Skip to main content

Contoh Penggunaan Tanda Koma sebagai Penulisan Singkatan Gelar Pendidikan

Contoh Penggunaan Tanda Koma sebagai Penulisan Singkatan Gelar Pendidikan.

Menurut Pedoman Umum untuk Ejaan Bahasa Indonesia, koma tidak hanya digunakan sebagai tautan antaragama tetapi juga digunakan untuk menyingkat gelar akademik yang mengikuti nama orang. Sebagai singkatan dari sebuah judul, koma ditempatkan di antara nama orang dan judul akademis untuk membedakan singkatan dari judul dengan singkatan nama diri, keluarga, atau klan. Prosedur untuk menggunakan koma sebagai singkatan untuk judul mengacu pada prosedur untuk menulis judul yang benar sesuai dengan Pedoman Umum untuk Ejaan Bahasa Indonesia.



 Jika di masa lalu kita telah mengetahui dan memahami beberapa contoh penggunaan koma sebagai tautan interalimic, berikut adalah beberapa contoh penggunaan koma sebagai singkatan judul yang juga menunjukkan contoh singkatan dari nama judul dan contoh prosedur untuk menulis judul menurut Ejaan Umum Pedoman:

1. Sebelum melanjutkan studinya ke jenjang S2, Susi Susanti telah menempuh pendidikan keperawatan selama 4 tahun dan menyandang gelar Sarjana Sains Terapan atau S.ST atau Diploma IV. Dengan demikian, nama lengkap yang tercantum dalam berkas pendaftaran adalah Susi Susanti, S.ST.

2. Keterbatasan ekonomi tak menghalangi kegigihan dan ketekunan seorang Poniman untuk meraih gelar Sarjana Ilmu Politik. Nama lengkapnya pun kini menjadi Poniman, S.IP.

3. M.A pada Yuni Shara, M.A bukanlah nama panjang melainkan nama gelar yang disandangnya yakni Master of Arts.

4. Ia adalah seorang Sarjana Administrasi Rumah Sakit. Karena itu, nama lengkapnya adalah Santi Damayanti, S.A.R.S.

5. Berikut adalah nama-nama yang lolos seleksi administrasi :

Unyil, S.T
Toni Setiawan, S.Si
Hana Mantovani, S.S
Rudi Hartono, S.Kom
Amelia Setiawati, S.I.Kom
Anggita Pertiwi, S.Pd.I
Alan Kwok, S.H
Bambang Setiawan, S.Pd
Roni Waluya, S.H.Int
Rani Surani, S.Farm

6. Setelah lulus pendidikan S3, nama lengkapnya adalah Dr. Santi Damayanti, S.Sos.

7. Yang menjadi narasumber pada seminar kali ini adalah Kirana Larasati, S.I.Kom., M.Si.

Demikian ulasan singkat tentang contoh penggunaan koma sebagai singkatan untuk judul. Artikel lain yang dapat dibaca dan terkait erat dengan jenis tanda baca dan contoh penggunaannya termasuk contoh penggunaan tanda baca, penggunaan titik koma, penggunaan garis miring, contoh singkatan dan artinya, contoh penulisan singkatan di kalimat, contoh singkatan dan akronim dalam bentuk kalimat, akronim dan singkatan dan contoh yang berbeda, contoh singkatan, dan contoh penggunaan tanda baca disingkat dalam kalimat. Itu saja dan terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar