Pengertian dan Ciri-Ciri Kalimat Deklaratif

Kalimat deklaratif merupakan salah satu diantara jenis-jenis kalimat berdasarkan fungsinya,selain kalimat penting, kalimat interogatif, dan contoh kalimat seru. Kalimat yang biasa disebut kalimat kalimat adalah kalimat yang berisi pernyataan atau informasi tentang suatu hal, dimana pernyataan atau informasi tidak harus direspons oleh penerima. Seperti jenis kalimat lain pada umumnya, kalimat deklaratif juga memiliki sejumlah karakteristik, di mana karakteristik kalimat dalam bahasa Indonesia dalam kalimat itu akan secara khusus dibahas dalam artikel ini. Karakteristik kalimat deklaratif adalah sebagai berikut!



1. Bersifat Informatif

Ciri pertama yang melekat pada kalimat deklaratif adalah sifat kalimatnya yang bersifat informatif  atau bersifat memberi informasi. Dengan adanya fungsi ini, kalimat deklaratif pun menjadi sering difungsikan sebagai kalimat yang difungsikan untuk menyampaikan suatu informasi yang hedak disampaikan seseorang atau suatu pihak kepada orang atau pihak lainnya.

2. Tidak Membutuhkan Jawaban atau Timbal Balik dari Orang Lain

Karena bersifat informatif, kalimat ini tidak selalu atau tidak membutuhkan balasan dan timbal balik dari orang atau pihak yang menerima kalimat ini. Orang atau pihak yang mendapatkan kalimat ini hanya perlu mendengarkan atau mengabaikan isi kalimat ini. Sementara itu, pihak yang mengirim atau menyampaikan kalimat ini tidak perlu khawatir tentang tanggapan atau balasan dari pihak lain yang menerima kalimat ini, karena pihak lain tidak akan segera membalas deklarasi kalimat yang akan disampaikan. Karena tidak memerlukan jawaban atau timbal balik dari orang lain, maka kalimat deklaratif ini menjadi kalimat yang tidak paksaan. Ini berbeda dengan kalimat-kalimat interogatif atau kalimat-kalimat imperatif yang memaksa orang lain untuk menanggapi kalimat yang disampaikan, apakah itu jawaban lisan atau dengan tindakan nyata.

3. Berintonasi Datar atau Netral

Ciri selanjutnya yang melekat pada kalimat deklaratif adalah intonasi penyampaiannya yang datar atau netral. Maksud dari ciri ini adalah bahwa kalimat dekalratif disampaikan tidak secara belebihan dan pihak yang menyampaikan pun tidak berpretensi memihak pada suatu golongan tertentu.

4. Diakhiri dengan Penggunaan Tanda Titik (.)

Fitur terakhir yang melekat dalam kalimat deklaratif adalah penggunaan titik di akhir kalimat. Menurut halaman id.wikipedia.org, salah satu fungsi dari dot adalah mengakhiri sebuah kalimat. Dengan demikian, titik pada kalimat deklaratif memiliki fungsi sebagai penutupan atau akhir dari kalimat deklaratif. Selain itu, titik pada kalimat deklaratif itu sendiri menjadi karakteristik yang melekat dalam kalimat ini, yang membuat kalimat ini berbeda dari jenis kalimat lainnya, apakah itu kalimat imperatif, interogatif, atau seru.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa karakteristik kalimat deklaratif di Indonesia terdiri dari 4 karakteristik, di mana 4 karakteristik bersifat informatif, tidak memerlukan jawaban atau tanggapan dari pihak lain, netral atau datar, dan juga diakhiri dengan pembacaan titik. Semua karakteristik ini adalah sifat yang melekat pada kalimat deklaratif yang membuat kalimat berbeda dari jenis kalimat lainnya.

Demikian pembahasan tentang karakteristik kalimat deklaratif dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kepada semua pembaca, baik mengenai kalimat deklaratif maupun bahasa Indonesia. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Ciri-Ciri Kalimat Deklaratif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel