Skip to main content

Pemakaian Tanda Koma sebagai Penghubung Antarkalimat dan contohnya

Penggunaan Tanda Koma sebagai Penghubung Antarkalimat dan contohnya.  Tanda koma (,) umumnya dipakai untuk memisahkan beberapa bagian dalam kalimat. Salah satu penggunaan tanda koma dalam bahasa Indonesia menurut Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia adalah sebagai penghubung antarkalimat yang penulisannya ditempatkan di belakang kata atau di awal Pada kesempatan yang lalu, kita telah memahami apa pengertian dan jenis-jenis tanda baca. kalimat sebagai ungkapan penghubung antarkalimat. Adapun jenis-jenis kata penghubung antarkalimat diantaranya adalah oleh karena itu, jadi, dengan demikian, sehubungan dengan itu, dan meskipun begitu.Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas secara singkat tentang salah satu dari jenis-jenis tanda baca yang digunakan dalam bahasa Indonesia yaitu tanda koma.



Berikut adalah beberapa contoh penggunaan tanda koma dalam kalimat yang menunjukkan contoh penggunaan tanda koma sebagai penghubung antarkalimat :

  1. Pemilu 2019 adalah pemilu ke-5 setelah era reformasi bergulir. Sehubungan dengan itu, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia sebagai penyelenggara pemilu terus mempersiapkan berbagai macam hal agar Pemilu 2019 berjalan dengan aman dan lancar.
  2. Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Untuk itu, berbagai persiapan pun terus dilakukan oleh pemerintah sejak empat tahun lalu.
  3. Dilan tampil baik pada kompetisi kali ini. Karena itu, tidak mengherankan apabila dia meraih juara pertama.
  4. Rossi menyadari bahwa motornya kurang kompetitif di musim ini. Meskipun demikian, ia tidak akan menyerah untuk meraih gelar juara dunia MotoGP 2018.
  5. Wati kehilangan pendengarannya akibat sakit yang dideritanya. Walaupun demikian, ia dapat menciptakan dan menyanyikan lagu dengan baik.
  6. Tidak sedikit orang tua yang kecewa dengan adanya sistem zonasi dalam sistem penerimaan siswa baru tahun ini. Oleh karena itu, mereka menuntut agar sistem zonasi dalam sistem penerimaan siswa baru dihapuskan karena dipandang tidak memenuhi rasa keadilan.
  7. Guntur mendapat surat peringatan ketiga kemarin. Oleh sebab itu, dia tidak lagi menjadi karyawan di perusahaan ini.
  8. Dia menyeberang jalan sambil mendengarkan musik melalui earphone. Akibatnya, dia mengalami kecelakaan karena tidak bisa mendengar suara klakson mobil.
  9. Banyak sekali kejadian aneh di rumah ini. Misalnya, suara anak kecil yang menangis.
  10. Rani menguasai bahasa Rusia sejak kecil. Jadi, wajar kalau dia dikirim ke Rusia untuk meliput Piala Dunia 2018.

Demikian ulasan singkat tentang contoh penggunaan koma sebagai penghubung interalimic. Artikel lain yang terkait erat dengan tanda baca dan contoh penggunaan tanda baca meliputi contoh jenis tanda baca, contoh penggunaan tanda tanya dalam kalimat, contoh penggunaan tanda hubung dalam kalimat, contoh penggunaan tanda seru, contoh penggunaan tanda hubung dalam kalimat, contoh penggunaan tanda kutip tunggal dalam kalimat, contoh penggunaan tanda tanya dan tanda seru, contoh penggunaan dua kutipan dalam kalimat, penggunaan titik, dan contoh penggunaan tanda koma untuk mengakhiri pernyataan. Itu saja dan terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar