Skip to main content

Paragraf Persuasi - Pengertian dan Contoh Paragraf Persuasi tentang Internet

Paragraf Persuasi - Pengertian dan Contoh Paragraf Persuasi tentang Internet. Sebelumnya, kami sudah tahu beberapa contoh paragraf persuasif tentang teknologi. Kali ini, kita juga akan menemukan contoh salah satu jenis paragraf dan jenis paragraf berdasarkan isinya, di mana contoh yang diberikan memiliki tema internet. Selain artikel ini dan artikel yang disebutkan sebelumnya, ada juga beberapa artikel yang membahas contoh paragraf persuasi, yaitu contoh paragraf persuasi tentang pendidikan, contoh paragraf persuasi tentang kesehatan, contoh paragraf persuasi tentang iklan, contoh contoh persuasi sampah , dan contoh paragraf persuasi tentang rokok.



Adapun beberapa contoh paragraf persuasi tentang internet dalam bahasa Indonesia.

Contoh 1:
Internet telah mempermudah kehidupan kita. Dengan internet, segala infromasi dan referensi dengan mudah kita dapatkan dengan internet. Dengan internet, kita juga dapat berhubungan dengan orang-orang yang ada di belahan dunia lainnya. Dan dengan internet, kita bisa dengan mudah membagikan hasil karya kita kepada khalayak luas. Hal tersebut semestinya mampu membuat kita menjadi lebih produktif lagi. Sayangnya, internet justru membuat kita menjadi konsumtif tinimbang menjadi produktif. Kalaupun produktif, produktivitas yang kita hasilkan lewat internet justru produktivitas yang negatif, di mana seringnya kita membuat status-status negatif, atau video-video yang tidak bermanfaat.

Adapun yang menjadi sebab semua itu adalah karena ketidakdewasaan kita dalam memanfaatkan internet. Oleh karenanya, kita selaku pengguna internet yang baik harus mulai bisa menggunakan internet dengan bijak. Dengan begitu, kita bisa menjadi lebih produktif dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi khalayak banyak.


Contoh 2:
Luasnya informasi di internet dapat diakses oleh siapa saja, tak terkecuali dengan anak-anak. Lewat internet, anak-anak bisa mendapatkan informasi tanpa batas, mulai dari informasi seputar ilmu pengetahuan, hingga informasi yang tabu bagi anak anak. Bila informasi tabu tersebut sampai dibuka oleh anak-anak, maka bisa dipastikan anak-anak akan melakukan tindakan-tindakan yang menyimpang, seperti kekerasan, hingga tindakan perisakan (bullying). Oleh karenanya, sebagai orang tua kita mesti mengawasi dan membina anak-anak kita untuk tidak membuka sembarang informasi. Dengan begitu, anak-anak bisa terhindar dari informasi terlarang dan dampak negatif yang akan ditimbulkan karenanya.

Contoh 3:
Internet telah mengubah hidup kita semua. Dengan internet, informasi yang sebelumnya sulit didapatkan, kini begitu mudah kita dapatkan. Tak hanya satu atau dua, tapi ratusan hingga ribuan informasi bisa kita dapatkan melalui internet. Di satu sisi, banyaknya informasi membuat kita jadi tahu lebih banyak. Namun, di sisi lain, informasi yang banyak tersebut terkadang membuat kita bingung dalam menentukan mana informasi yang benar dan mana yang salah. Apalagi, saat ini begitu banyak berita palsu atau hoax yang terkadang susah untuk dibedakan. Maka dari itu, sebagai pengguna internet yang baik, kita mesti bisa memilih dan memilah informasi mana yang benar dan informasi mana yang salah. Dengan begitu, kita dapat terhindar dari berita palsu atau yang biasa disebut dengan hoax.

Beberapa contoh di atas hanya sebagian kecil dari contoh paragraf persuasi tentang internet dalam bahasa Indonesia. Pembaca bisa membuat sendiri paragraf persuasi tentang internet berdasarkan ide atau gagasan pembaca sendiri. Adapun pembahasan kali ini dicukupkan saja sampai di sini. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan para pembaca sekalian, baik itu dibidang paragraf persuasi khususnya, dan bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar