Skip to main content

Kumpulan Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi Yang Baik Dan Benar

Kumpulan Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi Yang Baik Dan Benar. Surat itu adalah tulisan yang memuat hal khusus di dalamnya, mulai dari urusan pribadi atau formal. Salah satu bentuk surat adalah surat pengunduran diri. Seperti namanya, surat pengunduran diri adalah surat yang berisi permintaan untuk menarik diri dari suatu tempat, apakah itu organisasi atau perusahaan.

Pada artikel kali ini, kita akan mengetahui seperti apa contoh-contoh dari surat pengunduran diri. Adapun beberapa contoh surat pengunduran diri dalam bahasa Indonesia tersebut adalah sebagai berikut ini!


Contoh 1:

Surat Pengunduran Diri

Jakarta, 11 Januari 2017

Kepada
Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Harapan Jaya
Di tempat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Ahmad Sauqi Rahim
Jabatan: Bendahara Senat Mahasiswa Fakultas Sospol Universitas Harapa Jaya
NIM: A1021311RB2003
Alamat: Jalan Bojong Kacor no. 93 Jakarta

Melalui surat ini, saya menyatakan pengunduran diri dari jabatan yang saya ampu selama ini. Adapun alasan dari keputusan ini adalah adanya ketidak sepahaman saya dengan sejumlah petinggi di Senat Fakultas Sospol. Mengenai siapa yang kelak akan meneruskan jabatan saya, saya serahkan kepada Ketua Senat yang terhormat.

Saya meminta maaf jika selama saya aktif, saya melakukan banyak kesalahan. Saya juga mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan selama ini.

Surat ini saya buat dengan penuh kesadaran. Semoga dipahami dan juga dimaklumi.

Hormat saya



Ahma Syauqi Rahim


Contoh 2:

Jakarta, 29 April 2017

Kepada
Yth. Pimpinan
PT. Jaya Kusuma
Jakarta

Yang beranda tangan di bawah ini:

Nama: Bayu Perdana
Alamat: Jl. Pertigaan Selatan no. 77 JAkarta Pusat

Dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan pengunduran diri dan jabatan perusahaan Bapak, terhitung pada tanggal 30 April 2017. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesera-besarnya, karena Bapak telah memberi saya kesempatan untuk belajar dan bekerja di perusahaan Bapak. Saya juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan, kritik, dan saran yang Bapak berikan kepada saya selama saya bekerja di sini.

Saya juga meminta maaf, karena sudah tidak bisa lagi menjadi bagian perusahaan ini untuk ke depannya. Saya berharap suapay perusahaan Bapak bisa tetap maju dan berkembang, serta mampu meraih sukses kedepannya.

Demikianlah surat pengundurkan diri ini saya tulis dengan penuh kesadaran. Semoga Bapak berkenan menerima surat ini.

Hormat Saya,



Bayu Perdana

Contoh 3:

Bandung, 1 September 2017

Kepada
Yth. Kepala PT. Sentosa Sanjaya
Jln. Kawaluyaan Indah no. 27
Bandung

Dengan hormat,
Berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan undang-undang kerja, maka saya yang beranda tagan di bawah ini:

Nama: Kania Dewanti
Jabatan: akuntan
Alamat: Jl. Pamanukan Timur no 77 Bandung

Bermaksud untuk mengundurkan diri dari perusahaan ini. Adapun alasan dibalik keputusan ini adalah karena saya akan fokus untuk melanjutan pendidikan S2 saya, sembari mengembangkan usaha sampingan yang sudah saya rintis beberapa awaktu yang lalu. Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur yang ada, tanpa ada maksud buruk dibaliknya. Saya berharap Bapak selaku peminpin perusahaan bisa memaklumi keputusan ini dan bisa memberikan hak-hak yang telah disepakati bersama sebelumnya.

Demikianlah surat pengunduran ini saya tulis dengan sepenuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dari pihak-pihak lainnya.

Hormat saya,

Kania Dewanti


Demikianlah beberapa contoh surat pengunduran diri dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin menambah referensi soal surat dan penulisan, maka pembaca bisa membuka beberapa artikel berikut, yaitu: contoh surat lamaran kerja; contoh penulisan catatan kaki dan daftar pustaka; tata cara penulisan gelar, cara penulisan daftar pustaka; tata cara penulisan catatan kaki; tata cara penulisan kata turunan; serta artikel penulisan kata dasar dan turunan. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar