Skip to main content

Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi Analisis

Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi Analisis. Artikel ini juga akan menunjukkan contoh jenis paragraf eksposisi, di mana jenis paragraf eksposisi adalah paragraf analisis eksposisi. Beberapa contoh beberapa jenis paragraf eksposisi telah ditampilkan di artikel sebelumnya. Artikel-artikel tersebut meliputi contoh paragraf eksposisi definisi, contoh paragraf eksposisi klasifikasi, contoh paragraf eksposisi proses, contoh paragraf eksposisi ilustratif, contoh paragraf eksposisi berita, contoh paragraf eksposisi kontradiktif, dan contoh paragraf eksposisi komparatif. Paragraf eksposisi analisis itu sendiri adalah paragraf eksposisi yang berisi analisis suatu masalah atau tema yang dibahas dalam paragraf ini.

Untuk mengetahui seperti apa bentuk paragraf ini, berikut ditampilkan beberapa contoh paragraf eksposisi analisis dalam bahasa Indonesia yang ditampilka di bawah ini!


Contoh 1:



Sampah elektronik merupakan sampah yang paling kompleks dibanding sampah-sampah lainnya. Hal itu dikarenakan jenis sampah ini mengandung berbagai macam kompnen di dalamnya, mulai dari besi, kawat, tembaga, dan unsur-unsur lainnya. Unsur-unsur tersebut membuat jenis sampah ini sangat sulit terurai secara alami, seperti halnya jenis sampah plastik. Karena tidak bisa diurai secara alami, maka sampah ini akan menjadi limbah yang akan membuat lingkungan semakin tercemar. Adapun langkah atau cara supaya sampah ini tidak menimbulkan pencemaran lingkungan adalah mendaur ulang sampah ini menjadi barang berguna. Unsur-unsur yang ada di dalam sampah elektronik bisa didaur menjadi barang yang lebih berguna, entah itu menjadi barang elektronik yang baru ataupun menjadi sebuah kerajinan tangan yang bernilai jual tinggi. Dengan demikian, program pendaurulangan sampah elektronik mesti dikampanyekan dan dilakukan agar jumlah sampah elektronik bisa berkurang, sehingga pencemaran lingkungan pun tidak akan semakin bertambah parah.

Contoh 2:

Sejak lahir, anak-anak sudah mempunyai bakat yang terpendam dalam dirinya. Bakat tersebut kelak mesti dikembangkan oleh sang anak dengan bantuan dari orang lain, entah itu orang tua, guru, maupun teman-temannya. Jika sang anak dipaksakan untuk mengembangkan suatu hal yang ada di luar bakat terpendamnya, maka bakat sang anak tersebut akan semakin terpendam, dan sang anak pun tidak bisa berkembang dengan semestinya. Untuk itulah, mengembangkan kemampuan anak sesuai bakat terbaiknya merupakan suatu hal yang dilakukan oleh semua pihak–terutama orang tua dan guru–agar anak dapat bertumbuh dengan semestinay sesuai dengan bakat terbaik dari sang anak.

Contoh 3:



Mie instan merupakan dua makanan yang sama-sama mengandung karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana sendiri merupakan sejenis karbohidrat yang hanya bisa memberikan efek kenyang yang sementara di perut. Efek kenyang yang sementara tersebut justru kelak akan membuat perut menjadi lebih lapar, sehingga kita pun menjadi terpicu untuk menyantap banyak makanan. Apabila terlalu banyak mengkonsumsi makanan, maka tubuh kita akan menjadi gemuk dan bahkan bisa terserang berbagai macam penyakit berbahaya. Oleh karenanya, memakan mie instan dan nasi putih secara berbarengan mesti dikurangi saat ini juga. Sebab, mengkonsumsi keduanya secara sekaligus tidak akan membuat perut kenyang serta sehat, dan malahan membuat kita rentan terhadap sejumlah penyakit.

Demikianlah beberapa contoh paragraf eksposisi analisis dalam bahasa Indonesia. Semoga dapat memberi manfaat dan juga wawasan bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai paragraf eksposisi pada khususnya, maupun mengenai mata pelajaran bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan juga terima kasih banyak.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar