Teknik Cara Servis Bawah dan Servis Atas Pada Permainan Bola Voli

Teknik Cara Servis Bawah dan Servis Atas Pada Permainan Bola Voli. Di beberapa artikel sebelumnya kami membahas tentang jenis-jenis permainan bola besar, salah satunya adalah bola voli. Kemudian di artikel lain kami juga membahas Ukuran Lapangan Voli Standar Internasional. Dalam artikel ini kita akan membahas lebih banyak tentang permainan bola voli ini. Apa yang akan menjadi topik diskusi kita kali ini adalah tentang Servis Bawah dan Servis Atas untuk Permainan Bola Voli.

Sebelum kita melangkah lebih jauh pada Servis Bawah dan Servis Atas dalam Permainan Bola Voli, kita perlu mengetahui dulu tentang definisi layanan dalam permainan bola voli itu sendiri. Layanan adalah teknik dalam bola voli untuk melempar bola dari luar garis belakang area lapangan tim melewati jaring ke area lawan lapangan. Layanan ini adalah salah satu teknik dasar yang harus dimiliki oleh pemain bola voli. Karena pertandingan bola voli akan selalu dimulai dari Servis Bawah dan Servis Atas. aervis dapat dilakukan dari bawah, atas, atau samping. Berikut ini adalah informasi tentang teknik layanan bawah dan atas:

1. Servis Bawah

Teknik atau cara melakukan servis bawah dalam permainan bola voli adalah sebagai berikut :

  • Langkah pertama adalah mengambil posisi di belakang garis lapangan atau area yang digunakan untuk melayani.
  • Kemudian ambil posisi awal dengan memposisikan kaki kiri Anda sedikit lebih maju daripada kaki kanan sebagai persegi. Tubuh sedikit condong ke depan. Posisi kaki ini dapat dilakukan sebaliknya jika pemain adalah pemain kidal.
  • Pegang voli dengan tangan kiri Anda lalu posisikan di depan tubuh. Cara memegang bola ini juga bisa diubah seperti pada langkah sebelumnya.
  • Lalu kepalkan tangan kanan Anda lalu tarik ke belakang.
  • Langkah selanjutnya adalah melempar bola voli di tangan kiri dan kemudian tangan kanan diayunkan ke depan untuk memukul tepat di bagian bawah bola.
  • Gunakan kekuatan untuk memukul bola melewati net dan jatuh ke area lawan, tetapi jangan keluar dari garis karena itu akan dianggap gagal dan poin akan diberikan kepada tim lawan.


2. Servis Atas

Teknik atau cara melakukan servis bawah dalam permainan bola voli adalah sebagai berikut :


  1. Langkah pertama kurang lebih sama dengan teknik layanan bawah, yaitu mengambil posisi di belakang garis lapangan atau area yang digunakan untuk melayani.
  2. Jika teknik servis di bawah pemain perlu sedikit condong ke depan, maka teknik layanan untuk tubuh pemain ini harus dalam posisi yang kokoh.
  3. Gulung bola ke atas dan sedikit ke depan menggunakan tangan kiri Anda dan kemudian fokus pada bola.
  4. Ayunkan lengan kanan Anda dari belakang ke atas, lalu maju untuk memukul bola menggunakan telapak tangan Anda. Gerakan ini juga bisa dilakukan dengan lompatan kecil atau biasa disebut jumping service. Posisi tangan kanan dan kiri ini dapat diubah jika pemain adalah pemain kidal.
  5. Pastikan bola mampu terbang melewati net dan jatuh ke lapangan lawan. Keuntungan dari teknik ini adalah bahwa bola layanan dapat diluncurkan lebih kuat daripada teknik layanan yang lebih rendah. Namun yang perlu diperhatikan tidak terlalu sulit karena bola berpotensi akan keluar dari area lapangan yang berarti poin bagi tim lawan.


Cara passing bola voli

cara passing bola voli
cara passing bola voli


Gambar servis bawah

gambar servis bawah
gambar servis bawah

Jelaskan cara melakukan spike pada bola voli


jelaskan cara melakukan spike pada bola voli
jelaskan cara melakukan spike pada bola voli

 


Jelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi passing bawah dan passing atas permainan bola voli


jelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi passing bawah dan passing atas permainan bola voli


Jelaskan teknik dasar passing bawah dalam permainan bola voli

jelaskan teknik dasar passing bawah dalam permainan bola voli
jelaskan teknik dasar passing bawah dalam permainan bola voli

 Jelaskan teknik melakukan jumping service


jelaskan teknik melakukan jumping service
jelaskan teknik melakukan jumping service


Pengertian servis bawah

pengertian servis bawah
pengertian servis bawah


Demikian artikel mengenai Teknik Cara Servis Bawah dan Servis Atas Pada Permainan Bola Voli. Semoga Bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Cara Servis Bawah dan Servis Atas Pada Permainan Bola Voli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel