--> Skip to main content

Pengertian Dan Contoh Paragraf Eksposisi Definisi tentang Pendidikan

Paragraf eksposisi definisi adalah salah satu jenis paragraf eksposisi yang berisi definisi atau pengertian suatu hal. Apa yang diuraikan dalam definisi eksposisi paragraf tidak hanya mencakup definisi atau definisi topik tertentu tetapi juga semua hal yang berkaitan dengan topik tersebut sehingga pembaca mendapat informasi yang jelas. Pada kesempatan sebelumnya, kami meninjau contoh paragraf paparan tentang tanaman dan contoh paparan paragraf definisi hewan. Sekarang, kita akan meninjau paparan paragraf contoh definisi pendidikan.




Pendidikan

Menurut halaman wikipedia.org, secara etimologis, pendidikan berasal dari bahasa Latin, yaitu "e" yang berarti keluar dan "ducare" yang berarti memimpin, mengarahkan, atau memimpin. Jadi, pendidikan didefinisikan sebagai kegiatan yang mengarah keluar. Sementara itu, menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang dimaksud dengan pendidikan adalah upaya sadar dan terencana untuk menciptakan suasana belajar dan proses belajar sehingga siswa secara aktif mengembangkan potensi mereka untuk memiliki kekuatan spiritual agama, pengendalian diri , kepribadian, kecerdasan, karakter yang mulia, dan keterampilan yang dibutuhkan olehnya, masyarakat, bangsa, dan negara.

Definisi lain dari pendidikan adalah definisi yang terkandung dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, yang menyatakan bahwa pendidikan adalah proses mengubah sikap dan perilaku seseorang atau sekelompok orang dalam upaya untuk menjadi orang dewasa melalui pengajaran dan pelatihan. Pendidikan juga diartikan sebagai suatu proses, metode, atau tindakan mendidik. Tujuan pendidikan adalah untuk menambah pengetahuan seseorang tentang sesuatu, sehingga ia menguasainya. Tujuan pendidikan dapat dicapai jika proses pembelajaran berlangsung secara komunikatif. Dalam arti tertentu, jika proses pembelajaran tidak komunikatif, tujuan pendidikan tidak akan tercapai.

Demikianlah ulasan singkat tentang contoh paragraf tentang pendidikan. Artikel lain yang dapat dibaca dan berkaitan dengan paragraf eksposisi dan contohnya di antaranya adalah contoh pola pengembangan paragraf eksposisi, contoh paragraf eksposisi analisis, contoh paragraf eksposisi definisi, contoh paragraf eskposisi klasifikasi, contoh paragraf eksposisi ilustrasi, contoh paragraf eksposisi berita, contoh paragraf eksposisi pertentangan, dan contoh paragraf eksposisi perbandingan. Sekian dan terima kasih.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar