--> Skip to main content

Contoh Teks Paragraf Persuasi Tentang Lingkungan

Contoh Teks Paragraf Persuasi tentang LingkunganParagraf ini sendiri adalah paragraf dalam bentuk undangan atau persuasi untuk melakukan sesuatu. Undangan atau bujukan dapat disampaikan melalui propaganda pembaca, secara halus membujuk, atau bisa juga dengan mendidik pembaca dengan sejumlah fakta. Paragraf persuasi dapat ditulis dalam tema apa pun, termasuk lingkungan. Paragraf persuasif adalah beberapa jenis paragraf berdasarkan isinya, selain paragraf deskripsi, argumen paragraf, dan paragraf naratif.  Pada artikel ini, kita akan menemukan satu contoh paragraf persuasif dengan tema lingkungan. Contohnya adalah sebagai berikut!



Pengelolaan Limbah Rumah Tangga

Salah satu penyebab pencemaran lingkungan adalah adanya limbah yang mencemari lingkungan sekitar. Sampah itu sendiri datang dari mana saja, termasuk dari rumah tangga atau dari rumah kita sendiri. Tanpa disadari, kegiatan rumah tangga yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya dapat menghasilkan limbah rumah tangga yang dapat merusak lingkungan. Jenis limbah rumah tangga itu sendiri termasuk sisa sabun, sampo dan deterjen; sayuran dan makanan sisa; dan barang-barang bekas seperti kardus atau alat elektronik yang sudah tidak berguna. Jika semua benda dibuang dengan sembarangan, maka akan menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan di sekitar kita.

Ada dua cara agar limbah rumah tangga yang kami hasilkan tidak menyebabkan pencemaran lingkungan, yaitu dengan menggunakan barang-barang ramah lingkungan dan mendaur ulang limbah rumah tangga yang telah kami hasilkan. Metode pertama secara khusus digunakan untuk penggunaan sabun mandi, sabun cuci piring, deterjen, dan juga sampo. Seperti yang telah kita lihat, semua benda ini mengandung beberapa bahan kimia yang benar-benar dapat menyebabkan pencemaran lingkungan ketika bersentuhan dengan lingkungan sekitarnya. Agar polusi tidak terjadi, kita harus mengganti semua benda ini dengan benda yang jauh lebih ramah lingkungan, misalnya: sabun yang kita gunakan diganti dengan sabun ramah lingkungan, dll.


Cara selanjutnya adalah mendaur ulang limbah rumah tangga yang kami hasilkan. Sampah rumah tangga yang bisa kita daur ulang adalah sisa sayuran, barang elektronik yang sudah rusak atau sudah tidak digunakan lagi. Kita bisa mendaur ulang sayuran menjadi kompos. Sementara itu, bahan elektronik dapat didaur ulang menjadi barang elektronik baru atau didaur ulang menjadi benda bermanfaat lainnya. Jika kita tidak dapat mendaur ulang limbah elektronik, maka kita dapat menyumbangkan limbah elektronik kepada tukang loak atau kepada seseorang yang ahli dalam mendaur ulang limbah elektronik.

Dengan melakukan metode ini, kami telah melakukan upaya untuk mengurangi dampak negatif dari limba rumah tangga yang kami hasilkan. Selain itu, dengan melakukan metode ini, kita akan menjadi lebih bijaksana dalam menggunakan kebutuhan rumah tangga dan kita juga bisa belajar bagaimana mengelola peralatan rumah tangga yang tidak lagi kita gunakan.

Itulah contoh paragraf persuasi tentang lingkungan di Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa contoh paragraf persuasi lain, pembaca dapat membuka artikel misalnya paragraf persuasif tentang teknologi, contoh paragraf persuasi tentang kesehatan, dan contoh paragraf persuasif tentang merokok. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi semua pembaca, baik mengenai paragraf persuasif pada khususnya, maupun Bahasa Indonesia pada umumnya. Itu saja dan terima kasih.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar