Skip to main content

Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi Perbandingan

Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi Perbandingan. Dalam artikel ini, kita akan mengetahui seperti apa bentuk paragraf eksposisi komparatif. Paragraf eksposisi perbandingan itu sendiri adalah paragraf yang berisi perbandingan antara satu hal dan lainnya. kita sudah mengetahui sejumlah contoh dari berbagai jenis paragraf eksposisi, seperti contoh definisi paragraf eksposisi, contoh paragraf eksposisi klasifikasi, contoh paragraf eksposisi berita, contoh paragraf eksposisi proses, contoh paragraf eksposisi ilustrasi, dan contoh eksposisi paragraf konflik. Untuk mengetahui seperti apa paragraf ini, berikut adalah beberapa contoh di bawah ini!


Contoh 1:

Kini, cilok tak hanya dikukus, namun bisa diolah dengan cara digoreng ataupun diberi kuah. Cara pengolahan yang bervariasi itu pun melahirkan sejumlah varian cilok, mulai dari cilok goreng, cilok bakar, hingga cilok kuah. Semua varian cilok tersebut mempunyai citarasa yang khas dan patut untuk dicicipi rasanya. Tak hanya cilok, bakso pun juga mengalami sejumlah variasi dalam pengolahannya, di mana kini bakso tidak hanya sekedar dikuah, namun juga bisa dibakar dan juga bisa digoreng. Variasi pengolahan bakso pun membuat varian bakso menjadi semakin kaya, di mana kini terdapat bakso goreng dan bakso bakar yang merupakan varian baru dari bakso.

Contoh 2:

Tahun ini, tim futsal SMA Krida meraih prestasi yang begitu membanggakan, di mana tim ini berhasil menjuarai turnamen futsal antara SMA tahun ini. Pencapaian tersebut meruapkan pencapaian pertama bagi tim asuhan Gatot Soedibyo tersebut. Pasalnya, tim futsal ini sebelumnya hanya dikenal sebagai tim semenjana yang tidak pernah diunggulkan oleh siapapun. Prestasi membanggakan tim futsal SMA Krida ini berbanding lurus dengan prestasi yang diraih oleh regu Paskibra SMA Krida. Di tahun ini, Paskibra SMA Krida juga meraih prestasi membanggakan dengan menjadi juara pertama lomba Paskibraka antar SMA. Prestasi tersebut merupakan suatu hal yang membanggakan sekaligus tidak diduga oleh siapapun, karena regu Paskibra SMA Krida sendiri merupakan regu Paskibra yang paling muda dibanding dengan regu Paskibra SMA lain, di mana regu Paskibra SMA Krida sendiri saat ini baru berusia sekitar 5 tahun.

Contoh 3:

Sejak kecil, Alisa sangat menyukai dunia literatur. Hal ini bisa dilihat dari koleksi bukunya yang cukup banyak, mulai dari buku cerita anak hingga buku novel impor. Tak sampai disitu, Alisa juga mengoleksi berbagai macam komik dan juga majalah. Banyaknya koleksi bacaan yang dia punya membuat daya imajinasi dan referensi Alisa menjadi begitu luas. Untungnya, keluasan imajinasi dan referensi itu telah dia tuang ke dalam bentuk tulisan. Bahkan, tulisan-tulisannya itu sudah dibukukan dan sudah diterbitkan oleh sebuah penerbit besar di Indonesia. Seperti halnya Alisa, Alisia yang merupakan saudara Alisa juga sangat menyukai dunia literatur. Koleksi buku, majalah, dan komiknya juga sama banyak dengan saudara kembarnya itu. Alisia pun juga suka dan rajin sekali menulis seperti halnya Alisa. Hanya saja, saat ini Alisia belum membukukan tulisannya tersebut.

Contoh-contoh di atas hanyalah sebagian kecil dari contoh paragraf eksposisi perbandingan dalam bahasa Indonesia. Pembaca bisa mengkreasikan sendiri paragraf eksposisi perbandingan sesuai dengan kemampuan dan wawasan pembaca. Adapun pembahasan kali ini dicukupkan sampai di sini saja. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan para pembaca sekalian, baik itu mengenai pargraf eksposisi maupun bahasa Indonesia.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar