Paragraf Deskripsi - Contoh Paragraf Deskripsi tentang Keindahan Alam

Paragraf Deskripsi - Contoh Paragraf Deskripsi tentang Keindahan Alam. Selain termasuk jenis paragraf secara umum, paragraf deskripsi juga termasuk dalam jenis paragraf berdasarkan isinya, di samping paragraf narasi dan paragraf argumentasi. Dengan menggunakan paragraf deskripsi, keindahan alam yang telah dilihat juga dapat dinikmati oleh orang lain, meskipun mereka belum melihat keterusterangan alam secara langsung.

Keindahan alam adalah hadiah dari Tuhan. Keindahan alam yang mempesona akan membuat kita kagum dan ingin menjelaskan keindahan itu kepada orang-orang yang belum mengetahuinya. Untuk menjelaskan hal ini, keindahan alam dapat ditulis dalam format paragraf tertentu, di mana format paragraf yang dimaksud adalah paragraf deskripsi. Salah satu jenis paragraf yang ada adalah paragraf yang memuat uraian tentang suatu objek secara detail, sehingga objek tersebut berada di dekat pembaca paragraf.



Agar pembaca dapat mengetahui seperti apa bentuk paragraf deskripsi yang berisi penggambaran tentang keindahan alam, berikut ini akan ditampilkan beberapa contoh diantaranya.

Contoh 1:
Gili Trawangan merupakan salah satu pulau yang ada di wilayah kepulauan Lombok. Pulau ini hanya mempunyai panjang 3 km dan lebar 2 km, sehingga dapat dikelilingi dengan berjalan kaki saja. Pulau ini mempunyai pasir putih yang lembut, serta air laut yang jernih. Selain itu, ombak di pantai pulau ini pun tergolong kecil. Di pantai ini, pemandangan Gunung Rinjani dan Gunung Agung akan terlihat dari kejauhan. Sinar matahari yang kemerahan di saat sunset bisa disaksikan di tempat khusus yang disediakan pulau ini, yaitu Sunset View. Jika wisatawan menyelami lautan Gili Trawangan, maka pemandangan terumbu karang yang memanjakan mata, dan ikan-ikan kecil yang berlalu lalang akan menyapa para wisatawan. Tak hanya itu, penyu yang merupakan hewan langka juga bisa ditemukan di laut Gili Trawangan, tepatnya di kedalaman 10 hingga 20 meter.

Contoh 2:
Pulau Derawan merupakan salah satu pulau yang ada di Provinsi Kalimantan Timur. Pulau ini merupakan salah satu pulau yang ada di kepulauan Derawan. Pulau ini mempunyai keindahan alam berupa pasir pantai putih yang membentang sepanjang pantai, serta pohon-pohon kelapa yang berjajar di pinggiran pantai. Lautnya yang berwarna biru indah juga tak luput memberi keindahan bagi pulau ini.

Selain panorama pantai dan laut, pulau yang pernah dicalonkan sebagai situs warisan dunia UNESO pada 2005 ini mempunyai tempat penangkaran penyu dan hutan mangrove yang indah. Di tempat penangkaran penyu, kita bisa melihat beberapa titik di mana telur-telur penyu bersemayam. Sementara itu, kita bisa menikmati keheningan alam di hutan mangrove Pulau Derawan. Jika melintas ke hutan ini, wisatawan mesti mengendarai perahu, serta harus waspada terhadap hewan liar yang ada di sekitar hutan.

Jika wisatawan menyelami lautan Pulau Derawan, maka terumbu karang yang berwarna indah bisa wisatawan temukan di kedalaman 10 meter laut Derawan. Selain terumbu karang, sejumlah hewan laut seperti lobster, cumi-cumi, gurita, dan lain sebagainya bisa dijumpai oleh wisatawan.


Demikianlah beberapa contoh paragraf deskripsi tentang keindahan alam dalam bahasa Indonesia. Jika ingin melihat contoh paragraf deskripsi lainnya, pembaca bisa membuka artikel contoh paragraf deskripsi singkat, contoh paragraf deskripsi tentang lingkungan, contoh paragraf deskripsi tentang sekolah, dan contoh paragraf deskripsi tentang hewan. Untuk pembahasan kali ini dicukupkan saja sampai di sini. Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Paragraf Deskripsi - Contoh Paragraf Deskripsi tentang Keindahan Alam "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel