pertanian Modern – pioneer.com

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Dan Contoh Paragraf Eksposisi Perbandingan tentang Pertanian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel